5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Merawat Laptop Agar Tetap Awet!

Ketika seseorang mempunyai perangkat serbaguna yaitu Laptop, biasanya hanya ketika masih dalam keadaan baru saja dirawat dengan baik. Padahal cara merawat laptop agar awet wajib dilakukan selalu untuk setidaknya bisa meminimalisir ganti laptop lagi.

Lakukan perawatan rutin sejak pertama kali kamu telah mendapatkan laptop dalam keadaan baru. Merawat laptop berarti membuatnya dapat menemanimu untuk jangka waktu panjang dengan kondisi tetap prima.

Apa Saja yang Diperlukan Dalam Perawatan?

Cara Merawat Laptop Agar Awet - Dafunda Media
Gambar: Jalantikus

Bukan hanya perawatan dari luar bagian, tapi bagian dalam laptop juga perlu dirawat. Termasuk juga bagian sistem seperti bagian sisa-sisa berkas yang wajib dibersihkan, wajib sekali. Bagaimana saja melakukannya?

ARTIKEL TERKAIT
Cara Repost InstaStory Agar Bisa Kamu Posting di Akun Sendiri!

Cara Merawat Laptop Agar Awet

  1. Shutdown Ketika Sudah Tak Digunakan

    Hal paling penting yang harus dilakukan agar laptop tak mengalami gangguan sistem ketika sudah tak digunakan lagi, selalu Shutdown pada waktunya.

    Mematikannya saat tidak digunakan akan mencegah laptop cepat panas, sekaligus memberikan waktu istirahat bagi si perangkat kesayangan.

  2. Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Membawa Laptop

    Berkaitan dengan yang pertama tadi, jangan pernah membawa laptop dalam keadaan Standby atau masih dalam keadaan sistemnya nyala. Bila sering melakukan hal tersebut, maka Hard Disk kamu berpotensi cepat rusak.

    Saat memasukan laptop ke dalam tas! pastikan Resleting tidak tertutup penuh, agar tidak mengakibatkan laptop menerima sirkulasi udara yang minim.

  3. Update BIOS

    Sama seperti berbagai program aplikasi, Sofware, dan Driver Hardware, BIOS juga memerlukan pembaharuan agar kamu mendapatkan fitur dan versi terbaru.

    Tujuan utama Update ialah untuk meningkatkan performanya sehingga kompatibilitas antara hardware dan software tetap terjaga.

    Untuk Update BIOS, mudah saja. cukup kunjungi website pabrikan laptop untuk mendapatkan pembaharuan BIOS. Tapi jika takut gagal, kamu bisa mendatangi teknisi komputer untuk melakukannya.

  4. Rutin Membersihkan Laptop

    Merawat laptop agar tetap terus awet, salah satu hal jitu yang harus dilakukan adalah dengan rutin membersihkan laptop, bagian Keyboard ataupun bagian dalam laptopmu.

  5. Tidak Sembarang Mengunduh Aplikasi dan Sofware

    Ketika kamu ingin mendapatkan sebuah software atau aplikasi di sebuah situs yang tidak jelas bahkan belum kamu kenal sebelumnya, jangan langsung percaya bahkan langsung mengunduhnya secara membabi buta.

    Software tertentu bisa mengandung Virus loh di dalamnya, meski gratis ya percuma kalau merusak sistem laptop.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Merawat dan Membersihkan Laptop Agar Terus Berfungsi dengan Baik!

Baca juga: Cara membersihkan Keyboard laptop atau komputer


Hal penting yang bisa kamu lakukan sebagai cara merawat laptop agar awet adalah dengan melindungi laptop menggunakan Software Antivirus, tidak menggunakan aksesoris berlebihan pada laptop, paham?


Referensi: Acer ID