Jangan Risau, Ini 5 Cara Jitu Untuk Mengusir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu binatang yang mempunyai potensi besar dalam membawa penyakit ke dalam rumah serta menghantui keluarga kita. Setidaknya sekali saja, rumah kamu pasti pernah kedatangan mahluk menggelikan yaitu tikus.

Binatang kotor penghuni gudang dan kotak sampah ini memang senang sekali membuat masalah dengan masuk bersama hawa penyakit yang dibawanya ke dalam rumah. Bahasan berikut adalah beberapa upaya terkait upaya dan cara untuk mengusir tikus.

Penyakit yang Disebabkan Oleh Tikus

Gambar: BBC

Bagi yang belum tau, pasti akan bertanya apa saja penyakit yang dapat disebabkan oleh tikus? Selain hobi merusak dan mengacak-acak barang di dalam rumah, tikus dapat membawa penyakit kecil hingga yang berbaya sekalipun. Seperti penyakit-penyakit yang disebabkan tikus berikut.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

Leptospirosis

Leptospirosis adalah sebuah istilah dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri berupa spiral yang bisa menular ke hewan lain, termasuk juga manusia. Penyakit ini bisa disebabkan saat kamu sedang terluka, lalu secara tak sengaja menyentuh langsung air atau tanah yang mengandung urin atau darah tikus.

Penyakit yang disebabkan tikus ini memiliki beberapa dampak menyeramkan. Seperti menyebabkan peradangan selaput otak, gangguan pernapasan, bahkan merusak ginjal dan menyebabkan kematian.

Hantavirus

Penyakit yang disebabkan tikus berikutnya adalah Hantavirus. Dimana penyakit tersebut terlihat mirip dengan flu, bedanya! penyakit ini mampu berkembang dengan cepat dan membuat masalah pernapasan yang mengancam nyawa penderitanya.

Parahnya penyakit berlanjut dengan datangnya demam, muntah-muntah, diare, bahkan sakit perut yang selalu datang. Jika tak melakukan cara mengusir tikus yang tepat, maka keluarga kalian dapat resiko terkena penyakit bernama Hantavirus ini.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

Cara Mengusir Tikus paling Ampuh

Gambar: Merdeka

Dua jenis penyakit tadi adalah penyakit-penyakit disebabkan oleh datangnya binatang serupa hama yang bernama tikus. Jadi, jangan pernah meremehkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh binatang kotor berbulu tersebut. Ikuti upaya-upaya berikut sebagai cara mengusir tikus yang tepat.

1. Pelihara Kucing

Bagi kalian yang belum tau, sejak dulu binatang peliharaan imut yaitu kucing! adalah musuh besar tikus. Kucing dapat membunuh tikus dengan cekatan, karena mahluk gemes tersebut memang sensitif terhadap gerakan tikus. Kalau tidak alergi terhadap bulu kucing, ada baiknya kamu gunakan ia sebagai penjaga rumah dari gerombolan tikus.

2. Dengan Minyak Esensial

Sama seperti nyamuk, tikus juga membenci bau-bau harum yang berfungsi sebagai pewangi dan penyegar ruangan. Apalagi kalau kamu menyemprotkan atau sekedar menumpahkan minyak Esensial ke bola kapas dan meletakannya ke titik-titik yang sering dilalui oleh tikus.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

3. Gunakan Perangkap Tikus

Cara mengusir dengan menimbulkan rasa takut dan membuat jera tikus dapat dilakukan dengan meletakan perangkap tikus tepat di sudut-sudut rumah yang menjadi tempat tikus melintas.

Tentunya, makanan kesukaan si tikus diperlukan agar dapat membuatnya terperangkap. Perangkat yang digunakan adalah perangkap menjepit yang bahkan bisa membunuh si tikus.

4. Siaga Racun Tikus

Langkah ampuh yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengusir tikus berikutnya adalah dengan membeli racun khusus tikus. Dimana obat tersebut berisi kandungan yang bisa membuat mulut atau penciuman hidung si tikus rusak dan membuatnya kesulitan bernafas. Kalau berhasil membunuhnya, anggap saja balas dendam ya kan.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

5. Hubungi Spesialis Pengusir Hama

Cara paling ampuh dan efektif adalah dengan menelpon pakar atau spesialis hama. Dengan cara serta saran lanjut yang akan mereka berikan, maka berikutnya kamu dapat melakukan antisipasi sendiri. Mengusir tikus memang adalah salah satu tugas besar spesialis hama.


Lebih baik mencegah daripada mengobati, sama halnya dengan kedatangan tikus. Kalau kamu mampu menjaga kebersihan lingkungan serta membuat aromanya terus terjaga, pastinya tikus tak akan betah untuk datang atau sekedar lewat ke areamu.

Semoga beberapa tips sebagai kata lain dari cara mengusir tikus tadi benar-benar bermanfaat. Sekali lagi, jangan malas untuk menjaga kebersihan. Lakukan pembersihan area yang sekiranya jauh dari jangkauan tempat biasa duduk, seperti gorong-gorong pinggir rumah, ataupun loteng berlubang yang sudah terlihat banyak sawang.

ARTIKEL TERKAIT
Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

Cara mengusir tikus paling ampuh adalah dengan mampu untuk menaklukan area kotor. Kalau kamu tak meletakan undangan, tikus pun tak akan pernah datang ke tempat-tempat kotor yang mengundangnya.


Referensi: Hellosehat