Resep

Resep Sate Ayam Rembang, Lauk atau Cemilan Maknyus!

Resep Sate Ayam Rembang adalah makanan enak yang menggunakan bumbu unik yaitu perpaduan gula merah, asam jawa, dan santan untuk merendam daging. Rasanya sate ini begitu gurih dan manis sehingga cocok untuk kalangan apa saja, entah itu anak-anak ataupun orangtua.

Bahan Untuk Membuat Sate Ayam Rembang

  • 400 Gram fillet ayam
  • Satu sendok garam
  • Setengah sendok merica bubuk
  • 15 buah cabai merah
  • Empat sendok gula merah
  • Sesendok asam jawa
  • 250 Mili liter santan, dari
  • Sebutir kelapa tusuk satai

Cara Membuat Makanan Maknyus dari Resep Sate Ayam Rembang

Total Waktu: 30 menit

Ayam

Langkah pertama, irislah fillet ayam 1 x 2 x 3 cm, lalu lumuri dengan setengah sendok garam dan merica dan sisihkan sebentar.

Buang Biji

Berikutnya, buanglah biji cabai lalu kemudian rebuslah. Gerus cabai bersama gula merah, begitu juga dengan garam dan asam jawa hingga halus.

Masak

Tahap beriktunya, masukkan ke dalam wajan bersama santan dan jerangkan di atas api. Masak hingga santan berminyak dan mengental, masukkan potongan daging ayam lalu aduklah sampai daging ayam kaku, cepat-cepat angkat jangan sampai terlalu lama.

Finishing

Tusuk tiga hingga empat potong daging ayam dalam setiap tusuk sate. Lakukan hal serupa terus-menerus hingga bahan habis.

Penyajian

Tahap terakhir, panaskan pemanggang di atas bara api dan taruhkan sate ayam di atasnya, lalu panggang sambil olesi bumbu santan hingga baunya harum dan cukup matang, kalau sudah silahkan angkat dan hidangkan selagi masih hangat dan masih sedap-sedapnya.

Baca Juga:


Estimasi waktu sekitar kurang lebih 30 menit (setengah jam) yang dimaksud tadi adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan setidaknya untuk membuat 15 hingga 20 tusuk sate ayam rembang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk membuat resep dari sate yang bisa dijadikan lauk atau cemilan ini di rumah.


Referensi: Primarasa

Artikel ini terakhir kali diubah pada 7 Agustus 2021 1:12 pm

Bagikan