Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Ketika sedang berada di fase dimana kondisi cuara berada di Musim Hujan, kalau kamu tidak menyiapkan diri maka akan terkena potensi berbagai penyakit seperti pilek dan flu. Mau itu kendala besar atau kecil, tetap saja menjadi suatu masalah.

Termasuk masalah hidung mampet alias Hidung Tersumbat. Aku yakin setidaknya satu kali, kalian pasti pernah mengalami yang namanya hidung tersumbat. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat? Berikut adalah beberapa cara mudah mengatasi hidung mampet.

Hidung Tersumbat atau Mampet

Gambar: Kumparan

Ganggung semacam hidung tersumbat bisa dialami siapa saja dan umur berapa saja, mau itu bayi sekalipun. Ketika kita sedang mengalami yang namanya hidung mampet atau tersumbat, tak perlu bantuan orang lain.

ARTIKEL TERKAIT
Sering Mengalami Pusing dan Mual? Begini 7 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Anda

Secara mandiri, inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat biasanya dialami setelah seseorang terkena flu dan pilek.

Penyebabnya adalah pasti akibat lendir atau yang biasa disebut dengan ingus, yang harusnya keluar dari hidung tetapi mengendap dan tertahan akibat kondisi cuaca dingi, sehingga membuat seseorang sulit untuk bernapas.

Bagi kamu yang saat ini sedang mengalaminya, ikuti beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat berikut (cara mengatasi hidung mampet). Beberapa cara bisa kamu lakukan, mulai dari mengatasi hidung mampet tanpa biaya, hingga mengeluarkan beberapa biaya untuk obat efektif.

Paling Efektif, Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

  1. Dengan Minuman Hangat

    Dengan minuman hangat, berarti kamu menyediakan lawan dari cuaca hujan yang begitu dingin. Minuman hangat dapat membuat lendir yang mengendap menjadi encer sehingga bisa membuatnya keluar dari hidung.

    Minuman hangat yang bisa kamu minum berupa air putih hangat biasa, teh hangat, jahe lemon atau minuman hangat dan enak yaitu lemon tea hangat.

  2. Hirup Uap Air Hangat

    Satu lagi Alternatif yang mirip seperti cara mengatasi hidung tersumbat pertama tadi, yaitu dengan menghirup uap air hangat. Menghirup uap dapat melegakan keadaan hidung yang tersumbat sehingga membuat lendir atau hingus cair dan keluar dari si hidung.

  3. Minyak Kayu Putih

    Cara ketiga adalah dengan menggunakan tetes minyak kayu putih, oleskan ke dalam dan area sekitaran hidung. Obat dari cara mengatasi hidung tersumbat ini adalah cara yang aman, karena kandungan minyak kayu putih berasal dari rempah alami.

  4. Mengompres Hidung dengan Air Hangat

    Langkah mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan menyiapkan handuk kecil atau bisa juga sebuah sapu tangan, lalu celupkan ke air hangat! terakhir, letakan handuk tersebut ke hidung.

    Mengompres hidung seperti itu adalah salah satu Alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara tersebut juga bisa kamu terapkan ke bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat.

  5. Konsumsi Makanan Pedas

    Pernahkan kamu mengidamkan sesuatu yang pedas untuk bisa dimakan ketika sedang sakit? Nah, itu merupakan tanda tubuh memang sedang memerlukan makanan pedas.

    Selain sebagai Alternatif yang sehat (bila makanan pedas yang dikonsumsi juga sehat), mengobati hidung tersumbat dengan cara ini adalah hal yang asik untuk dilakukan.

    Pedasnya jangan terlalu berlebihan, karena dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti mencret. Ngidam makanan pedas lalu melakukan eksekusi, adalah cara mengobati hidung tersumbat yang menyenangkan.

ARTIKEL TERKAIT
Kecelakaan? Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Merawat Luka Lecet

Alternatif lain > Cara mengobati berbagai penyakit dengan jari-jemari


Kalau sedang mengalami hidung tersumbat alias mampet, jangan dibawa emosi. Lakukan cara-cara diatas sebagai Alternatif terbaik kalau kamu kebingungan memikirkan cara mengatasi hidung tersumbat paling mudah apa yang bisa kamu perbuat.


Semoga kelima cara mengatasi hidung mampet diatas bermanfaat. Bagi kamu yang sedang mengalami pilek atau flu, jangan keluar rumah dan melakukan aktivitas yang dapat memperparah keadaan. Untuk kamu yang sedang mengalami hidung mampet, semoga lekas sembuh ya.