Cukup Lakukan di Rumah, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Efektif Untuk Membakar Kalori!

Salah satu hal pasti tujuan dari program diet adalah untuk cara membakar kalori. Biasanya, hal itu dominan dengan melakukan aktivitas olahraga di Gym. Tapi tahukah kamu, ada beberapa aktivitas sehari-hari yang cukup untuk bakar kalori loh.

Nyaris mempunyai efek yang sama, beberapa kegiatan ringan berikut ini juga bisa dilakukan di rumah saja, apalagi untuk kaum perempuan! Ini rekomended. Asal ada kemauan dan menjadikannya rutinitas.

Cara Membakar Kalori dengan Aktivitas Sehari-Hari

Dasarnya, hal yang kita bahas ini adalah sebuah aktivitas atau kegiatan fisik yang kalau rutin dilakukan! Maka memiliki fungsi positif. Badan jadi semangat, dan rasa malas pun terusir. Setidaknya setengah jam setiap hari, inilah tips-tips yang direkomendasikan:

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Untuk Mengobati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total!

1. Membersihkan Rumah

Kegiatan membersihkan rumah dan lingkungan adalah sesuatu yang dilakukan agar area yang kita tempati bersih dari debu dan kuman. Tapi tahukah kamu, rajin melakukan aktivitas ini juga mendorong tubuh agar untuk melakukan aktivitas lain.

Sebagai gambaran, kamu yang memiliki berat badan 70 kg dapat membakar sekitar 85-100 kalori tubuh, hanya dengan membersihkan rumah selama 30 menit. Tentu kabar ini bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam membersihkan rumah bukan?

2. Memasak

Kegiatan masak selama setengah jam atau 30 menit, setidaknya dapat membakar 80 kalori, mantap bukan? Tentu. Aktivitas memasak yang bisa membantu membakar kalori di antaranya berdiri, memotong.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Membedakan Sepatu Vans Ori dan Palsu, Hati-Hati Belanja Lebaran!

Apalagi pada bagian mengangkat berbagai bahan dan barang, seperti mengangkat panci, penggorengan, dan piring. Ini bukan cocok untuk kaum perempuan saja, tapi kamu para lelaki juga.

3. Rutin Berjalan Kaki

Kebanyakan orang sekarang ini, lebih memilih menggunakan alat transportasi pribadi seperti motor dan mobil bila ingin bepergian, bahkan hanya sekedar belanja di area terdekat dan sudah jarang berjalan kaki.

Sayangnya, cara membakar kalori yang alami dilakukan salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk berjalan kaki setidaknya tiga kali setiap minggu. Ini sebenarnya mudah dilakukan, ajak teman bila perlu.


ARTIKEL TERKAIT
5 Jenis dan Cara Merampingkan Perut yang Buncit!

Misalnya mulai dengan berjalan kaki dari rumah ke supermarket, dari parkiran ke kantor, atau berjalan-jalan ke taman bersama hewan peliharaanmu di sore hari.

Untuk motivasi, kegiatan yang dimaksud dapat membakar lebih dari 200 kalori dalam 30 menit, tergantung berat badan dan intensitas latihan yang kamu jalani. Apalagi penderita Obesitas, ini rekomended banget deh.

4. Naik Turun Tangga

Daripada menggunakan lift atau eskalator, coba biasakan untuk memakai tangga jika tersedia. Naik turun tangga efektif dalam membakar kalori tubuh, lho. Aktivitas ini mungkin awalnya akan terasa melelahkan, tapi kalau sudah terbiasa, kamu akan dapat merasakan manfaatnya!

Setidaknya, kamu bisa membakar sekitar 3 – 5 kalori per menit dengan menaiki tangga secara perlahan. Jumlah kalori yang dibakar akan semakin bertambah jika kamu melakukannya dengan lebih cepat, yaitu berkisar antara 10-15 kalori per menitnya.

ARTIKEL TERKAIT
Jangan Risau, Ini 5 Cara Jitu Untuk Mengusir Tikus di Rumah

5. Angkat Barang

619-02083352 Model Release: Yes Property Release: Yes African man carrying moving boxes

Jika ada tumpukan barang yang tidak terpakai dan hanya membuat rumah atau tempat tinggal menjadi sempit, anggap saja itu adalah alat untuk melatih tubuh. Ini paling enak sih untuk kaum cowok, membakar kalori.


Terlepas dari itu semua, Alternatif yang paling berguna untuk membuat tubuh sehat dan bugar adalah dengan memilih olahraga rutin seperti sepak bola, futsal, jenis tenis atau bulu tangkis. Semoga bermanfaat.


Referensi: IDNTimes