Hidup Sehat, Ikuti 5 Tips Ringan ini Untuk Berhenti Merokok!

Entah bagaimana cara menghitungnya, di dunia ini yang namanya perokok adalah hal yang sangat mudah ditemukan. Terkadang itu adalah keluarga kita sendiri, kakak, ataupun si ayah, bahkan bisa jadi sekarang kamu adalah seorang perokok aktif.

Cara Berhenti Merokok?

Merokok memang adalah salah satu kebutuhan penting sekarang, entah untuk melepas rasa jenuh atau sekedar teman ketika cuaca sedang dingin.

Tapi! berhenti merokok adalah salah satu bentuk hal Positif yang sekiranya adalah cara yang dilakukan untuk memberi diri kesempatan untuk hidup lebih lama. Mau kan hidup panjang dengan kenikmatan alami?

Gambar: Hallosehat

Selain itu berhenti merokok juga adalah satu bentuk untuk hidup sehat bagi diri sendiri dan orang sekitar. Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin melakukan hal tersebut, asal mau! pasti bisa berhasil.

Cara berhenti merokok yang kamu cari ada disini. Kebiasaan buruk tersebut bisa dihentikan dengan cara-cara berikut.

5 Cara Berhenti Merokok yang Mudah!

  1. Mengatur Stres

    Di kehidupan, stres adalah salah satu pemicu berat yang menyebabkan seseorang memilih rokok sebagai obatnya. Setelah melakukan dan mencoba, kedepan rasa candu terhadap rokok akan terus-menerus muncul.

    Poin penting disini adalah, Cobalah untuk meredakan ketegangan ketika menghadapi sebuah masalah, misalnya saja dengan mendengarkan musik, tidur, dan lebih memilih untuk melakukan hal positif. Alternatif lainnya seperti berkarya atau berolahraga melatih tubuh.

  2. Jaga Diri

    Berikutnya ada cara berhenti merokok yang harus betul-betul datang bersama kesabaran kamu. Ketika berkumpul dengan perokok lainnya, kalian akan melakukan aktivitas minum kopi atau lainnya ya kan.

    Cara berhenti merokok yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti rokok! misalnya dengan permen karet dan tidak menerima rokok yang diberi orang lain.

  3. Lebih Dekat ke Ibu

    Biasanya, satu dari orang tua tepatnya ibu! sangat tidak mengizinkan anaknya untuk menjadi seorang perokok. Hal tersebut adalah karena ia tau kalau rokok tidak berdampak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, coba dengarkan dan pahami nasehat sang ibu tentang rokok dan pergaulan.

  4. Rajin Membersikan Rumah

    Cara berhenti merokok berikutnya adalah salah satu cara jitu. Dimana ketika kamu rajin dan aktif untuk menjaga kebersihan rumah, rasa menggebu untuk merokok akan berkurang. Kamu akan lebih ke seperti menjadi lapar dan haus akibat rasa capek.

  5. Pola Makan Sehat

    Terakhir ada tips cara berhenti merokok yang berkaitan dengan makanan. Yang dimaksud disini adalah kamu yang bisa berhenti merokok dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan juga sayuran.

    Karena rasa makanan di mulut dapat membuat rokok terasa hambar di mulut. Ini Alternatif jitu loh! asal pola konsumsi makanan sehat yang kamu lakukan teratur.

Ingat! dalam mengikuti tips yang aku rangkum tadi, perlunya tambahan dukungan dari diri kamu sendiri. Hal itu berupa tekad, komitmen, dan kesabaran yang kuat.

  • Semuanya tetap akan kembali ke diri kamu sendiri. Tentang tekad, komitmen dan kesabaran tinggi.
  • Kalau kamu sanggup untuk bertahan dan terus berusaha membuat rokok terasa asing lagi di mulut, itu adalah langkah awal yang sangat-sangat bagus.

Ketika melihat rokok sudah tidak nafsu dan benar-benar melupakannya, berarti kamu sudah berhasil dan! fisik kamu juga lebih sehat. Rokok dapat menimbulkan rasa malas yang menggebu-gebu. Makanya rata-rata pengangguran itu kerjanya hanya merokok setiap hari.


Referensi: Alodokter