Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ vital yang terletak di dalam dada dan memiliki fungsi bersama sistem pernapasan. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau yang biasa dikenal dengan proses bernapas. Cara menjaga kesehatan paru-paru.

Pentingnya Mencegah Paru-Paru dari Penyakit Berbahaya

Tahukah kamu, selain fungsi yang sudah disebut tadi, paru-paru juga memiliki peran untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh dan merupakan salah satu sistem eksresi.

Paru-paru sendiri terletak tepat di bagian rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk selangka tepat diatas perut. Antara paru-paru dan perut terdapat sekat tipis yang disebut dengan Diafragma, paru-paru memiliki masing-masing dua sisi kanan dan kiri.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Cara Tradisional dan Alami
Gambar: Klikdokter

Kedua bagian paru-paru dipisahkan oleh jantung dan pembuluh-pembuluh besar lainnya yang ada di area rongga dalam dada.

Ketahuilah, organ vital yang bernama paru-paru ini adalah bagian yang terdiri dari sebagian besar gelembung-gelembung yang menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbondioksidsa.

Kalau dihitung, banyaknya gelembung di dalam paru-paru lebih dari 700 juta dengan ukuran berbeda-beda tergantung dengan dimana letaknya gelembung tersebut berada. Untuk fungsi paru-paru sudah dibahas tadi.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

  1. Berhenti Merokok

    Kalau seseorang adalah tipe perokok aktif, tentu besar kemungkinan ia akan terkena penyakit paru-paru. Bukan hanya bagi perokok aktif loh, perokok pasif juga beresiko terkena penyakit paru-paru ketika tak sengaja atau sesekali menghirup asap rokok.

  2. Minum Air Putih yang Cukup

    Kandungan air mineral sangat diperlukan oleh tubuh termasuk paru-paru, untuk menjaga kesehatan paru-paru setidaknya kamu bisa minum 8 gelas air putih sehari. Air putih memang membantu membersihkan kotoran dan mengatasi berbagai penyakit tubuh.

  3. Olahraga

    Rutin berolahraga sangat-sangat membantu kesehatan dan kebugaran tubuh, apalagi bagi kesehatan paru-paru! olahraga adalah Alternatif terbaik. Kamu bisa melatih otot-otot pernapasan sehingga paru-paru dapat berfungsi dengan lebih baik. Jalan kaki pagi dan sore misalnya.

  4. Makanan Sehat

    Dalam hal makanan, konsumsilah makanan sehat dan makanan yang mengandung antioksidan seperti jeruk karena bisa menyehatkan paru-paru.

    Usahakan untuk tidak memakan makanan yang banyak mengandung lemak terutama lemak jenuh. Pastikan anda juga mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang.

  5. Perhatikan Tentang Berat Badan

    Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu resiko berbagai penyakit berbahaya yang membahayakan organ dalam seperti ginjal, jantung, termasuk paru-paru. Jagalah berat badan yang ideal.

  6. Tidak Terlalu Sering Konsumsi Makan Bergas

    Makanan dan minuman yang mengandung gas seperti bahaya minuman bersoda, bahaya alkohol, nangka, kubis, brokoli, melon, bawang merah, lobak, timun, kol dan lainnya. Makanan yang bergas bisa membuat pernafasan menjadi tidak enak.

  7. Jangan Terlalu Sering Makan dan Minum yang Dingin

    Cara menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah dengan sebisa mungkin makanan dan minuman yang dingin sangat dianjurkan karena jaringan yang ada di paru-paru sangat sensitif terhadap suhu dingin, bahkan bisa membekukan pembuluh darah.

  8. Vitamin

    Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk paru-paru karena bisa meringankan kerja paru-paru hingga lebih optimal. Selain itu, makan makanan yang mengandung omega 3 juga baik untuk kesehatan paru-paru.

  9. Buah

    Salah satu fungsi buah-buahan adalah untuk memberikan asupan yang berperan dalam membuat paru-paru berfungsi dengan baik.

  10. Stop Alkohol

    Jika kamu adalah pencandu alkohol, mulai stop dari sekarang. Zat-zat yang terkandung dalam minuman sejenis itu sangat beresiko merusak fungsi paru-paru, apalagi kesehatan otak dan pikiran, mikir ya.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe, Efisien dan Alami Lagi!

Baca juga:


Bagi kamu yang masih belum jera dan tidak mengikuti cara menjaga kesehatan paru-paru yang benar, resiko terkena Kanker paru-paru, paru-paru basah, Tuberculosis, Asma, dan Bronchitis mengintai kamu sekarang.


Referensi: Halosehat