Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Kekinian yang Baik dan Benar Plus, Profesional

Sedang mencari kerja dan sudah menyerahkan surat lamaran serta CV (Curriculum Vitae), tapi sampai saat ini belum mendapatkan undangan Interview untuk langkah lanjutan? mungkin kamu belum mengikuti cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Penyebab Surat Lamaran Ditolak

Kamu harus sabar dan lapang dada, belum rezeki dan mungkin ada yang salah dengan lamaranmu. kekeliruan sedikit saja dalam penulisan surat lamaran kerja dan CV adalah hal yang berpengaruh besar dalam menentukan nasib ke dunia kerja yang kamu alami.

Gambar: Shutterstock

Kesalahan dalam pembuatan format maupun isi mempengaruhi besar penilaian para perekrut. Maka dari itu cobalah pelajari bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan benar. Surat lamaran sangat berperan, penting malah. Yuk kita masuk ke Tutorial surat lamaran kerja.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu, Hati-Hati Belanja Lebaran!

Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ketahuilah, surat lamaran kerja adalah First Impression dari pelamar ke perekrut. Lamaran itu akan menunjukan apakah kamu serius atau tidak untuk siap mengikuti instruksi dan siap bekerja. Ini cara membuatnya:

1. Informasi Pribadi Atau Contact Information

Poin penting yang pertama ketika membuat surat lamaran kerja adalah bagian perekrut yang harus tahu siapa yang mengajukan lamaran kepadanya ini, sampel:

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor Telepon atau Handphone
  • Alamat Email
  • Alamat Linkedin (kalau ada)

Buatlah informasi pribadi ini di posisi tengah surat lamaran kerja. Buatlah sebuah alamat Email Profesional dengan tidak menggunakan sembarang nama pengguna. Dan, isilah bagian lainnya dengan benar.

2. Salam Pengantar

Kalau sudah menulis informasi pribadi, lanjut untuk menulis salam surat pengantar di bawahnya. Ingat! kamu harus tahu kepada siapa salam di surat akan disampaikan.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Pekerjaan Santai ala Milenial Masa Kini!

Kalau lowongan pekerjaan online, respon perekrut adalah dengan mengirim kamu pesan lewat Email untuk siap bertemu dan masuk sesi Interview.

Dalam cara melamar kerja yang baik, buatlah salam pengantar yang benar misalnya:

Yth. Bapak …. atau Kepada Yth. Ibu …. . Katakanlah surat lamaran kerja yang dikirim berbahasa Inggris, itu berarti penulisannya Dear Mr. …. Atau Dear Mrs. …. .


3. Bagian Isi

Bagian penting dan terpenting adalah isi surat lamaran, dimana bagian ini adalah data untuk membuat perekrut tau posisi apa yang kamu lamar serta alasannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan betul:

  • Paragraf pertama berisi alasan kamu menulis surat lamaran dan beri tahu informasi yang spesifik buat perekrut tinjau agar jadi pertimbangan.
  • Paragraf kedua berisi penawaran kamu ke perekrut atau perusahaan berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan kompetensi yang kamu miliki secara ringkas dan jelas. Sebab, muatan dalam paragraf ini sangat efektif dalam menarik perhatian perekrut.
  • Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih atas kesediaan perekrut buat membaca surat lamaran dan sarankan perekrut buat menghubungi kamu di kontak yang kamu beri.
ARTIKEL TERKAIT
4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Grogi, Ubah Rasa Cemas Menjadi Energi Positif!

4. Terakhir, Penutup

Setelah informasi pribadi, salam pengantar dan isi sudah benar semuanya. Lanjut ke bagian akhir yaitu penutup, Isi penutup sendiri buatlah salam hormat kemudian diikuti nama lengkap kamu. Gunakan salam yang sifatnya formal! hindari salam informal. Cara melamar kerja yang baik.


