Cara Merawat Kulit Sensitif Dengan Penanganan yang Tepat!

Kulit adalah bagian tubuh dan menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan kesehatannya. Bagaimana nampaknya kulit seseorang, itulah juga bentuk dan gambaran apakah kesehatannya terjaga dengan baik atau tidak. Bagaimana cara merawat kulit sensitif dengan benar?

Berbagai Jenis dan Cara Merawat Kulit

Gambar: Prelo

Kulit adalah organ terluas yang memiliki peran melindungi tubuh dan bagian-bagian dalam lainnya, selain itu kulit juga berfungsi untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, infeksi dan membuat suhu tubuh tetap stabil.

ARTIKEL TERKAIT
Efektif, Ini Cara Alami untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Maka dari itu, kamu juga harus menjaga kesehatan kulit. Karena adanya kulit lah, kita bisa merasakan dingin, panas, dan bisa merasakan vitamin D dari sinar matahari. Jenis kulit sendiri ada beberapa macam, diantaranya kulit normal, berminyak, kering, dan kulit sensitif.



Cara Merawat Kulit Sensitif yang Tepat

Secara umum, mengatasi kulit dari penyakit serta melakukan perawatan yang benar, tak hanya difokuskan kepada kulit sensitif tetapi untuk semua jenis kulit secara umum. Dan berikut beberapa cara yang baik untuk merawat kulit:

1. Merawat Kulit Hitam

Gambar: Liputan6 Health

Kulit berwarna hitam bukanlah sebuah hal yang berarti kulit seseorang itu tengah mengalami gagal perawatan, tetapi memang ada jenis itu! salah satu jenis kulit diantara yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Ampuh, Begini Cara Menambah Berat Badan Meskipun Kamu Malas Makan!

Kulit jenis ini sendiri tidak akan mudah berubah warna meski dijemur seharian di bawah terik sinar matahari (tak menjadi lebih gelap). Untuk menjaga kesehatan kulit jenis ini, cobalah untuk pandai dalam memilih Moisturizer berbahan dasar air yang terasa ringan dan tidak lengket.

2. Hindari Krim Berbahan Kimia yang Tak Jelas

Gambar: Hellosehat

Untuk menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan, ada baiknya kamu untuk lebih mencoba cara alami ketimbang menggunakan krim dan metode suntik yang Instan.

Misalnya saja krim yang mengandung Merkuri, sebuah jenis krim yang berpotensi membuat iritasi di kulit, bengkak serta gatal-gatal yang malah merusak kulit.

3. Gunakan Tabir Surya

Gambar: Beautynesia

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan Tabir Surya setiap kali akan beraktivitas. Krim tersebut mengandung SPF yang berperan penting dan berfungsi menangkal paparan sinar matahari secara lepas.

ARTIKEL TERKAIT
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mudah

Untuk kamu yang lebih sering berada dalam ruangan biasa, direkomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 10-15. Sedangkan untuk yang sering berada di luar ruangan dan menghadapi matahari, direkomendasikan untuk menggunakan krim dengan SPF +30.

4. Jangan Malas Untuk Cuci Muka

Gambar: Kaskus

Merawat kulit sensitif atau jenis apapun, bisa dilakukan seseorang dengan rajin membersihkan kulit menggunakan sabun yang mengandung kelembapan cukup. Untuk jenis kulit kering, ada baiknya untuk menghindari penggunaan sabun yang mengandung Antiseptic.

Tubuh manusia memiliki flora normal atau kuman baik yang melindungi si kulit, jika seseorang menggunakan sabun tersebut terlalu sering, maka kuman baik bisa habis sehingga tidak ada lagi yang melindungi kulit. Berikutnya, kulit akan diserang iritasi, gata-gatal dan bahkan kudisan.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Untuk Rutin Bangun Pagi ala Orang Jepang!

5. Setelah Mandi, Gunakanlah Krim Pelembap atau Lotion

Gambar

Setelah mandi, cobalah untuk menggunakan pelembap yang mengandung Chamomile dan anti alergi, untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, perbanyaklah konsumsi air putih, sayur dan buah-buahan.

Setidaknya, delapan gelas air minum sehari harus masuk untuk terus menjaga kelembapan kulit. Pastikan juga tubuh mendapatkan istirahat yang cukup minimal 8 jam dalam 24 jam terakhir.

Hindari yang namanya kecanduan merokok ataupun alkohol. Selain itu, ada baiknya juga kamu untuk rutin membersihkan wajah sebelum tidur, basuh dengan susu atau yogurt bila perlu.


Baca juga: Cara ampuh untuk berhenti merokok


Pentingnya merawat kulit adalah upaya untuk mencegah adanya penyakit kulit seperti Jerawat dan infeksi berbahaya lainnya yang merugikan dari segi kesehatan dan penampilan.

ARTIKEL TERKAIT
Tak Mau Jadi Manusia Pohon? Ini Cara Menghilangkan Kutil Ampuh Secara Alami!

Merawat sama saja dengan mencegah loh, mau pilih mana kamu. Saran terbaik, adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan terus sehat jasmani dan rohani kamu.


Referensi: Alodokter