5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Berpuasa

Dehidrasi dan kekurangan cairan biasanya dirasakan di tengah-tengah hari selama menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi fisik, salah satunya seperti mengalami bibir kering atau pecah-pecah. Berikut beberapa cara mengatasi bibir kering & pecah-pecah.

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Jika kamu sekarang sedang mengalaminya jangan khawatir, Dafunda Cara punya solusi supaya kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan tak perlu memikirkan bahaya terkena bibir pecah-pecah atau kering.

Asupan Air Putih yang Harus Dicukupi

Gambar: Liputan6

Hal yang harus kamu tekankan dan wajib dilakukan adalah dengan mencukupi minum air putih saat sahur dan berbuka. Jika selesai dengan es dan takjil, setelahnya jangan lupa untuk banyak-banyak minum air putih.

ARTIKEL TERKAIT
Puasa, Bau Mulut? Ini Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Itu sangat diperlukan agar tubuh bersih segar dan mencukupi asupan cairan pencegah bibir kering. Usahakan juga untuk banyak konsumsi makanan yang mengandung cairan seperti melon, pepaya atau semangka.

Menu Sahur

Gambar: Okezone

Bukan hanya asupan cairan, tapi makanan menu sahur juga perlu diperhatikan sebelum akhirnya siap menjalankan ibadah puasa. Ada baiknya kamu lebih memilih makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan sayur-sayuran hijau.



Hindari banyak makanan pedas dan asin, apalagi makanan-makanan kering. Makanan kering-kering adalah pemicu bibir kering karena kekurangan vitamin C. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Berhenti Melakukan Ini

Gambar: Medicalnewstoday

Kebiasaan menjilat dan mengigit bibir sendiri tidak jarang sering dilakukan oleh orang-orang. Ketika sedang menjalankan puasa, maka kebiasaan ini akan mendukung rusaknya bibir apalagi ketika memang sedikit minum air putih waktu sahur. Biasakan untuk berhenti melakukan gerakan reflek ini.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Alternatif

Gambar: Grid ID

Solusi selanjutnya adalah dengan menggunakan lip balm atau memilih scrubbing bibir. Ini sih disarankan untuk kaum cewek, tapi usahakan untuk perhatikan tiga poin sebelumnya diatas tadi.

Faktor Lipstik

Gambar: Prelo.co.id

Cara mengatasi bibir kering terakhir adalah dengan memperhatikan pemakaian lipstik dengan hasil sampai matte. Jika masih tetap ingin menggunakan lisptik saat bulan puasa, pilihlah yang mengandung kandungan pemebap. Kaum cewek, ini perhatikan betul ya.


Itu tadi adalah beberapa tips untuk mencegah atau mengatasi masalah bibir yang kering ataupun pecah-pecah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, mencegah lebih baik dari pada mengobati.


Referensi: IDNTimes Lifestyle