Cara Merawat dan Membersihkan Laptop Agar Terus Berfungsi dengan Baik!

Komputer adalah salah satu alat elektronik yang sangat berguna karena memilki fungsi serbaguna, misalnya untuk berbagai alat bantu kegiatan sehari-hari. Tidak jauh dengan Laptop, perangkat yang bisa dibawa kemana-mana ini juga memiliki peran dan fungsi yang sama. Sedang mencari cara membersihkan laptop dengan benar?

Pentingnya Merawat Laptop

Ketika laptop sudah berdebu dan mulai kotor, maka berikutnya perangkat itu juga akan mulai rentan untuk terus mudah kotor. Agar bisa bertahan lebih lama dan awet, maka perlunya dilakukan perawatan rutin untuk laptop milikmu itu sendiri.

Gambar: Klinklin

Apa aja sih langkah atau hal-hal yang bisa dilakukan untuk merawat dan terus menjaga laptop agar bisa awet alias tahan lama. Laptop bersih dan berfungsi lancar, aktivitas yang kamu lakukan juga lancar. Berikut adalah cara-cara merawat laptop yang direkomendasikan untuk kamu pengguna.

Cara Membersihkan Laptop Sebagai Perawatan Agar Awet

  1. Jangan Ngecharge Ponsel Sembarangan Menggunakan Laptop

    Kalau sedang dalam keadaan lupa membawa Charger asli Smartphone atau jenis Handphone apapun, kalau USB nya cocok dengan laptop, cobalah untuk jangan terlalu sering memanfaatkan laptop untuk menjadi Charger nya. Hal tersebut berpotensi merusak laptopmu.

  2. Selalu Sedia Alat Pembersih

    Laptop sangat rentan rusak bila terkena tetesan alkohol atau jenis zat cairan apapun. Untuk menjaganya agar terhindar dari efek zat-zat itu, cobalah untuk selalu menyiapkan alat pembersih yang ditelakan berdekatan agar bisa menggunakannya sewaktu-waktu perlu.

  3. Bersihkan Bagian Dalam

    Bagian dalam yang dimaksud wajib dibersihkan secara rutin misalnya Keyboard, lubang angin, dan juga Port USB. Tiup atau gunakan alat semprot untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang sudah bersarang di bagian dalam laptop.

    Tapi bagian dalam laptop juga perlu dirawat dan dibersihkan. Sebelum bagian dalam mulai mendapat debu dan kotoran, perawatan luar diperlukan lebih dulu.

  4. Rutin Membersihkan Cache

    Cara merawat laptop yang ampuh salah satunya adalah dengan rutin melakukan cek sistem dan data-data tak terpakai. Kalau sudah terlalu banyak Cache, cobalah untuk membersihkan Cache agar laptop tak terlalu mengemban beban berat. Entah ada virus atau sesuatu yang bisa merusak sistem laptop, kita kan tidak tau.

Baca juga: Cara menghasilkan uang dengan santai ala Milenial


Entah ada hewan kecil di bagian dalam atau ada Virus di sistem laptop itu sendiri, kita tidak tahu. Tapi kalau rutin merawat dan menjaga kebersihan laptop luar dan dalam, pasti nanti akan tau sendiri. Semoga cara membersihkan laptop yang baik dan benar tadi bermanfaat.