10 Cara Mengusir Tikus dari Rumah yang Sangat Ampuh Menggunakan Bahan Alami!

cara mengusir tikus ampuh bahan alami

Selain nyamuk dan lalat, tikus juga merupakan hewan yang sering memasuki dalam rumah. Binatang perekat yang satu ini sangat mengganggu dan menjadi salah satu sumber penyakit. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara mengusir tikus dari rumah.

Sebagai tambahan informasi, tikus bisa membawa bakteri yang menyebabkan penyakit seperti Leptospirosis, Salmonellosis, Rat Bite Fever dan lainnya. Rumah yang kotor menjadi salah satu alasan mengapa tikus suka mengganggu. Tapi jangan takut, karena banyak bahan alami yang bisa mengusir tikus dan tidak berbahaya bagi keluarga.

10 Cara Mengusir Tikus Ampuh Menggunakan Bahan Alami

1. Cara mengusir tikus menggunakan deterjen

cara mengusir tikus deterjen
sumber: pixabay

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah Deterjen. Kamu bisa mencampurkan diterjen ini dengan amonia atau cabai. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 2 sendok deterjen dan campurkan dengan segelas air. Lalu campurkan dengan amonia atau cabai. Tempatkan atau semprot di bagian rumah yang sering menjadi tempat bermain para tikus. Ramuan ini akan membuat tikus terganggu karena tidak tahan dengan bau amonia atau rasa pedas dari cabai.

2. Larutan atau minyak peppermint

cara mengusir tikus peppermint
sumber: hellosehat

Selain sebagai campuran untuk masakan dan minuman, daun wangi peppermint juga bisa digunakan sebagai penguris tikus loh. Bahan alami ini bisa digunakan sebagai pengganti racun tikus, apalagi jika khawatir dengan kesehatan keluarga.

ARTIKEL TERKAIT
10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang!

Cara mengusir tikus dengan larutan pappermint sangat mudah. Kamu hanya perlu merendam daun ini dalam air hingga minyaknya keluar. Masukkan ke dalam botol dan semprot ke tempat yang menjadi markas tikus.

3. Cara mengusir tikus menggunakan bawang

cara mengusir tikus bawang
sumber: liputan6

Kamu pasti sering dengar kalau bawang bisa mengusir vampire, tapi itu cuma cerita rakyat. Kelebihan bawang yang bisa ditemui di dunia nyata adalah mengusir tikus. Hewan pengerat ini tidak sudah dengan aroma dari bumbu dapur. Kamu bisa menggunakan bawang merah atau bawang bombay. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering didatangi tikus. Dengan adanya bau bawang ini, tikus akan langsung lari terbirit-birit.

4. Gunakan bubuk lada

cara mengusir tikus lada
sumber: jawapos

Bumbu dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai pengusir tikus adalah bubuk lada. Aroma dari bumbu ini memang terkenal menyengat bahkan untuk manusia. Sama seperti bahan lainnya, taburkan bubuk lada itu di tempat persembunyian tikus dan tunggu hingga besok. Aroma pedas yang keluar dari lada membuat tikus kesulitan bernafas.

ARTIKEL TERKAIT
Takut Menular? Begini Cara Mencegah Radang Amandel

5. Menggunakan daun salam

cara mengusir tikus daun salam
sumber: merdeka

Daun salam merupakan bahan memasak yang sangat mudah ditemukan. Sifat alami tikus yang rakus akan memakan segalanya. Taruh daun salam di tempat tikus lalu dia akan memakannya dan mati. Hal itu disebabkan karena ada senyawa kimia dalam daun salam yang sangat mematikan bagi tikus.

6. Cara mengusir tikus dengan kapur barus

kapur barus
sumber: biocideinsecticide

Kapur barus memang terkenal sebagai bahan pembasmi serangga seperti keco dan semut. Tapi faktanya, kapur barus juga bisa menguris tikus. Karena bentuknya seperti permen, jauhkan dari tempat yang mudah dijangkau dari anak-anak. Gunakan juga kain atau sarung tangan saat memegang kapur barus.

7. Gunakan baking Soda

baking soda
sumber: kompas

Baking soda menjadi salah satu subyek penelitian untuk mengusir tikus. Hewan kecil ini tidak bisa mengeluarkan gas sehingga bisa membuat bahan ini mengganggu tikus. Kamu hanya perlu menyiapkan makanan sisa lalu taburi baking soda. Setelah memakan itu, perut tikus akan kembung dan akhirnya mati. Pastikan kamu membuang bangkai tikus jika ditemukan.

ARTIKEL TERKAIT
Perawan, Begini Cara Merawat Organ Intim Wanita yang Tepat!

8. Cara mengusir tikus menggunakan mengkudu

mengkudu
sumber: okezone

Sama halnya dengan manusia, tikus ternyata juga tidak suka dengan rasa pahit. Dan tak perlu diragukan lagi, buah mengkudu merupakan buah yang memiliki rasa paling pahit yang bisa kita temui. Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan satu buat mengkudu, lalu campurkan bersama air. Setelah beberapa saat, siram air tersebut ke tempat yang kerap dilewati tikus. Hal ini pasti ampuh untuk membuat rumah bersih dari tikus.

9. Gunakan bedak bayi

bedak bayi
sumber: suara

Cara mengusir tikus dari rumah lainnya adalah menggunakan bedak bayi. Meski pun metode ini tidak begitu efektif, bedak bisa meracuni tikus dan membuat mereka pergi. Taburkan bedak bayi di sudut ruangan atau sela-sela tempat yang rawan dihinggapi tikus.

ARTIKEL TERKAIT
Jangan Biarkan Terlalu Lama, Ini Cara Mudah Mengobati Kutil

10. Rambut manusia

rambut manusia
sumber: tribunnews

Mungkin ini cara mengusir tikus paling aneh yang kamu temui, tapi nyatanya tikus tidak tahan melihat rambut manusia dan melahapnya. Rambut ini bisa membunuh tikus dengan mudah. Cara menggunakannya sama seperti yang sudah-sudah, potong beberapa helai rambut lalu taruh di sarang tikus. Dan boom, mereka pasti sudah hilang keesokan hari.


Demikian cara mengusir tikus dari rumah dengan bahan alami yang gampang ditemukan. Kami juga telah memberikan cara mengusir lalat jika kamu merasa terganggu. Bagi kamu yang memiliki cara lainnya untuk mengusir hewan penggerat ini, tulis di kolom komentar ya!


Referensi: Tupperware, Popmama