5 Cara Untuk Mendapatkan Modal Usaha, Bekal Utama yang Dibutuhkan!

Cara Mendapatkan Modal Usaha – Modal usaha memang adalah hal penting yang sangat diperlukan untuk menjalankan atau membuka bisnis baru. Tapi bukan berarti bahwa modal besar adalah kunci keberhasilan.

Semuanya harus seimbang, punya cukup modal seadanya saja bisa kok membuat kamu sukses. Asal digunakan dan dikelola dengan baik dan benar. Kenalilah terlebih dahulu pemanfaatan modal secara efisien.

Jika sudah memperhitungkan bagaimana modal yang kamu butuhkan, saatnya kamu untuk mencoba beberapa cara mendapatkan modal usaha berikut.


Tips Mendapatkan Modal Untuk Memulai Sebuah Bisnis Baru

Dari Tabungan

Jika kamu ingin punya bisnis atau usaha sampingan, cobalah sisihkan penghasilan dari usaha atau bisnis yang sedang kamu jalani saat ini. Kemudian, gunakan waktu luang untuk menambah pendapatan.

Sisihkan berapa persen gajimu untuk pos usaha, bertekadlah kamu ingin memaksimalkan penggunaan uang. Meskipun harus menunggu lama, yakinlah dengan potensinya. Ini juga tidak akan menjadi beban pihak manapun, karena bukan modal hasil pinjaman.


Menjual atau Menggadaikan Harta Pribadi

Opsi berikutnya adalah dengan menggadaikan atau menjual aset pribadi yang kamu miliki. Tapi ingatlah, usaha sampingan bukanlah hal yang menyenangkan di awal. Kamu harus berani kerja keras untuk mengembangkannya.

ARTIKEL TERKAIT
Butuh Uang? Ini 5 Cara Mudah Mendapatkan Uang Hanya dengan Smartphone

Menjual barang atau aset pribadi adalah Alternatif tercepat untuk mendapatkan modal yang cukup, usahakan memilih sesuatu yang sekiranya tidak dibutuhkan dalam jangka panjang. Selamat berjuang.


Jaringan Bisnis

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah dengan mengajak rekan bisnis seluas-luasnya. Jadikan rekan bisnis untuk sama-sama saling menguntungkan. Carilah teman yang memiliki minat dan selera yang sama.

Menawarkan keuntungan saja tanpa bukti mungkin tak cukup, maka dari itu cobalah mengajaknya untuk ikut terjun langsung menjalankan usaha bersamamu dengan sistem bagi hasil. Ini efektif dan direkomendasikan.


Pinjam Uang ke Keluarga atau Teman

Pinjam adalah salah satu metode yang paling sering digunakan oleh pengusaha untuk mencari modal usaha. Hal ini biasa dilakukan ketika tabunganmu tidak mencukupi, atau nilai asetmu juga kurang.

ARTIKEL TERKAIT
5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah

Meminjam ke bank biasanya menjadi pilihan utama para pengusaha, karena bisa mendapatkan jumlah uang yang banyak. Sayangnya risiko bunga yang ada terlalu berbahaya. Maka dari itu cobalah Alternatif.

Jika kamu memerlukan uang untuk modal usaha sampingan, cobalah manfaatkan hubungan kekerabatan untuk mendapatkan modal yang kamu butuhkan. Jelaskan dengan benar apa usaha yang ingin kamu jalankan.

Jika positif, teman atau keluargamu pasti akan mendukung dan memberikan pinjaman. Tapi kamu harus ingat, jangan lupa untuk membayarnya tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang kalian buat.


Modal dari Konsumen

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, jika kamu ingin membuka usaha sampingan dari usaha usamamu, manfaatkan penghasilannya untuk mendapatkan modal bisnis sampinganmu. Atau bahkan kamu bisa manfaatkan bisnis utamamu untuk menjadi media promosinya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menulis Konten yang Baik dan Mudah Dibaca!

Semoga beberapa tips tentang cara-cara mendapatkan modal usaha yang sudah dibahas tadi dapat berguna dan bermanfaat. Modal saja tidak cukup, tekun, kerja keras dan konsistensi adalah yang utama. Semoga sukses.


Referensi: Moneysmart