Begini Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang Baik, Jagalah Sistem Pencernaan!

Cara menjaga kesehatan Lambung penting dilakukan untuk merawat diri dari berbagai resiko penyakit berbahaya. Lambung sendiri adalah salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh, organ ini berperan penting dalam sistem pencernaan. Itulah pentingnya keberadaan lambung.

Resiko dan Penyakit Ketika Gagal Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung memiliki fungsi besar dalam berperan di sistem pencernaan, salah satunya untuk menyimpan dan mencerna makanan secara mekanik ataupun kimiawi.

ARTIKEL TERKAIT
Ingin Terlihat Cerah dan Merona? Begini Cara Merawat Wajah yang Tepat

Selain itu, lambung berfungsi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya, menyerap nutrisi, bahkan mengontrol hormon.

Gambar: Klikdokter

Jika seseorang sudah terlanjur gagal dalam merawat dan menjaga kesehatan lambung, organ tersebut bisa terganggu fungsi utamanya. Selain itu, gagal menjaga kesehatan lambung juga memicu berbagai gangguan fungsi di orang sistem pencernaan lain.

Salah satu gangguan nyata akibat gagal menjaga kesehatan lambung adalah seperti penyakit asam lambung (GERD), maag, dispepsia, tukak lambung dan bahkan berpotensi terkena kanker lambung itu sendiri.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang Tepat

Menjaga dan merawat lambung berarti harus memperhatikan beberapa hal penting mulai dari makanan dan kebiasaan sehari-hari. Untuk membuat tubuh terjaga dengan baik dari penyakit berbahaya, inilah cara menjaga kesehatan lambung yang tepat:

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Aman, Tampil Pede dengan Kelek Kinclong!

1. Asupan Makanan yang Sehat

Hal terpenting dalam merawat lambung adalah dengan menjaga asupan makanan yang tepat bagi tubuh. Hindari makanan yang membahayakan lambung seperti makanan terlalu pedas, terlalu asam, dan makanan mengandung lemak jahat.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat untuk asupan baik bagi organ yang bernama lambung.

2. Cara Mengunyah yang Benar

Hal penting yang harus diperhatikan berikutnya dalam merawat lambung adalah dengan mengunyah makanan dengan benar. Hal itu dilakukan agar sistem pencernaan dan lambung bisa terus berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk tidak memelihara kebiasaan makan sambil melakukan kegiatan lain, atau mengunyah makanan secara terburu-buru.

3. Asupan Air

Selain untuk menjaga kesehatan ginjal, paru-paru dan jantung, minum banyak air putih juga menjauhkan lambung dari penyakit berbahaya. Setidaknya, atau minimal! konsumsilah delapan gelas air mineral sehari.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

4. Jangan Telat Makan

Selain memperhatikan asupan air putih, mementingkan asupan makanan tepat waktu juga adalah metode yang wajib dilakukan untuk mencegah gangguan lambung. Cobalah agar selalu sarapan, makan siang, dan makan malam di jam yang tepat. Hindarilah makan di waktu yang telat.

5. Minimalisir Konsumsi Kafein

Tahukah kamu, kandungan Kafein adalah zat yang memicu produksi asam lambung, cobalah untuk menghindari minuman seperti kopi yang berpotensi memunculkan penyakit maag. Batasi dan jaga konsumsi kafein yang benar. Hal ini adalah salah satu cara merawat lambung yang baik.

6. Minimalisir dan Berhenti Merokok

Kalau seseorang adalah tipe perokok aktif, tentu besar kemungkinan ia akan terkena berbagai kemungkinan penyakit lambung, paru-paru dan ginjal. Bukan hanya bagi perokok aktif loh, perokok pasif juga beresiko terkena penyakit paru-paru ketika tak sengaja atau sesekali menghirup asap rokok. Pikirkanlah sendiri bahaya rokok bagi lambung olehmu.

ARTIKEL TERKAIT
Mau Putih Mulus? Ikuti 5 Cara Alami yang Ampuh Ini Untuk Menghilangkan Bulu Kaki!

Baca juga:


7. Rutin Olahraga dan Beraktivitas

Lambung juga adalah salah satu organ dalam tubuh yang membutuhkan latihan yang sama dengan ginjal, paru-paru dan bahkan jantung sekalipun. Kesehatan tubuh dapat dijaga dengan rutin berolahraga. Setidaknya 3 kali dalam seminggu. Selain itu, lakukan aktivitas bermanfaat lainnya.


Tidak membiarkan otak atau pikiran stres dan menjaga pola istirahat tubuh yang baik juga adalah cara menjaga kesehatan lambung yang wajib dilakukan, kalau kamu mau terus hidup sehat bersama sistem pencernaan yang terus berfungsi dengan baik, semoga bermanfaat.


Referensi: Doktersehat