Sudah Lama dan Berbebuan? Ini Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan Komputer yang Benar

Sehari-hari, untuk menyelesaikan beberapa tugas elektronik seperti menyelesaikan skripsi ataupun tugas lainnya di Laptop dan Komputer, cara membersihkan Keyboard diperlukan ga? Ya pasti dong.

Pentingnya Kebersihan Keyboard Laptop dan Komputer

Menjaga kebersihan laptop dan komputer adalah hal penting dan mungkin menjadi salah satu kegiatan rutin yang bisa dilakukan tiap bulan. Bukan hanya isinya saja yang harus dibersihkan.

Kebersihan perangkat keras komputer lainnya seperti mouse dan keyboard juga harus diperhatikan. Apalagi keduanya adalah perangkat yang tidak pernah lepas dari tangan saat kamu menggunakan laptop atau komputer.

Merawat perangkat! dalam hal ini laptop dan komputer, tidak bisa sembarangan dan asal menggunakan alat seperti lap asal-asalan loh ya. Kalau asal, nanti malah jadi kotor atau lebih buruk keadaannya.

Cara Membersihkan Keyboard yang Benar Pada Laptop atau Komputer

Baca juga:


Merawat atau menjaga kebersihan laptop dan komputer, tak harus dibawa ke tempat servis dan tempat khusus. Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk membuat bagian keyboard terawat sehingga bisa terus berfungsi.

  • Perhatian: Matikan laptop atau komputer sebelum membersihkan keyboard

Alat Kebersihan Keyboard

Gambar: Dosenit.com

Untuk bisa membersihkan bagian keyboard, siapkan peralatan seperti sikat kecil, lap dan cairan pembersih jika ada. Kemudian cek keadaan atau kebersihan keyboard dengan membalikan posisinya lalu pukul ringan sisi kanan dan kiri.

Gambar: Dosenit.com

Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah kotoran yang ada di dalam bagian keyboard sangat atau masih bisa terbilang kotor ringan.

Mulai dengan Lepaskan Tombol

Setelah mengetahui apakah bagian dalam sudah perlu dibersihkan, lepaslah tombol keyboard, melepasnya tak sesulit yang dikira kok.

Tergantung tipe, biasanya melepas tombol keyboard bisa dilakukan dengan menahan bagian bawah tombol menggunakan jari jempol, lalu tarik bagian atas dengan jari telunjuk! seperti yang terlihat pada gambar:

Gambar: Denosit.com


Tidak usah cemas, ketahuilah kalau tombol-tombol pada keyboard memang dirancang untuk bisa dilepas. Khusus tombol + dan Enter, melepasnya adalah dengan cara menarik bagian kanan karena posisi kuncu pengait kedua tombol tersebut berbeda dari yang lainnya.

Tahap Membersihkan Keyboard

Gambar: Dosenit.com
Gambar: Dosenit.com

Masuk ke cara membersihkan keyboard yang tepat, bersihkanlah terlebih dahulu papan keyboard menggunakan sikat, agar kotoran bersih maksimal! bersihkanlah sambil membuat posisi keyboard terbalik. Bagian kabel juga.

Untuk membersihkan tombol keyboard, kamu harus membersihkannya satu satu. Jadi, semoga bermanfaat dan ikutilah tahap-tahap dengan benar.


Cara membersihkan keyboard paling instan yang bisa kamu lakukan bisa dengan menggunakan alat pembersih debu seperti Hair Dryer yang membersihkan keyboard dengan menghisap atau menghembus debu.


Referensi: Dosenit.com