Baca juga: Cara menghasilkan uang dengan pekerjaan santai ala Milenial


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Salah

Gambar: Shutterstock

Jakarta, 02 April 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala PT Besok Masih Buka

Jakarta

Dengan hormat,

Seperti informasi yang saya peroleh bahwasannya di PT Besok Masih Buka tersedia lowongan pekerjaan. Saya memiliki keinginan untuk melamar dan menduduki posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Adapun bagian yang ingin saya tempati adalah staff produksi di PT Besok Masih Buka.

Izinkan saya mengenalkan diri dalam data berikut ini :

Nama: Okbud

Alamat: Jl. Serong Kiri Kanan No. 69

Tempat dan Tggl. Lahir: Jakarta, 29 Februari 1992

Pendidikan Terakhir : SMA

Telp : 081 234 567 869

Sekarang saya dalam kondisi sehat tidak sakit apapun, kondisi saya sempurna dan lincah dalam bekerja, memiliki prinsip yang kuat dan pekerja keras tentunya. Saya juga menguasai Microsoft Office dengan sangat mahir.

Berikut lampiran untuk bahan pertimbangan:

  1. Curriculum Vitae ( CV )
  2. FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir asli
  3. FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli
  4. FC Kartu Keluarga
  5. FC Sertifikat
  6. Surat Pengalaman Pekerjaan
  7. Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikianlah surat lamaran pekerjaan yang saya buat ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

Hormat Saya

(Okbud)

Contoh dari Cara Membuat Surat Lamaran yang Benar

Mas Har

ARTIKEL TERKAIT
3 Cara Hidup Hemat Sebagai Persiapan Masa Tua!

Bintaro Raya No. 69, Jakarta – 0812 3333 2222 – [email protected]

2 April 2019

Budi Ok

Recruiter

PT Besok Terbit

Jalan Agung, Jakarta 12560

Kepada Yth. Bapak Budi,

Sebagaimana informasi di situs lowongan kerja PenginKerja.com, saya menulis surat ini dengan maksud untuk melamar posisi Content Writer di PT Besok Terbit atau BesokTerbit.id. Saya sertakan CV dan dokumen lain yang dapat Bapak tinjau untuk dipertimbangkan.

Sebagai informasi, saya sendiri memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam memproduksi konten-konten yang kreatif untuk keperluan media digital ataupun cetak. Saat ini saya masih bekerja di BeritaBaru.com sebagai Jurnalis.

Selama di BeritaBaru.com saya memproduksi banyak berita dan melakukan wawancara dengan beragam narasumber. Kini saya terbuka untuk menerima kesempatan yang lebih besar yang nantinya bisa memberi kontribusi bagi perusahaan dan diri saya.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya akan menanti kabar baik dari Bapak Budi dengan menyampaikannya ke nomor 0812 3333 2222 dan alamat email [email protected]

Salam hormat,

Mas Har

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris yang Benar

Indra Soleh

ARTIKEL TERKAIT
Inilah Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang!

Bandung Raya No. 69, Jawa Barat – 0813 4444 6666 – [email protected]

April 2, 2019

Mas Har

Lead Design

Gambar Pelangi

Jalan Putihan, Jakarta 12345

Dear Mr. Har,

I am writing to apply for the position of Creative Designer at Gambar Pelangi as advertised on the city’s careers web page. I have included my resume for your consideration.

In addition to experience as a Senior Creative Designer, I have an excellent knowledge of Adobe and typography. Most recently, I worked for Lukis Gunung in Jakarta as Junior Creative Designer. While I was there, I developed a training program for new hires. However, I had to leave my job due to a move to your city.

Thank you for your time and consideration. I will follow up next week to see if I can offer any more information about my skills and experience. My cell phone is 0813-6969-9999 and my email is [email protected]

Best regards,

Indra Soleh


Semoga bermanfaat, ikutilah tutorial dari Referensi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tadi. Tingkat serius dalam cara melamar kerja langsung diuji lewat bagaimana isi dan format surat lamaran yang kamu buat dan digunakan dalam pelamaran.

ARTIKEL TERKAIT
7 Tips Untuk Membuat Kehidupan Kantormu jadi Lebih Sehat!

Referensi: Moneysmart