Tanamkan Sejak Dini, Ini Cara Mengajarkan Tentang Kebersihan pada Anak

Mengajarkan tentang Kebersihan pada anak adalah upaya terpenting yang harus dilakukan oleh orang tua, karena bermanfaat untuk lingkungan atau untuk si anak itu sendiri. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah agar si buah hati terbiasa menjaga kesehatan dan kebersihan.

Cara Mengajarkan Kebersihan pada Anak

Gambar: Liputan6

Berbagai penyakit seperti bersin dan gatal-gatal adalah bukti seseorang telah gagal menjaga lingkungan dan kesehatan dirinya sendiri. Jadi, orang tua sangatlah berperan penting untuk harus sebisa mungkin, membuat anak disiplin dalam menjaga kebersihan, apa sih yang bisa dilakukan?

Ajarkan Cara-Cara ini, untuk Menjaga Kebersihan Diri pada Anak

  1. Cuci Tangan

    Membiasakan mencuci tangan sebelum makan atau sesudah melakukan sebuah aktivitas, adalah salah satu upaya penting dalam mengajarkan kebersihan pada anak.

    Ajarkan tentang pentingnya untuk selalu mencuci tangan dengan membasahinya bersama sabun minimal selama 15 detik. Arahkan agar si anak benar-benar bisa melakukannya dengan benar, termasuk ketika membilas hingga mengerikannya dengan handuk.

  2. Sikat Gigi

    Membuat anak membiasakan sikat gigi setelah makan atau sebelum tidur, adalah upaya kamu untuk mencegah berlubangnya gigi si kecil. Ajarkan juga, pola yang benar ketika menyikat gigi.

  3. Mandi Tepat Waktu

    Mandi adalah sebuah aktivitas sehari-hari yang memang harus dilakukan, ketika kamu usai melakukan sesuatu. Mungkin bagi si anak, mandi harus dibiasakan setelah ia selesai bermain dan di pagi hari.

    Selain untuk membersihkan tubuh, air yang disiram akan membuat badan segar dan fresh. Sehingga, mengatasi seorang anak untuk mengalami stres.

  4. Potong Kuku

    Bukan hanya kita saja, si kecil pun pasti sering melakukan aktivitas yang melibatkan kukunya. Sehingga, ketika kuku anak panjang! maka kotoran dan bakteri dapat menempel dengan mudah. Ketika kuku sudah panjang, ajarkan si anak agar terbiasa memotongnya.

  5. Tutup Mulut di Saat Batuk atau Bersin

    Bagi yang belum tau, manfaat menutup mulut ketika batuk dan bersin adalah untuk meminimalisir tersebarnya bakteri yang keluar dari hidung. Jadi, pencegahan hal tersebut sangat penting untuk diajarkan kepada si kecil. Tegaskan pula manfaatnya.

Baca juga: Cara mendidik anak yang sesungguhnya


Orang tua pasti sangat ingin buah hatinya tumbuh dengan sehat dan tak terkena penyakit. Maka dari itu, tanamkanlah hal-hal tadi agar si kecil bisa tumbuh terbiasa menjaga kebersihan, demi kesehatan dirinya sendiri juga.


Referensi: Alodokter