Minim Bekas, Ini Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami!

Selain penyakit kulit, masalah mengerikan kulit lainnya adalah ketika seseorang sedang mengalami luka akibat insiden terbakar atau kebakaran. Kulit terbakar adalah luka yang disebabkan akibat kerusakan jaringan dan kehilangan jaringan di kulit.

Luka tersebut biasanya diakibatkan oleh suhu yang terlalu dingin, terkena arus sumber listrik, bahan kimiawi, atau karena efek sebuah radiasi. Lantas, bagaimana cara mengobati luka bakar?

Bahaya Pengobatan Luka Bakar

Adanya luka bakar, dapat menyebabkan rusaknya jaringan otot, tulang, pembunuh darah ataupun jaringan epidermal yang merusak tempat akhir sistem persarafan di bagian dalam kulit. Bagaimana mengatasi luka bakar?

Gambar: Merdeka.com

Luka bakar sendiri biasanya ditandai dengan kulit memerah atau bengkak, disertai rasa sakit yang sangat luar biasa. Setelah itu, kulit akan terlihat basah, licin dan lembap. Kalau sudah terkena sebuah bakaran, maka kulit penerima akan melepuh bahkan ada yang akan menghitam kulitnya.

Untuk tindakan pertama menangani luka bakar, bagaimana cara mengobati luka bakar? Resiko luka bakar memang mengintai kapan saja, apalagi ketika sedang berurusan dengan dapur! wajib hati-hati.

Cara Mengatasi Luka Bakar

  1. Obati dengan Yogurt

    Cara mengobati luka bakar secara alami yang disarankan pertama adalah menggunakan yogurt. Tidak hanya yogurt, kamu juga bisa menggunakan susu untuk obat luka bakar. Caranya dengan menuangkan bahan tersebut langsung ke area luka.

  2. Dengan Lidah Buaya

    Obat luka bakar alami selanjutnya adalah lidah buaya. Dengan mengoleskan lidah buaya ke luka, itu berarti kamu telah menggunakan salep luka bakar alami.

  3. Madu Murni

    Sudah berapa kali dibahas kan, madu murni memiliki zat yang dapat menjadi antibakteri. Sehingga sangat baik untuk digunakan dalam pengobatan luka, madu murni memang rekomended sebagai obat luka bakar alami.

  4. Chamomile

    Apa itu Chamomile? Nah! Chamomile adalah sebuah ramuan dari racikan berbagai bahan alami.Ramuan ini bermanfaat untuk meredahkan peradangan kulit akibat terbakar.

    Untuk mengatasi kulit bengkak atau memerah, gunakanlah Chamomile sebagai obat luka alami yang benar-benar akan bekerja secara pasti sebagai cara mengobati luka bakar.

  5. Arang Aktif

    Saran obat alami untuk luka bakar terakhir adalah dengan arang aktif. Jangan salah! meskipun hitam dan terlihat mengerikan. Arang ternyata memiliki kandungan topikal yang dapat membantu menutup luka karena serpihan arang akan menempel di bagian luka.

    Tenang, arang tak akan membuat kulit kamu menjadi hitam setelah sembuh, karena arang hanya akan bekerja menusuk bagian-bagian luka di kulit. Setelah sembuh, warna arang tak akan nampak di kulit luar.


Semoga bermanfaat untuk kalian yang memang sedang mengalami luka bakar saat ini. Itulah setidaknya lima cara mengobati luka bakar alami yang paling disarankan. Kalau ada yang mau dibahas, tulis saja di kolom komentar.


Referensi: Dokter Sehat