5 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

Cara Merawat Mata dengan Benar - Dafunda Cara

Kalian semua pasti sudah tahu, Mata adalah indra penglihatan dan jendela dunia. Karena organ pemberian Tuhan inilah kita semua bisa melihat, mengerti, dan mengetahui apa saja yang ada dan sedang terjadi di dunia ini. Maka dari itu, pentingnya kamu mengetahui cara merawat mata.

Mengapa Harus Menjaga Kesehatan Mata?

Kesehatan mata, adalah satu hal yang harus diterapkan perawatan agar indra tersebut terus berfungsi dengan baik. Jangan biarkan ketika mata mulai mengalami gangguan seperti mulai suka menjadi rabun atau gangguan lainnya. Mata selalu kita gunakan, termasuk sekarang.

Cara Merawat Mata yang Benar - Dafunda Media
Gambar: Liputan6 Health

Salah satu penyebab yang mendorong gangguan awal pada mata, adalah aktivitas seperti terlalu lama di depan komputer, menghadapi televisi dengan kecerahan tinggi dan berjam-jam di hadapan Gadget.

ARTIKEL TERKAIT
Buat Lingkungan Nyaman, Ini 5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah dan Alami!

Cara Merawat Mata, Menjaga Kesehatan Panca Indera!

  1. Batasan Mata Terhadap Objek

    Jaman sekarang, gadget dan komputer adalah perangkat yang sudah tak asing lagi bagi kita semua apalagi generasi baru. Merawat mata dapat dilakukan dengan menghindari terlalu dekat pada objek, jaga jarak! ketika menonton televisi, main game atau membaca buku.

    Nonton tv layar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatkan terutama bagi mata, apalagi terhadap mata anak-anak.

  2. Pilihan Monitor

    Jika sudah menjadi pecandu game, sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan menghindari penggunaan komputer atau gadget dengan waktu lama.

    Maka dari itu, direkomendasikan untuk lebih memilih menggunakan monitor LCD (Liquid Crystal Display) pada komputer Anda, penggunaan layar LCD cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor CRT (Dathode Ray Tube).

    Setting refresh rate yang tinggi pada monitor Anda. Tapi tetap saja, terlalu lama menghadapi komputer, laptop atau gadget sejenis dapat membuat mata tegang dan lelah.

  3. Ketika Gatal, Jangan Kasar dengan Mata

    Untuk mencegah gangguan yang datang dari ulah diri sendiri, hindari menggosok mata dengan kasar. Ketika mata sedang merasakan rasa gatal atau kemasukan bendan asing, jangan menggosoknya berlebihan, karena dapat menyebabkan rasa perih dan gangguan lanjut lainnya.

  4. Gunakan Penangkal Debu

    Bila perlu, ketika ingin beraktivitas ke luar rumah atau jalanan, gunakanlah kacamata dan penangkal debu. Pilih kacamata yang memang berfungsi untuk menangkal sinar Ultraviolet (UV), agar tak terkena pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina.

  5. Asupan Konsumsi yang Tepat

    Untuk merawat kesehatan mata, cukupi asupan Vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, dan pepaya.Pilih juga jenis sayuran hijau, cukupi asupan antioksidan, dan asam lemak omega-3. Oh iya, satu lagi! penting juga untuk mengontrol gula darah hingga kadar kolesterol yang tepat.

ARTIKEL TERKAIT
Berikut Tahapan Serta Cara Menggunakan Skincare dengan Benar!

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam


Ketahuilah, selain berpotensi membuat mata tegang dan lelah, penggunaan gadget dan perangkat sejenis juga dapat menimbulkan efek pancaran radiasi yang berakibat buruk ke mata. Ikuti cara merawat mata yang benar.

Referensi: Doktersehat