Perawan, Begini Cara Merawat Organ Intim Wanita yang Tepat!

Kesehatan organ intim pada wanita atau Vagina, sangat berpengaruh kepada banyak hal lainnya. Maka dari itu, cara merawat organ intim wanita yang tepat harus dilakukan.

Gagal merawat, dapat menyebabkan hilangnya kesuburan ketika berhubungan seks untuk mencapai orgasme. Selain itu, hal tersebut juga berpengaruh besar di kehidupan sosial.

Jangan Remehkan Penyakit Organ Intim

Gambar: Merdeka.com

Bagi kalian kaum hawa, jangan meremehkan akibat yang disebabkan ketika gagal merawat organ intim mu. Stres dan kehilangan percaya diri berkepanjangan adalah salah satu akibat fatal.

Organ tersebut, jauh lebih kompleks dan lebih rumit dari kelihatannya. Bagaimana perawatan organ intim yang tepat?

ARTIKEL TERKAIT
5 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata!

Penyebab dan Gangguan Organ Intim Wanita

Sebelum masuk ke cara merawat organ intim wanita yang sebenarnya, ketahui dulu penyebab dan beberapa gangguan ketika mengalami masalah pada organ intim. Apa saja penyebab gangguan vagina?

Penyebab gangguan organ tersebut antara lain adalah karena perubahan hormon, masalah seks, stres dan akibat dari iritasi alat kontrasepsi.

Gambar: Male Indonesia

Bentuk gangguan yang timbul biasanya lapisan vagina akan menipis akibat perubahan hormon, adanya cedera di bagian panggul ketika sedang mengalami masalah seks. Dan stres yang mengakibatkan depresi dan rasa cemas berkepanjangan, sehingga menurunkan fungsi vagina dengan baik.

Cara Merawat Organ Intim Wanita dengan Tepat

  1. Rutin Membersihkan Vagina Pada Waktunya

    Setelah BAK dan BAB atau buang air, basuh organ intim dengan air bersih dari depan sampai ke bagian bekalang. Hal tersebut agar bakteri tak lanjut dan meramban ke anus dan vagina.

  2. Jangan Sabun

    Menjaga kesehatan vagina, tidak boleh dengan membersihkannya menggunakan sabun yang mengandung pewani, karena dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, pilihkan tisu yang lembut.

  3. Saat Menstruasi

    Saat Mens, pilihlah pembalut yang tak mengandung pewangi! ganti pembalut secara berkala pada waktunya. Jangan ditunda-tunda, bisa mendatangkan penyakit berbahaya bahkan kanker.

  4. Buat Vagina Nyaman

    Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar menyerap keringat dan nyaman bagian organ intim dan sekitarnya.

  5. Baju dan Kebersihan

    Kebersihan memang sangatlah penting, termasuk untuk merawat organ intim wanita. Ketika kamu mengenakan baju kotor yang mengandung bakteri melebihi satu hari, maka ada resiko area kewanitaan terkena jamur, mau?

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe, Efisien dan Alami Lagi!

Baca juga:


Itulah beberapa cara merawat organ intim wanita yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat untuk kalian kaum wanita, jangan malas memperhatikan bagian itu, nanti nyesel kalau sudah jadi Pasutri.


Referensi: Alodokter