10 Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Sekitar Rumah

cara mengusir lalat

Lalat merupakan hewan arthropoda yang sering berada di dekat kita. Hewan ini merugikan bagi manusia karena membawa sumber penyakit seperti bakteri pathogen, protozoa dan telur serta larva cacing. Makanya banyak orang yang mencari cara mengusir lalat di rumah yang ampuh.

Sebelum membahas tentang cara mengusir lalat, kamu harus mengetahui terlebih dulu jenis-jenis lalat. ada lalat rumah, lalat pasir, lalat, tzetze, dan lalat hitam. Biasanya sih, lalat yang sering mengganggu di sekitar kita adalah lalat rumah atau housefly. Lalat rumah ini harus dibasmi karena dia merupakan media pembawa penyakit leishmaniasis, demam papataci, dan batonellosis.

Nah, kami akan menjelskan bagaimana cara mengusir lalat yang mengganggu di sekitar rumah dan tempat tinggal.

Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Sekitar Rumah

Rumah yang merupakan tempat kita tinggal memang seharusnya selalu bersih. Jika rumah kita kotor dan jijik tentu hewan seperti lalat akan suka masuk ke rumah tersebut.

1. Membersihkan lingkungan rumah

cara mengusir lalat bersihkan lingkungan
sumber: tribunnews

Cara mengusir lalat yang pertama adalah membersihkan lingkungan di sekitar rumah. Seperti yang kita bahas sebelumnya, rumah memang sudah selayaknya bersih dan kebersihan di sekitar juga harus diperhatikan.

Misalkankan, kita harus menyiapkan tong atau bak sampah beserta penutupnya. Kebanyakan dari kita kadang suka membuang sampah sembarangan dan itu membuat lalat suka berada di situ. Membuang sampah pada tempatnya dan menutupnya bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir lalat.

ARTIKEL TERKAIT
Gatal-gatal? Ini Cara Mengatasi Alergi pada Kulit!

Di dalam rumah sendiri, jangan biarkan ada sampah yang menumpuk sekali pun itu hanya sampah kering seperti kertas atau plastik. Buanglah sampah secara teratur di pagi dan sore hari untuk meminimalisir terjadinya penumpukan sampah.

2. Memakai semprotan serangga

cara mengusir lalat semprotan serangga

Oke, sekarang kita coba menggunakan cara membasmi lalat yang praktis dengan semprotan serangga. Semprotan serangga ini sangat mudah didapatkan baik di kios maupun supermarket terdekat. Jika memang rumah sudah bersih namun tetap ada saja lalat yang datang, cobalah menggunakan alat praktis satu ini.

Tapi harus diingat ya, saat ingin menggunakan semprotan serangga pastikan tidak ada anggota keluarga, apalagi anak-anak di sekitar tempat yang ingin disemprot.

3. Cara mengusir lalat dengan daun kemangi

daun kemangi
sumber: tribunnews

Daun kemangi bisa mengusir lalat berkat aromanya yang khas. Daun yang sering disajikan untuk lalapan ini sering kita temui di warung seafood 2K. Untuk mengusir lalat, kamu bisa memasukkan daun kemangi ke dalam plastik yang berisi air.

ARTIKEL TERKAIT
Ampuh! Inilah Cara Mengobati Cacar Air Tanpa Membuat Bekas Luka

Gantunglah di tempat yang sering dihinggapi lalat, atau tempat yang kamu kehendaki. Selain sebagai pengusir lalat, daun kemangi ini juga bisa sebagai hiasa rumah jika kamu mengaturnya dengan baik.

4. Menggunakan Lilin

sumber: kompas

Kamu pasti sering melihat rumah makan yang menyalakan lilin pada siang hari di tempat lauk. Yap, hal itu dilakukan oleh pemilik warung untuk mengusir lalat. Panas yang dihasilkan oleh lilin ini bisa mengganggu lalat loh. Aroma yang dikeluarkan saat lilin menyala juga membuat lalat pergi. Jadi, kamu bisa menaruh lilin di meja makan atau tempat yang tidak ingin dihinggapi oleh lalat.

5. Cara mengusir lalat dengan daun cengkeh

cara mengusir lalat minyak kayu putih
sumber: tanaman obat

Sama halnya dengan daun kemangi, daun cengkeh juga ampuh mengusir lalat karena aroma khasnya. Kendalanya, daun yang satu ini agak susah dicari, biasanya daun cengkeh hanya tersedia di pasar-pasar tradisional. Banyak kabar yang mengatakan bahwa lalat sangat membenci rempah yang beraroma wangi.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Jerawat yang Membandel dan Mengganggu Penampilan

6. Gunakan minyak kayu putih

sumber: wawasan baru

Ya, seperti yang dijelaskan di atas bahwa lalat tidak suka aroma tertentu. Minyak kayu putih sudah terbukti memberikan aroma yang menyengat sehingga membuat lalat tidak suka. Cara mengusir lalat dengan minyak kayu putih sangat mudah, kamu hanya perlu menuangkannya sebanyak satu tutup botol lalu letakkan pada tempat yang suka dihinggapi oleh lalat.

7. Cara mengusir lalat dengan daun pandan

sumber: resepkoki

Kembali ke bahan alami, pandan ternyata juga mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh lalat. Aroma wangi pandan memang biasanya dipakai untuk memasak nasi dan makanan, tapi bisa juga untuk mengusir lalat. Caranya, potong kecil-kecil daun pandan, masukkan ke dalam baskom yang berisi air dan taruh di tempat yang banyak lalatnya. Percaya deh, lalat tersebut akan langsung menghilang.

ARTIKEL TERKAIT
Berikut 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Kaki Menyengat!

8. Gunakan garam dapur

sumber: tribunnews

Cara mengusir lalat berikutnya adalah dengan garam dapur. Kamu bisa menaburkan garam tersebut disekitar tempat yang sering dihinggapi lalat. Di dapur, biasanya di rak penyimpanan makanan, selain itu taburan garam ini juga mencegah armada semut datang menggangggu makananmu.

9. Gunakan bunga lanvender

sumber: gardencenter

Kita tahu bahwa bunga lavender memiliki wangi yang sangat sedap. Wangi-wangi seperti ini yang tidak disukai oleh lalat, kamu hanya perlu memotongnya kecil-kecil lalu masukkan ke dalam air bersih. Selain sebagai pengusir lalat dan pengharum ruangan, bunga lavender juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang susah tidur atau insomnia.

10. Cara mengusir lalat dengan jeruk lemon

sumber: topmetro

Selain lavender, jeruk lemon juga memiliki aroma yang wangi dan tentu tidak disukai oleh lalat. Tak jarang juga kita lihat bahwa aroma jeruk lemon ini dijadikan bahan untuk semprotan serangga. Cara menggunakannya sama seperti bahan sebelumnya, kamu hanya perlu mengiris jeruk lemon tersebut lalu masukkan dalam sebuah wadah yang berisi air.

ARTIKEL TERKAIT
7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Mudah Tanpa Obat

Nah itulah cara mengusir lalat yang mengganggu di sekitar rumah. Jika memang lalat di rumahmu sangat bandel, cobalah untuk menggunakan sapu lidi dan lem lalat untuk membasmi lalat-lalat tersebut. Buat kamu yang sering diganggu nyamuk, kami juga punya cara mengusir nyamuk secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berikan komentarmu ya!


Referensi: Moondoggiesmusic