Cara Menulis Konten yang Baik dan Mudah Dibaca!

Membuat konten-konten di Internet harus memperhatikan berbagai hal yang sangat penting, sebagai konten berisi Hiburan dan Informatif! cara penyampaian yang ada di dalam konten harus tepat.

Hal tersebut perlu dilakukan demi membuat Audiens nyaman dan betah. Salah satunya adalah dalam membuat Content Writing.

Dan berikut Dafunda Cara berbagi tips tentang cara menulis konten yang baik dan mudah dibaca. Terkait dengan cara membuat konten informatif di blog, koran berita, dan situs media di internet.

Mengapa Perlu Menulis Konten yang Mudah Dibaca?

Image: Beritasatu

Dalam sebuah artikel, pentingnya menulis konten yang mudah dibaca karena orang-orang yang akan membaca tulisan kamu bisa membaca dan memahami isi tulisan dengan mudah.

ARTIKEL TERKAIT
5 Channel Youtube Terbaik yang Mengajarkan Berbagai Cara Belajar Untuk Menjadi Programming!

Kamu aja ketika membaca sebuah informasi di buku atau situs artikel, pasti pengen banget isinya itu mudah dipahami ya kan. Supaya informasi atau sesuatu yang kamu cari bisa ketemu. Bagaimana cara menulis konten yang mudah dibaca? Yuk kita bahas.

Membuat Tulisan Scanable

Image: Digitaltrends

Apa itu Scanable? Scanable adalah sebuah konten yang dapat dipindai. Contoh, misalnya kamu sedang berada di sebuah toko buku untuk membeli sebuah buku. Di toko tersebut, pastinya terdapat buku yang sekiranya menarik dari sampul dan judulnya ya kan.

Kebetulan juga, kamu sudah mempunyai sampel buku-buku menarik tadi. Untuk menghemat waktu yang terbatas, kamu kemungkinan akan melakukan hal-hal ini:

  • Membuka beberapa halaman
  • Membaca sekilas
  • Memberikan perhatian yang lebih pada bagian halaman tertentu yang berbeda dengan halaman lain.
ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Pekerjaan Santai ala Milenial Masa Kini!

Itu tadi adalah sebuah Ilustrasi terhadap informasi yang ada di buku. Hal-hal itu juga berlaku terhadap majalah, blog, email dan media-media yang bisa memuat konten berupa tulisan. Contohnya saja Dafunda.com dan salah satu cabang bagian yang sedang kalian kunjungi saat ini, Dafunda Cara.

Bagian diatas tadilah yang disebut proses Scanning atau pemindaian. Sedangkan konten yang akan kamu buat adalah konten yang Scanable atau bisa dipindai, itulah tugas kamu. Mengerti sampai disini?

Cara Menulis Konten Yang Baik dan Mudah Dibaca!

  1. Menggunakan Sub Heading

    Cara menulis konten yang mudah dibaca pertama adalah dengan menggunakan sub heading (judul cabang). Mengapa perlu menggunakan hal itu?

    Karena sub heading fungsinya adalah untuk membantu pengunjung atau pembaca dalam mengetahui poin-poin inti terhadap topik yang dibahas. Misalnya saja artikel tentang Apa itu Otaku yang ada di Dafunda Otaku.

  2. Meminimalisir Paragraf

    Meminimalisir disini maksudnya bagaimana? Yaitu dengan menjaga agar paragraf tetap pendek. Kita ambil contoh di Koran, perhatikan paragraf-paragraf yang terdapat disana. Kalau kamu perhatikan, Koran hanya memuat paragraf hanya dengan 1-3 kalimat saja.

    Hal tersebut dilakukan untuk membuat pembaca lebih cepat dalam mencerna informasi yang memang harus mereka dapatkan. Selain itu, melakukan hal tersebut juga membuat konten kamu terlihat dan terkesan bersih.

  3. Listicle

    Apa yang dimaksud Listicle? Hal itu adalah sesuatu yang perlu dilakukan karena menguntungan diantara:


    Membuat konten yang kamu buat menjadi terlihat rapi dan menarik. Memberi pembaca Visual Break, atau jeda visual.

    Dan satu lagi, menggunakan List juga adalah salah satu cara untuk membuat pembeda, yaitu hal yang membuat pembaca berhenti sejenak untuk mencerna bagian-bagian inti yang kamu buat terpisah satu per satu.

  4. Gunakan Ilustrasi Visual (Gambar dan Embed) yang Relevan dan Berkualitas

    Berikutnya, hal yang sangat-sangat perlu diperhatikan adalah penggunaan Ilustrasi Visual berupa gambar ataupun video yang harus benar-benar cocok atau Relevan terhadap topik yang dibahas.

    Selain itu, perlu juga Ilustrasi Visual yang dimuat tidak mudah membuat bosan pembaca. Maka dari itu, ini salah satu tugas penting yang harus kamu ingat dalam membuat konten yang menarik dan mudah dipahami.

  5. Pengguaan Font yang Memanjakan Mata

    Yang dimaksud dari cara terakhir adalah cara membuat konten yang mudah dibaca dengan menggunakan format tulisan yang menarik. Format (Font). Hal tersebut sangat perlu diperhatikan karena Font juga menentukan kenyamanan pembaca dalam merasakan nuansa atau tampilan konten yang kamu buat.

    Yang dimaksud adalah perlunya kamu dalam memperhatikan pemilihan jenis, warna, ukuran dan konsistensi Font yang tepat untuk memuluskan kualitas konten.

ARTIKEL TERKAIT
Gimana Sih Jadi Gamer Jago dan Profesional? Ini Caranya

Yang pasti! kenyamanan pembaca adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, perlunya memperhatikan hal-hal penting seperti membuat konten dengan cara yang baik juga mudah dibaca. Kita nyaman membuat konten, pembaca apalagi.

Yo, itulah beberapa hal yang sangat-sangat perlu diperhatikan dalam membuat konten yang baik dan mudah dibaca, entah itu ketika membuat konten artikel di koran, buku, ataupun di media artikel yang memuat konten hiburan dan informatif. Ngobrol yuk, di kolom komentar.


Referensi: Blog Kirim Email