Alami dan Mudah, Begini Cara Menghilangkan Komedo yang Ampuh!

Selain jerawat, masalah kulit yang sering sekali muncul di bagian muka adalah Komedo, bagaimana cara menghilangkan komedo? Mari kita bahas. Wajah kusam, minyak berlebih adalah hal-hal yang bisa merusak indahnya kulit wajah. Tak terkecuali adanya kedatangan komedo, ih.

Mengapa Bisa Ada Komedo?

Komedo, pastinya membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman! apalagi ketika itu datang ke wajah. Walaupun seperti hal sepele, komedo dapat membuat seseorang menjadi malu dan tidak percaya diri tampil di umum ataupun sekedar di hadapan teman.

Komedo sendiri adalah sebuah benjolan kecil yang sering muncul dan menyerang permukaan kulit. Bisa dibilang, komedo adalah salah satu jenis jerawat, serupa tapi tak sama. Selain di wajah, komedo sering muncul di bagian lain seperti bahu, punggung, lengan, leher dan bahkan di dada.

ARTIKEL TERKAIT
Kecelakaan? Ikuti Cara Ini Untuk Menyebuhkan Patah Tulang!

Penyebab dan Cara Membersihkan Komedo

Komedo, umumnya disebabkan akibat sel kulit mati dan minyak yang sudah terkumpul di ujung luar Folikel rambut. Yang namanya komedo, pasti tampak hitam dan membuat kulit di atas komedo itu terbuka dan terpapar udara. Pernah punya komedo, atau bahkan sekarang punya?

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

  1. Menggunakan Beberapa Alat dan Produk Manjur

    Langkah awal untuk mengatasi komedo adalah bisa dengan menggunakan vacuum cleaner khusus, Menggunakan plester khusus komedo atau Menggunakan masker wajah khusus untuk jenis jerawat menganggu tersebut.

  2. Bunuh dengan Air Hangat

    Cara menghilangkan komedo dengan air hangat bisa kamu lakukan dengan memasak air dan memasukan ke sebuah wadah, berikutnya hadapkan wajah ke wadah dan biarkan uap air panas membuka pori-pori wajah atau kulitmu. Cobalah, ini manjur dan rekomended banget.

  3. Bunuh Komedo dengan Pasta Gigi

    Selain air hangat, membunuh komedo bisa kamu lakukan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan mineral. Oleskan pasta gigi secara merata ke wajah, diamkan minimal 15 menit, terakhir bilaslah dengan air bersih.

  4. Garam

    Oh, ketahuilah, garam merupakan senyawa ionik yang mengandung kation sebagai sebuah ion positif dan anion ion negatif. Intinya, garam dapat membantu menghilangkan komedo secara alami.

    Siapkanlah air panas dalam sebuah wadah, kemudian larutkan garam pada air panas itu, terakhir biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan air panas yang dicampur garam tadi.

  5. Lemon dan Jeruk Nipis

    Lemon dan jeruk nipis dapat berperan juga dalam cara menghilangkan komedo loh. Caranya dengan memeras buah lemon atau jeruk, kemudian oleskan perasan tersebut ke area wajah atau kulit yang berkomedo, diamkan setidaknya selama 15 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Merawat Telinga Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Baca juga: Cara mengatasi Jerawat secara alami


Penyebab komedo lainnya adalah akibat telah menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya, atau karena perubahan Hormon sehingga produksi minyak bertambah. Bisa jadi juga, karena disebabkan oleh kulit yang terlalu lama kekeringan.

Semoga cara menghilangkan komedo tadi benar-benar ampuh dan cocok untuk kamu coba di rumah, tak perlu pergi ke tempat ahli! kamu bisa hemat biaya dan efisien waktu. Oh iya, komedo itu ada dua macam ya, satu komedo hitam dan satu lagi komedo putih.


Referensi: Fimela