Cara Mudah Untuk Rutin Bangun Pagi ala Orang Jepang!

Kegiatan sehari-hari memang membuat tubuh pastinya merasakan yang namanya lelah. Maka dari itu setiap orang yang hidup di dunia ini pasti memerlukan istirahat berupa tidur yang teratur.

Kalau kita rutin menjaga pola tidur pasti akan terasa nyaman setiap menjalani aktivitas setelah bangun dari tidur. Termasuk cara untuk rutin bangun pagi. Mau kan menjalani aktivitas dengan tubuh segar bugar?

Rutin Bangun Pagi Sebagai Pola Hidup Sehat

Gambar: Situs Jepang

Sayangnya, masih banyak orang yang sulit menjaga pola tidur teratur karena kurangnya kesadaran dalam kepentingan perawatan diri. Ketika kita berkaca dengan negara tetangga seperti Jepang, tingkat disiplin tinggi membuatnya patut untuk menjadi inspirasi untuk menerapkan apa yang mereka berhasil lakukan.

ARTIKEL TERKAIT
Puasa, Bau Mulut? Ini Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Salah satunya tentang masyarakat Jepang yang sudah sudah menanamkan disiplin bangun setiap pagi. Orang Jepang adalah tipe-tipe pekerja keras bahkan sangat sering bekerja melebihi jam kerja yang sudah ditetapkan.

Meski mereka terbilang sanggup bekerja hingga larut malam, mereka tetap saja mampu untuk disiplin untuk bangun tidur di pagi hari. Bagaimana caranya? Mari kita bahas.

Hal yang Membuat Orang Jepang Sanggup Rutin Bangun Pagi

Orang Jepang sendiri mempunyai sebuah konsep yang bernama Ikigai, dimana itu adalah salah satu landasan mengapa mereka bisa rutin bangun di pagi hari. Buku Awakening Your Ikigai karya Ken Mogi berisi makna yang mengatakan:

  • Menerima diri sendiri, tersambung dengan bumi, hidup untuk hari ini dan menemukan kebahagiaan dalam hal kecil
ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Meminimalisir Efek Dari Konsumsi Makanan dan Obat Kimia Secara Alami!

Berdasarkan Ikigai, Inilah Cara Agar Rutin Bangun Pagi ala Jepang

1. Sehat dengan Olahraga

Salah satu langkah untuk mengimbangi ketika bangun di pagi hari adalah dengan rutin olahraga. Aktivitas ini memang sangat banyak membawa manfaat, lakukan aktivitas olahraga seminim apapun.

Kamu bisa lakukan aktivitas-aktivitas olahraga menarik seperti joging di pagi hari setelah bangun tidur, atau sekedar melakukan joget-joget ketika baru selesai sarapan. Ingatin ya!

2. Sarapan Sehat

Makanan yang dimakan ketika sarapan adalah salah satu hal terpenting. Kandungan dalam makanan adalah sesuatu yang menentukan apakah tubuh kita mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang tepat untuk kebugaran tubuh di siang hari.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

Kalau di Jepang, orang sana sarapan dengan menyantap nasi putih atau Hakumai, dan nasi merah atau Genmai. Makanan tersebut diolah dengan cara dikukus sebagai sumber karbohidrat utama. Selain keduanya, orang Jepang juga sering sarapan dengan menggunakan bubur.

3. Aktif Berinteraksi Sosial

Langkah terakhir untuk menjaga mod adalah dengan aktif melakukan interaksi sosial. Kamu bisa ajak ngobrol seseorang secara singkat sebagai hiburan sebelum berangkat melakukan aktivitas sehari-hari.

Adapun tips dari aku pribadi, jangan terlalu sering begadang. Ada baiknya kalau kamu punya niat untuk begadang, lakukan itu ketika hari esok kamu sedang benar-benar tidak mempunyai agenda kegiatan. Misalnya di hari libur atau cuti gitu ya. Atau baca:

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menjaga Sendi dan Mengobati Rematik


Insomnia memang sangat menyusahkan, siapapun itu. Aku pribadi sendiri pernah mengalami hampir satu pekan penuh selalu seperti itu. Jadi! kesadaran untuk menjaga pola tidur teratur ada di diri kamu sendiri.