Habis Makan Pedas Sakit Perut? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Makanan pedas digemari banyak orang, bahkan ada yang doyan komsunsi makan pedas sampai berporsi-porsi. Sayangnya, makanan pedas dapat menimbulkan masalah pada bagian perut seperti rasa sakit dan sensasi melilit pada area perut. Bagaimana cara mengatasi sakit perut tersebut?

Rasa sakit pada perut setelah makan pedas tersebut dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.


Baca Juga:


Untuk mencegah iritasi akibat capsaicin, dinding lambung memproduksi lendir khusus. Jika terlalu banyak atau terlalu sering makan pedas, paparan capsaicin akan membuat lendir khusus itu tak terlalu ampuh melindungi sehingga menimbulkan rasa sakit pada perutmu.

Bagaimana Mengatasinya?

Kompres Hangat

Salah satu dari rangkaian cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan kompres hangat. Cara ini memang tak mengatasi sakit perut secara langsung.

Namun, sensasi hangat yang kamu rasakan perlahan akan dialihkan dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

Cobalah dengan membasahi kain lap dengan air hangat, atau gunakan botol berisikan air hangat, atau heating pad dan tempelkan ke bagian perut saat sakit mulai terasa, jangan gunakan terlalu lama agar kulit iritasi.

Rebusan Jahe

Jahe memang adalah salah satu bahan alami yang telah lama dikenal bermanfaat dapat meredakan rasa sakit pada perut. Senyawa antiradang pada jahe dapat meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, hingga irritable bowel syndrome atau IBS.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menjaga Sendi dan Mengobati Rematik

Kamu bisa membuat rebusan jahe dalam berbagai bentuk. Kamu pun bisa mencampurnya dengan teh, mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, atau mengolahnya dengan cara yang paling sederhana, yakni direbus.

Teh Chamomile

Teh chamomile juga adalah bahan alami yang memiliki senyawa pereda peradangan, selain itu teh ini juga dapat merangsang pengeluaran gas, serta merilekskan otot saluran pencernaan. Cara mengatasi sakit perut.

Makanan dan Minuman Pelarut Capsaicin

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi perut sakit setelah makan pedas adalah dengan menghilangkan penyebab yang sudah kita bahas tadi, yaitu capsaicin. Pilihlah makanan dan minuman yang dapat melarutkannya.

Misalnya dengan rajin mengkonsumsi susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun. Roti dan nasi tidak dapat melarutkan capsaicin, tapi setidaknya mampu menyerap senyawa ini dengan baik.

ARTIKEL TERKAIT
Atasi Jerawat dengan Skin Care Low Budget Berikut

Campuran Lemon dan Madu

Mengatasi sakit perut akibat rasa pedas yang terakhir adalah dengan menggunakan madu dan lemon. Cobalah untuk meminum campuran lemon dan madu. Campuran ini dapat meredakan pedas pada mulut.

Madu sendiri mengandung butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sedangkan lemon yang bersifat asam dapat menetralisasi capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Namun hati-hati untuk yang memiliki penyakit lambung.


Suka pedas boleh saja, asal tidak menkonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan dampak jangka panjang pada lambung. Jika rasa sakit pada perut tidak juga berkurang, segera periksakan ke dokter.


Referensi: Hellosehat