Untuk Kebutuhan Edukasi, Begini Cara Memakai Kondom yang Benar!

Woman unwrapping condom

Sedang mencari cara memakai Kondom atau cara menggunakan kondom? Kita akan bahas dengan benar. Penggunaan kondom yang salah! bisa menyebabkan kemungkinan penurunan fungsi untuk mencegah kehamilan dan mendatangkan potensi penularan penyakit seksual.

Cara Menggunakan Kondom

Gambar: Kumparan

Wajib tau dengan pemahaman yang benar. Kondom adalah sebuah alat bantu kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet. Penggunaanya sendiri adalah dengan dipakaikan ke alat kelamin, dengan fungsinya sebagai pelindung ketika melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Sekarang sih, yang namanya kondom sudah seperti tak asing lagi di telinga. Tapi, masih banyak saja orang yang menggunakan kondom dengan benar. Tapi, sebelum kita membahas ke cara memakai kondom yang benar, perhatikan beberapa hal berikut.

Yang Penting dari Kondom

Ingat! selalu gunakan kondom ketika akan setiap kali akan melakukan hubungan, kecuali ketika sedang menjalani program kehamilan. Sebelum menggunakan, periksa terlebih dulu apakah tanggal kadaluwarsa terhadap kondom itu sudah terlampaui atau masih layak pakai.

Pastikan kondom yang disiapkan dalam keadaan baik, maksudnya kemasan kondom tidak rusak. Saat menyiapkan sebagai stok, simpan kondom di tempat yang sejuk dan kering.

Sumber Gambar

Pastikan kamu menggunakan produk kondom yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan alias BPOM.

Jangan pernah menyimpan kondom di tempat seperti dompet, karena tekanan dan gesekan barang tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kondom itu sendiri.

Terakhir, satu kondom hanya boleh digunakan satu kali. Berarti, ketika setelah selesai pakai! langsung buang dan ganti dengan stok lain untuk hubungan intim berikutnya.

Cara Memakai Kondom yang Benar

  1. Langkah 1

    Buka kemasan kondom dengan cara yang benar. Ikuti petunjuk pembukaan yang ada di area kemasan, jangan menggunakan gunting atau gigi untuk melakukannya.

    Sebelum merobek kemasan, dorong terlebih dahulu produk kondom ke sisi berlawanan agar tak ikut sobek bersama kemasan.

  2. Langkah 2

    Ambilah kondom di dalam kemasan dengan perlahan, jepit ujung kondom di bagian tengah lingkaran menggunakan jari. Setelah mengeluarkan kondom dengan aman, tempatkanlah alat tersebut di atas kepala penis. Tapi! lakukan itu ketika penis sudah mencapai ereksi sempurna.

  3. Langkah 3

    Bukalah gulungan kondom dengan lembut ke arah pangkal penis, jika saja gulungan itu tak dapat diturunkan! maka kamu telah salah dalam pemakaiannya (terbalik).

    Jika mengalami ini, gantilah stok kondom yang lain lagi. Saat melakukan hubungan dan telah mengalami ejakulasi, segeralah untuk mencabut penis dari dalam vagina sebelum hilangnya ereksi.

  4. Langkah 4

    Langkah sebelumnya bertujuan agar tak terjadi yang namanya kebocoran dari kondom di dalam vagina pasangan anda.

  5. Langkah 5

    Jika penis sudah sepenuhnya keluar, tariklah kondom secara perlahan. Setelah itu, bungkus kondom bekas itu dengan tisu dan buang ke tempat sampah.

Dengan melakukan cara menggunakan kondom yang benar, maka kamu telah melakukan upaya tepat ketika sedang menjalani hubungan untuk menikmati masa-masa bahagia sebelum siap menjadi orang tua.


Baca juga: Cara menasehati anak tentang bahaya pacaran


Tetap saja, ikuti aturan Tuhan dimana kita semua sudah harus dalam ikatan pernikahan yang sah dari segi agama dan hukum, agar boleh melakukan hubungan intim terhadap lawan jenis. Ingatlah hal itu.


Referensi: Alodokter