Begini Cara Membersihkan Noda dan Casing di HP Serta Smartphone!

Kebersihan adalah sebagian dari iman, bukan hanya merawat diri sendiri! tapi kebersihan juga wajib diterapkan terhadap benda-benda pakaian dan kesayangan. Kalau ingin awet dan berfungsi selalu, rawatlah dan lakukan cara membersihkan HP dengan benar. Atau sekedar cara membersihkan casing HP dan Smartphone.

Merawat Kebersihan Smartphone atau HP itu Tidak Sulit!

Cara Membersihkan Casing HP dan Smartphone - Dafunda Tutorial
Gambar: Jalantikus

Agar benda kesayangan terus berfungsi dan awet, lakukan perawatan rutin setidaknya tiga kali seminggu atau setiap hari bila perlu. Bagi yang sedang takut dan bingung apa yang harus dilakukan untuk membersihkan handphone atau smartphone tanpa merusaknya, disini kamu akan menemukannya.

Perangkat tersebut memiliki peran serta fungsi yang sangat bermanfaat dalam fungsi teknologi, informasi, dan komunikasi dalam kehidupan di masyarakat, bahkan untuk keperluan pekerjaan. Bagaimana membersihkannya?

Cara Membersihkan Casing HP, Noda dan Bagian-Bagian Smartphone

Cara-cara berikut adalah yang paling direkomendasikan agar perangkat komunikasi yang dimaksud awet. Selain Efisien biaya, cara-cara berikut juga bisa untuk dilakukan di rumah saja. Perawatan barang dengan cara mandiri loh.

1. Alkohol

Cara Membersihkan Casing HP dan Smartphone - Dafunda Tutorial

Tahukah kamu, alkohol yang sering disalahgunakan ternyata bisa berfungsi untuk membersihkan smartphone atau perangkat sejenis. Caranya cukup mudah kok, siapkan alkohol lalu tuangkan alkohol secukupnya pada tissue atau kain halus sampai tissue atau kain tersebut basah.

Pastikan, perangkat yang dibersihkan sudah dalam keadaan mati atau tidak sedang beroperasi, berikutnya usapkan kain yang sudah diberi alkohol ke seluruh bagian bodi dengan hati-hati, setelah itu keringkan perangkat sampai benar-benar kering. Cara ini efisien waktu ya kan.

Jangan gunakan alat seperti hairdryer untuk mengeringkan handphone yang terkena air. Perangkat ini berisi banyak komponen yang mudah rusak jika terkena panas. Cukup mudah bukan membersihkan bagian-bagian HP atau smartphone?

2. Minyak Kayu Putih

Cara Membersihkan Casing HP dan Smartphone - Dafunda Tutorial

Tahukah kamu, kandungan pada minyak kayu putih ternyata dapat digunakan untuk membersihkan casing hp. Caranya mudah saja, tuangkan minyak kayu putih ke kain halus atau kapas. Terus usapkan kain yang telah dibasahi oleh minyak kayu putih ke seluruh bagian perangkat dan tunggulah hingga kering.

3. Berang Kering

Cukup unik sih cara membersihkan HP atau smartphone berikutnya ini. Caranya juga unik kok, siapkan kain lembut tapi jangan gunakan tissue! karena serat-serat pada tissue bisa menggores layar yang sensitif.

Lalu timbun perangkat yang ingin kamu bersihkan itu ke dalam tumpukan beras kering atau gel silika untuk menyerap bila ada air atau kotoran basah.

4. Cara Membersihkan Casing HP

Berikutnya, ada cara yang paling banyak dicari yaitu membersihkan bagian casing. Sama dengan diatas tadi, kamu bisa juga menggunakan minyak kayu putih, atau Hand Sanitizer. Intinya semua harus dilakukan dengan hati-hati, jangan dengan cara asal-asal bahkan brutal. HP dan Smartphone sangat rentan.


Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Santai Ala Milenial


Itulah cara membersihkan casing HP, ataupun cara-cara membersihkan bagian-bagian yang ada di perangkat sejenisnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar di artikel ini, terima kasih.