Beginilah Cara Mudah Mengusir Nyamuk Secara Alami!

Bagaimanakah Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami?

Banyak sekali cara mengusir nyamuk dengan mudah saat ini. Tapi, tidak semuanya bisa dibilang alami. Seperti mengusir nyamuk menggunakan obat nyamuk semprot atau yang dioleskan di kulit belum tentu cocok bagi semua orang. Terlebih lagi hal tersebut tidaklah alami dan kurang efektif. Tidak hanya itu, menggunakan obat nyamuk semprot juga memiliki efek samping untuk kesehatan kita.

Perlu kalian ketahui, mengusir nyamuk menggunakan obat anti nyamuk oles tidak membunuh nyamuk, tapi bekerja dengan cara mencegah nyamuk menggigit kulit. Menggunakan obat antinyamuk oles berbahan kimia memang bisa memberikan hasil yang cepat, tapi akan berdampak efek samping kepada kesehatan kalian. Bahan utama losion antinyamuk adalah DEET (diethyltoluamide) yang bisa menimbulkan iritasi pada sebagian orang. Ada beberapa cara mudah mengusir nyamuk secara alami. Cek di bawah ini.

Berikut Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Time needed: 5 hours.

Bagi kamu yang sedang mencari: “Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami“. Cara berikut ini dapat membantu kamu untuk mengusir nyamuk atau membunuh nyamuk dengan sangat alami tanpa efek samping kepada kesehatan kita semua. Untuk itu, ikuti cara-caranya di bawah ini.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Manis

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara menggunakan minyak kayu manis. Nah sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak kayu manis sendiri mampu membasmi telur nyamuk. Anda bisa menggunakannya di tempat-tempat nyamuk sering bermunculan. Campurkan 120 ml air dengan 24 tetes atau seperempat sendok teh minyak kayu manis. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol dengan penyemprot.

  2. Menggunakan Minyak Serai Wangi

    Hal kedua yang harus kalian lakukan adalah dengan cara menggunakan minya serai wangi. Minyak ini juga bisa dikenal sebagai minyak citronella ini bisa bertahan hingga 20 menit untuk mengusir nyamuk. Penelitian menunjukkan bahwa minyak serai memiliki efektivitas yang serupa dengan minyak kayu manis. Minyak serai ini bisa dibuat sendiri di rumah. 

  3. Menggunakan Minyak Kedelai

    Hal ketiga yang harus kalian lakukan adalah menggunakan Minyak Kedelai. Nah minyak yang berbahan dasar kedelai ini bisa digunakan anak-anak untuk menghindarkan mereka dari gigitan nyamuk. Minyak ini bisa memberikan perlindungan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan minyak serai, yaitu sekitar 2 jam.

  4. Menggunakan Minyak Lemon Eukaliptus

    Hal keempat yang harus kalian lakukan adalah menggunakan Minyak Lemon Eukaliptus. Minyak ini sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Bahan alami ini dapat mencegah gigitan nyamuk selama tiga jam. Meski alami, minyak lemon eukaliptus tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia tiga tahun.

  5. Mengenakan Pakaian Panjang

    Hal kelima yang harus kalian lakukan adalah mengenakan atau menggunakan pakaian panjang. Ya, menggunakan pakaian panjang sangat efektif untuk menutupi seluruh tubuh kita agar tidak digigit oleh nyamuk. Pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat agar terasa lebih sejuk. Selain itu, hindari warna pakaian yang gelap karena justru akan menarik perhatian nyamuk.

  6. Menyalakan Kipas Angin dan Menghilangkan Genangan Air

    Hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah menghilangkan genangan air di sekitar rumah dan menyalakan kipas angin saat sedang istirahat. Angin yang dihasilkan kipas angin membuat nyamuk sulit bergerak di udara.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Cara Tradisional dan Alami

Cara Lain dan Hal Yang Harus Kamu Dilakukan

Perlu diingat, selain cara-cara diatas, ada beberapa cara lain yang dapat kalian lakukan jika kalian tidak bisa membuat minyak kayu manis, minyak serai atau minyak kedelai. Cukup pakai obat nyamuk oles yang mengandung minyak citronella. Produk ini juga lebih aman digunakan oleh ibu hamil dibandingkan obat antinyamuk oles di pasaran yang biasanya menggunakan bahan aktif DEET. Nah itulah beberapa cara mengusir nyamuk secara alami.

REFERENSI
ALODOKTER

.