Takut Terkena Diabetes Turunan dari Orangtua? Ini Cara Mencegahnya

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh siapapun. Apa itu diabetes? Sesuatu bernama diabetes adalah sebuah penyakit yang berlangsung lama atau kronis. Yang disertai oleh kadar gula (Glukosa) darah tinggi yang di atas nilai normal.

Dalam kasus diabetes, glukosa yang menumpuk di dalam darah terjadi akibat gagal diserap sel tubuh dengan baik dan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Penyakit mengerikan ini berpotensi menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa pengidapnya.

Bagaimana Mengatasi atau Cara Mencegah Diabetes?

Sumber Gambar: Pixabay

Akan ada beberapa cara terkait cara agar tak kena diabetes meski orangtua kamu mengidapnya sekalipun. Kita juga akan bahas beberapa cara mengobati diabetes yang bisa dilakukan jika sudah terlanjur mengidapnya.

ARTIKEL TERKAIT
7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Mudah Tanpa Obat

Cara Mencegah Potensi Diabetes

  1. Cara Ampuh

    Yang paling penting sebagai cara mecegah diabetes adalah dengan rutin melakukan aktivitas olahraga. Selain membantu keseimbangan kebugaran badan, berolahraga secara rutin juga membantu menurunkan kadar gula darah, bahkan! meningkatan sensitivitas tubuh terhadap kadar gula yang tidak normal.

  2. Hindari Telat Sarapan

    Faktor untuk mencegah diabetes paling penting berikutnya adalah dengan sarapan teratur. Kalau selalu telat sarapan bahkan hanya makan satu hingga dua kali sehari, kamu bisa berpotensi terkena penyakit mengerikan tersebut.

  3. Jauhi Makanan Berlemak Berlebihan

    Salah satu cara mencegah diabetes paling ampuh adalah dengan menjaga diri dari makanan berlemak untuk menjaga diri dari kadar kolesterol jahat.

  4. Hindari Konsumi Minum Terlalu Manis

    Minuman seperti soda, dan minuman ringan lainnya adalah hal-hal yang berpotensi membuat kamu terkena diabetes.

    Hindari minuman manis yang bisa menaikan kadar gula darahmu. Cobalah untuk memilih minuman-minuman dengan rasa manis minim dan aman dari diabetes terpercaya.

  5. Rutin Konsumsi Sayuran

    Daging dan berbagai makanan berlemak lainnya memang begitu enak di mulut juga perut. Tapi dengan lebih memilih sayuran setiap hari, kamu sama saja dengan menjauhi resiko besar terkena diabetes.

  6. Pola Tidur yang Baik

    Telat tidur memang banyak berpotensi menyebabkan datangnya banyak masalah bahkan penyakit. Salah satunya dapat menyebabkan kamu terkena diabetes.

ARTIKEL TERKAIT
Hidup Sehat, Ikuti 5 Tips Ringan ini Untuk Berhenti Merokok!

Jika Diabetes datang Dari Keturunan, Bagaimana?

Gambar: Kaskus

Pemicu terkena diabetes memang ada dua macam, satu karena gagal menjaga diri seperti yang dibahas diatas tadi. Dan satunya karena faktor keturunan dari orangtua. Bagaimana cara mengobati diabetes seperti ini?

Jika sudah terbukti kena diabetes berdasarkan pemeriksan dokter, ada beberapa hal yang akan disarankan untuk dapat kamu lakukan dalam upaya mengobati diabetes turunan orangtua.

Dasarnya, kamu harus berani melakukan hal-hal signifikan seperti mengubah pola hidup, dan belajar untuk menerapkan pola makan sehat diimbangi oleh olahraga yang teratur.

Cara Mengobati Diabetes

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati diabetes, cara-cara berikut dapat meminimalisir diabetes dan perlahan-lahan menyembuhkan kamu sehingga bisa lega dari beban rasa takut penyakit mengerikan itu.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Untuk Merawat Bulu Mata Agar tak Rontok, Bersih dan Sehat Selalu!

Jaga Berat Badan

Pernah mendengar istilah Obesitas? Nah, itu adalah salah satu penyakit yang disebabkan akibat meremehkan berat badan yang terus bertambah. Begitu juga diabetes, ia akan sangat senang denganmu apabila kamu sendiri tak mau mengurus juga memperhatikan dengan baik masalah berat badan yang normal dan yang tidak normal.

Banyak Beraktivitas

Cara mengobati berikutnya serupa dengan cara mengatasi diabetes yang sudah dibahas tadi. Untuk bisa perlahan sembuh dari diabetes, cobalah untuk rutin melakukan berbagai aktivitas fisik dari pada menonton televisi atau bermain game di komputer. Berolahraga adalah Alternatif terbaik.

Berhenti Merokok

Oke, tiba di cara mengobati yang terakhir. Berhenti Merokok adalah salah satu hal yang memang masih terbilang sangat sulit untuk dilakukan. Bahkan, kamu bingung harus mulai darimana. Mungkin ada baiknya untuk kamu membaca ini > Cara mudah berhenti merokok.

ARTIKEL TERKAIT
Ini Cara Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati!

Aku yakin, kalian semua yang sedang membaca artikel ini pasti lebih memilih hidup sehat tanpa penyakit. Daripada hidup nyaman dan santai, tapi potensi penyakit dimana-mana. Kemalasan adalah salah satu penyebab datangnya penyakit paling besar.

Maka dari itu, buatlah diri kamu bermanfaat dengan melakukan berbagai aktivitas positif. Kalau hanya melihat orang dan berangan-angan tanpa melakukan aksi, semuanya akan percuma! mau sampai kapanpun.


Referensi: Hellosehat