4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Grogi, Ubah Rasa Cemas Menjadi Energi Positif!

Pernahkah kamu mengalami keadaan seperti Grogi yang membuat kaki-kaki kamu bergetar ketika harus berbicara di depan orang banyak? Tenang, ada beberapa cara untuk ubah rasa cemas menjadi sesuatu yang positif untuk diri kamu. Kamu juga tidak sendirian. Cara mengatasi grogi

Mengubah Rasa Cemas dan Grogi

Rasa cemas yang datang tiba-tiba dapat membuat detak jantung menjadi sangat kencang, bahkan ada sebagian orang yang merasa mulas ketika berada dalam kondisi tersebut, wajar sih ini bisa terjadi.

Gambar: David Pranata

Tentu, rasa cemas semacam itu tidak mungkin muncul tanpa sebab. Tapi tenang, ini merupakan fase dimana kamu sedang diuji. Hal itu adalah sebuah hal yang membuat manusia bisa berevolusi menjadi lebih baik, bagaimana caranya?

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu, Hati-Hati Belanja Lebaran!

cara mengatasi grogi – Seorang psikoterapis bernama Jonathan Alpert mengatakan kalau rasa cemas adalah sebuah alarm ”Jika Anda mundur ke masa saat orang menghadapi bahaya besar dan mengancam nyawa, mereka yang terlalu waspada adalah mereka yang selamat.”

Cara Ubah Rasa Cemas jadi Sesuatu yang Positif

  1. Memahami Emosi dengan Benar

    Ketika sedang merasakan cemas dan grogi, maka telapak tangan seseorang bisa langsung penuh keringat, perut melilit, jantung berdetak kencang dan bahkan napas pun akan menjadi terhenga-henga.

    Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengingat hal-hal positif yang pernah kamu lakukan! tergantung kondisinya juga. Orang kadang tak menyadari bahwa saat cemas, kekuatan yang dimiliki bisa lebih besar. Saat tubuh bereaksi terhadap suatu hal, Anda bisa membuat pilihan mau merasa takut atau gembira.

  2. Kalem

    Ketika kamu sudah berada dalam sebuah kondisi yang seakan-akan membuatmu terpojok, cobalah untuk merasakan kalau hal tersebut bukan sebuah ancaman, melainkan sebuah hal yang pasti akan kamu hadapi. hadapi dengan tepat dan buatlah perasaan tubuh menjadi serileks mungkin.

  3. Geser Pola Pikir

    Brad Stulberg, seorang performance Coach pernah mengatakan, bahwa respon tubuh mengambil mode waspada dan siap akan bahaya saat mengalami stres adalah sebuah hal yang terjadi secara alami.

    Seseorang bisa mentransformasikan rasa cemas menjadi energi positif dengan mengubah cara pikir dan memanfaatkan kesempatan dari sesuatu yang dianggap ancaman itu. Pikirkanlah solusi untuk menghadapi tantangan itu, jangan hanya berfokus terhadap bahayanya saja, mengerti?

  4. Tatap Kesuksesan

    Langkah terakhir sebagai cara ubah rasa cemas adalah dengan memvisualisasikan hasil positif dari sesuatu yang dianggap buruk seperti ketakutan dari rasa cemas.

    “Jika Anda bisa memvisualisasikan situasi, ciptakan keadaan cemas pada tubuh dan pikiran, lalu latih keadaan itu, akan tidak mengejutkan saat cemas datang dalam kinerja Anda,” sebuah kutipan dari seorang atlet bernama Stulberg.

ARTIKEL TERKAIT
Gimana Sih Jadi Gamer Jago dan Profesional? Ini Caranya

Baca juga: Cara mengatasi Paranoid


Dari beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi grogi tadi, apakah kamu sudah siap untuk mengubah kecemasan menjadi energi positif yang bermanfaat? Ayo cobalah.