Resep Bakwan Sayur yang Renyah dan Tahan Lama!

resep bakwan sayur

Orang Indonesia itu suka banget dengan yang namanya gorengan dan salah satu di antaranya adalah bakwan. Biasanya gorengan seperti pisang goreng, tahu isi dan bakwan harus dimakan saat masih panas agar tidak alot atau keras. Oleh karena itu banyak orang yang mencari resep bakwan sayur renyah tahan lama.

Gorengan memang diminati oleh penduduk Indonesia. Selain karena harganya terjangkau, pembuatannya juga sangat mudah sehingga bisa mengerjakan sendiri di rumah. Tak hanya untuk camilan, bakwan sayur bahkan sering dijadikan pengganti lauk untuk makan nasi, lontong pecel atau mie goreng.

Oleh karena itu, kali ini Dafunda Resep akan membagikan cara membuat bakwan sayur dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gorengan ini.

Bahan Resep Bakwan Sayur

resep bakwan sayur bahan

Sebelum memulai membuat bakwan sayur, persiapkan terlebih dulu bahan-bahan di bawah ini:

  • 1 butir telur ayam
  • 250 g kol, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • 5 siung bawang putih, diparut
  • 150 g wortel, potong kotak tipis
  • 175 g tepung terigu
  • 250 ml air
  • 250 ml minyak sayur

Cara Membuat Bakwan Sayur

  1. Buat Adonan

    Masukkan tepung terigu, penyedap rasa dan air. Lalu aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal.

  2. Tambah Sayuran

    Tambahkan telur dan bawang putih, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan sayuran seperti kol, wortel, dan daun bawang. Aduk kembali.

  3. Goreng Bakwan

    Gunakan sendok makan untuk mengambil adonan, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas. Masukkan secara perlahan dari sisi penggorengan yang dekat dengan permukaan minyak. Setelah warna agak keemasan, angkat bakwan sayur lalu tiriskan agar minyak turun. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.

  4. Sajikan Bakwan Sayur

    Setelah semuanya selesai, sajikan bakwan sayur bersama saus pedas. Hmm yummy!

ARTIKEL TERKAIT
5 Resep Nasi Goreng Lezat, Walau Sederhana Tapi Bikin Nagih!

Demikianlah resep bakwan sayur yang renyah dan tahan lama. Mudah banget kan buatnya? Kamu juga bisa memasak camilan lainnya seperti perkedel tahu yang lembut banget. Semoga resep kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk memberikan tanggapan di kolom komentar ya.


Referensi: Masak Apa Hari Ini?