Inilah Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang!

Bagi kamu yang sering jalan-jalan dan berpetualan mencari konten Edukasi atau Hiburan di Youtube, pernah tidak kalian kepikiran bagaimana sang kreator atau si Youtuber dapat uang. Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? Mari kita bahas sampai terungkap.

Youtube Adalah Gudang Berkarya dan Tempat Mencari Uang

Bagaimana sosok seperti Pewdiepie bisa menjadi Milyarder hanya dengan membuat video dan mengunggahnya ke Youtube lalu mendapatkan uang? Jawabannya adalah, Iklan.

ARTIKEL TERKAIT
Pengen Reshare? Begini Cara Mudah Download Video di Facebook

Kalau kamu pernah dan bahkan sering menonton video Youtube, mungkin kamu menyadari ada iklan di bagian samping video, atau di bagian video, dan mungkin sebelum video dimulai ada iklan yang bisa di skip.

Slot Iklan atau Ad Space

Nah yang aku maksud tadi, itu namanya adalah slot iklan atau Ad Space yang dijual oleh Youtube. Bagaimana metode atau cara kerjanya? Harga untuk slot tersebut tentu berbeda-beda.

Misalnya seperti iklan di bagian samping, itu relatif lebih murah di banding iklan yang muncul sebelum video dimulai! atau Skippable Video Ads, itu bisa cukup atau lebih mahal.

Pembagi Hasil Youtube dan Konten Kreator

Ketahuilah, sekitar 45% dari uang-uang tersebut dialihkan atau jatah untuk Youtube, dan sisanya untuk sang kreator atau yang disebut Youtubers. Mereka para kreator memiliki CPM yang berbeda.

ARTIKEL TERKAIT
Butuh Uang? Ini 5 Cara Mudah Mendapatkan Uang Hanya dengan Smartphone

CPM adalah Cost Per Thousand, artinya! setiap orang yang menonton videonya, ia akan mendapatkan sejumlah uang tertentu. Misalkan kalau CPM seorang kreator adalah 5 dolar, artinya setiap 1000 kali iklan videonya ditonton maka ia akan mendapatkan 5 dolar.

Setelah Youtube mengambil 45% bagian mereka, sang kreator akan mendapatkan sisanya sekitar 2.75 dolar. Bagi kamu yang ingin menjadi kreator baru, mungkin kamu berpikir! kalau Views atau jumlah tontonan videomu mencapai satu juta Views, artinya kamu dapat 2.750 dolar? No.

Bagaimana Cara Youtuber Menghasilkan Uang, atau Bagaimana

Langkah pertama untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, kamu harus menjadi Youtube Partner. Dimana syarat untuk menjadi Youtube Partner adalah seperti berikut:

  • Memiliki Konten Original dan Bersahabat Sehingga Bisa Diterima di Mata Youtube
  • Memiliki Minimal 1000 Subscribers
  • Sudah Mendapatkan 4000 Jam Total Watch Time (4000 Jam Kali Tontonan)
ARTIKEL TERKAIT
5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Merawat Laptop Agar Tetap Awet!

1. Sudah Menjadi Youtube Partner

Sumber Gambar: Youtube

Kalau sudah memenuhi Kriteria ini, kamu bisa mulai mengajukan permohonan menjadi Youtube Partner untuk mendapatkan status Monetises di Channel Youtube milikmu.

Kalau sudah mendapatkan email dan menjadi Youtube Partner, kamu sudah bisa disebut dengan Youtuber. Youtuber hanya mendapatkan uang dengan Monetized Views.

Hal itu adalah ketika penonton yang nonton betul-betul klik iklan atau benar-benar menonton iklan bersama videonya sampai habis. Youtube tidak menjual iklan di setiap video, tidak semua video mempunyai Skippable Ads di awalnya atau kita semua pasti frustasi.

2. Memiliki Adsense yang Terikat ke Channel Monetized

Gambar: 9to5google.com

Akun Adsense adalah salah satu program resmi dari Google dimana akun tersebut berfungsi sebagai layanan mengatur iklan dan akun untuk mendapatkan akses dan laporan penghasilan iklan yang tayang di Youtube.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Bisnis Mobil yang Mudah, Bisnis Rental dengan Modal Kecil

Misalkan 1.000.000 yang menonton videomu, mungkin hanya sekitar 250.000 yang Monetises. Jadi kamu sang kreator tidak mendapat 2.750 dolar, tapi kamu mendapat sekitar 687.5 dolar saja.

Itu kalau CPM kamu adalah 5 dolar, kalau CPM mu hanya dua dolar? Ya berarti 1.000.000 Views dan sekitar 250.000 yang Monetises, berarti kamu mungkin dapat sekitar 500 dolar dan setelah Youtube mengambil 45% nya! kamu hanya mendapatkan hasil 275 dolar saja.

3. Engagement

Untuk mendapatkan banyak Views, bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan Engagement, yaitu dengan menyerukan Like, Koment dan ajakan untuk Subscribe, karena hal-hal itu berpengaruh besar terhadap Views.

Kalau kamu punya Subscribe yang banyak, maka akan besar pula potensi mendapatkan Views yang banyak. Subscribe itu adalah para pelanggan ya, dimana mereka-mereka yang menjadi Subscribers akan mendapatkan Notifikasi dan direkomendasikan untuk menonton setiap videomu.

ARTIKEL TERKAIT
Antisipasi Berkacamata, Ini 4 Cara Mengatur Kecerahan di Komputer dan Laptop yang Baik!

4. Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Metode Lain!

Selain fitur Monetized dan Adsense, ada metode lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang di Youtube.

Salah satunya adalah dengan menjual Merchandise, yaitu barang-barang dan produk seperti sepatu, baju, poster, itu semua sangat menguntungkan sebagai Alternatif cara menghasilkan uang dari Youtube berikutnya.

kalau punya banyak Subscribers, kamu bisa menjadikan Youtube sebagai tempat promosi terbaik untuk mendapatkan konsumen dari Audiens yang sudah berhasil kamu bentuk.


Baca juga: Cara menghasilkan uang dengan santai ala Milenial


Ada juga cara lainnya, yaitu dengan mendapatkan Product Placement atau Brand Deals, atau yang sangat familiar disebut dengan Endorse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menulis Konten yang Baik dan Mudah Dibaca!

Yaitu menghasilkan yang dari Youtube dengan mempromosikan barang milik orang lain atau sebuah produk terkenal dengan diskusi harga dan ketentuan sebelum deal. Semoga ini menjawab kebingungan kamu tentang bagaimana sih cara para Youtuber mendapatkan uang di Platfrom Youtube.


Itu saja tentang bagaimana Youtubers mendapatkan hasil dan uang dari Youtube, semoga kamu mencoba terjun ke Platfrom tersebut dengan karya yang Informatif atau setidaknya menghibur dan bermanfaat bagi orang lain.