5 Cara Memilih Power Bank Agar Smartphone Awet yang Wajib Kamu Tahu!

Cara memilih Power Bank yang benar – Apakah penggunaan Smartphone kamu sehari bisa sampai 15 atau 20 jam? Jika memang untuk keperluan kerja, rasanya oke aja sih. Apalagi jika memang kapasitas baterai ponselmu memang besar dan tahan seharian.

Salah satu alat yang pasti kamu perlukan adalah Charger, tapi tak jarang juga kebanyakan orang lebih memilih untuk membawa power bank sebagai penggantinya. Dan berikut adalah tips yang baik ketika memilih untuk mempunyai alat tersebut.

Tips Memilih Power Bank yang Benar

Smartphone yang sering digunakan untuk nonton YouTube, main game serta berinteraksi di internet akan terasa lengkap jika dipadu dengan sebuah alat tambahan yang disebut power bank.

Pilihan Low Budget

Gambar: Kompasiana

Tips pertama adalah tentang power bank yang harganya terjangkau, namun jangan juga asal beli yang penting murah. Carilah power bank pilihan yang kualitasnya standar dengan harga terjangkau untuk sementara waktu. Jika sudah punya anggaran lebih, kamu bisa Upgrade.

Ori dan Bermerk!

Gambar: Gadzila

Hati-hati ketika ada yang jual power bank di pasaran yang belum kamu terlalu kenal. Pastikan kamu telah memilih power bank yang keasliannya terpercaya, misalnya merk Asus, Samsung, Sony, Vivan atau Xiaomi.

Jika ada yang menjual produk bermerk terkenal dengan harga miring, hati-hati saja. Karena biasanya, produk semacam itu hanya tahan dalam jangka pendek saja bahkan sangat rentan eror atau mengalami kerusakan.



Kompatibel

Gambar: Dimensidata

Ketika berbelanja dan sedang mencari power bank pilihan, perhatikan juga tentang kompatibelnya produk tersebut terhadap baterai. Jika power bank kurang cocok dengan baterai ponselmu, dapat menyebabkan efek yang buruk terhadap gadget dan bateraimu sendiri.

Tentang Kapasitas

Gambar: 5 Menit

Hal penting yang harus diperhatikan beriktunya adalah tentang kapasitas power bank yang harus sesuai dengan baterai ponsel. Disarankan untuk memilih power bank yang berkapasitas dua kali lipat dari daya baterai ponsel.

Ini merupakan antisipasi agar kamu dapat menggunakan power bank sebanyak dua kali, misalnya ponselmu berkapasitas 2.500 mAh, carilah power bank yang memiliki kapasitas daya 5.000 mAh.

Perhatikan Arus Listrik Power Bank

Gambar: Tarbawia

Cara memilih power bank yang benar kelima dalam daftar ini adalah tentang nilai arus yang wajib seimbang dengan smartphone atau ponselmu. Jika arus yang dibutuhkan adalah dua ampere, maka pastikan membeli power bank dengan nilai arus yang sama.

Apalagi untuk tipe ponsel yang sudah ada fitur Fast Charging atau fitur pengisian baterai cepat. Selain itu, disarankan juga untuk memilih power bank yang ada layar indikatornya.


Hal paling penting yang harus kamu inga adalah, berhati-hati ketika ada yang menawarkan power bank dengan harga yang sangat murah. Makanya kamu wajib mengerti tentang cara memilih power bank yang benar.

Jangan mudah tergiur, bisa-bisa uang hilang, ponsel rusak dan power bank juga ikutan rusak dalam sekejap. Semoga bermanfaat.


Referensi: IDNTimes