Daging Sapi Tidak Bisa Dicuci, Bagaimana Cara Membersihkannya?

Tahukah kamu, tidak ada cara membersihkan daging sapi dengan mencucinnya dengan air. Ketahuilah, mencuci daging tersebut dengan air bukan menghilangkan bakteri tapi malah mendatangkannya. Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkannya bukan dengan mencuci, mari kita bahas.

Mencuci Daging Sapi dengan Air Akan Menyebabkan Ini!

Cara Membersihkan Daging Sapi - Dafunda Tutorial
Gambar: Okezone.com

Mungkin kamu bingung, mengapa daging sapi hasil potong tidak boleh langsung dicuci dengan air. Ketahuilah, mencuci daging sapi dengan tujuan membersihkan darah akan membuat kualitas daging menurun dan meyebabkan daging mengerut serta menjadi keras. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk membersihkannya?

Begini Cara Membersihkan Daging Sapi dengan Benar

  1. Bukan dengan Air Dingin

    Untuk membersihkan daging sapi, didihkan air lalu masukkan daging ke dalam panci sebentar saja. Berikutnya angkat dan buang air tadi, cara tersebut hanya efektif membersihkan daging dari kotoran yang menempel tapi juga membunuh bakteri yang terdapat dalam daging.

  2. Kulkas

    Alternatif terbaik sebelum membersihkan daging sapi, terlebih dahulu kamu bisa menyimpan daging ke dalam kulkas agar daging awet dan tidak mudah rusak. Ini perlakuan yang tepat untuk menjaga kesegaran dagingnya.

  3. Menyimpan Daging ke Dalam Freezer

    Agar kualitas daging tetap terjaga baik, lakukan pengemasan daging dengan tepat, yakni memasukkan daging ke dalam plastik atau memasukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Cara ini cukup ampuh mencegah daging agar tidak terkontaminasi bakteri.

  4. Mengolah Daging Beku

    Alternatif dari cara membersihkan daging sapi adalah dengan melakukan pengolahan daging yang tepat. Agar daging beku bisa cepat dimasak, sebagian wanita suka merendam daging kedalam air dingin atau hangat.

    Cara tersebut sangat tidak direkomendasikan karena selain dapat merusak tekstur dan gizi daging, juga dapat terkontaminasi bakteri.

    Cara terbaik untuk memperlakukan daging beku adalah dengan menurunkan daging dari freezer ke kulkas selama beberapa jam hingga daging tidak lagi membeku. Setelah itu baru dech bisa dimasak sesuai selera.

    Nah, agar olahan daging bisa sempurna, Anda harus memilih potongan daging yang sesuai dengan jenis masakan.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kutil Secara Alami!


Semoga bermanfaat, itulah berbagai cara mengolah dan memperlakukan daging sapi dengan benar, serta cara membersihkan daging sapi. Semua perlu diperhatikan agar kualitas daging terjaga dan tetap layak. Semoga bermanfaat.