Cara Gampang Unreg dari Provider Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Axis, dan Smartfren

Sekitar setahun lalu lebih, Kemenkominfo secara resmi mengubah aturan baru yang mewajibkan setiap pengguna kartu SIM agar melakukan pendaftaran atau Registrasi ulang kartunya. Cara Unreg kartu.

Mengapa dan Apa Gunanya Unreg Kartu?

Registrasi ulang yang dimaksud adalah daftar ulang provider yang wajib menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan), serta Kartu Keluarga atau KK dari setiap pengguna Provider.

Bukan hanya sebagai peraturan baru untuk pengguna lama, tapi pendaftaran ulang ini wajib dilakukan juga untuk pengguna baru kartu SIM. Dulu sih bisa Registrasi dengan memasukan data asal-asalan.

Tapi sekarang? Sudah tidak bisa, makanya penting untuk melakukan Unreg kartu atau Provider dengan benar. Dan agar tak kartu lamamu tak diblokir, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Membersihkan Noda dan Casing di HP Serta Smartphone!

Cara Unreg Kartu Berbagai Provider

  1. Cara Unreg Telkomsel

    Ada dua metode yang bisa dilakukan dalam cara Unreg kartu Provider Telkomsel. Dengan melalui SMS adalah dengan ketik UNREG#NomorNIK. Contoh, UNREG#1231231231231233. Lalu kirim SMS tersebut ke nomor 444 lalu tunggulah balasan otomatis konfirmasi dari pihak operator.

    Sedangkan cara Unreg melalui Kode Dial (USSD) adalah dengan mengetik ketik *444#, lalu tekan OK/YES/CALL. Pilih opsi nomor 3 untuk “UNREG”. Kemudian, masukkan 16 digit nomor NIK yang kamu gunakan saat pendaftaran dan kirim.

  2. Cara Unreg Indosat

    Melalui SMS, Pada menu SMS, ketik UNREG#NomorNIK. ketik UNPAIR#NomorHP#. Contoh UNPAIR#081289101112#. Kirim SMS ke nomor 4444 dan tunggu balasan dari operator.

  3. Cara Unreg Tri

    Berbeda dengan dua Provider tadi, cara Unreg kartu Tri adalah dengan mengakses situs resmi tri melalui PC atau smartphone dengan url: registrasi.tri.co.id. Ada dua menu yang tersedia pada laman tersebut yaitu “Registrasi Kartu Prabayar” dan “Unreg“.

    Klik menu “Unreg“. Masukkan data-data yang kamu gunakan ketika meregistrasi nomor tri yang akan di-unreg. Mulai dari nomor ponsel hingga NIK. Kemudian, klik “Minta Kode Rahasia”. Kode ini akan otomatis dikirim melalui SMS ke nomor Tri yang kamu daftarkan.

    Masukkan kode rahasia tersebut pada kotak yang tersedia secepatnya karena kode ini hanya valid untuk waktu lima menit. Klik kolom “I’m not a robot” untuk validasi. Klik kirim.

  4. Unreg XL dan Axis

    Menuju menu SMS, lalu ketik UNREG#NomorNIK. ketik UNREG#NomorHP#. Contoh UNREG#081222222222#. Kirim SMS ke nomor 4444 dan tunggu balasan dari operator XL/Axis.

  5. Terakhir, Unreg Smartfren

    Dari pilihan melalui SMS, etik UNREG#NomorNIK. ketik UNREG#NomorHP#. Contoh UNREG#081289101112#. Kirim SMS ke nomor 4444 dan tunggu balasan dari operator. Sedangkan satunya lagu bisa kamu lakukan dengan Unreg kartu via situs resminya.

ARTIKEL TERKAIT
5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Merawat Laptop Agar Tetap Awet!

Baca juga: Cara menghasilkan uang dari Youtube


Semoga bermanfaat, itulah metode-metode yang dapat dilakukan sebagai cara Unreg Kartu dari Provider yang mengikat kamu sekarang. Ini berguna sebagai Alternatif untuk bisa melakukan pendaftaran ulang dengan benar.


Sumber: Sepulsa.com