Rontok dan Mengeriting? Begini Cara Merawat Rambut yang Tepat

Rambut lembut, indah dan subur tentunya adalah sebuah hal yang menjadi idaman dan impian semua orang. Tak hanya wanita tapi juga pria dan kalangan usia apapun. Maka dari itu, perlunya memperhatikan cara merawat rambut yang benar dan tepat, mari kita bahas.

Perawatan Rambut Tak Harus ke Salon

Perawatan rambut tak berarti harus ke salon selalu, tapi juga bisa rutin dilakukan di rumah saja. Bisa efisien waktu dan bahkan uang! berbagai metode bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut, apa saja?

Rambut rontok ketika bangun tidur, pastinya sangat menganggu dan membuat tidak nyaman. Untuk mencegah dan mengatasi hal itu, perawatan dari saja tak cukup. Berikut beberapa cara merawat kesehatan rambut yang baik dan tepat, direkomendasikan untuk kamu.

ARTIKEL TERKAIT
Berikut 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Kaki Menyengat!

Cara Merawat Rambut

  1. Secara Alami

    Untuk kamu yang mengalami kerontokan rambut, cobalah untuk melakukan perawatan menggunakan tonik daun jambu. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air, semprotkan ke kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

    Adapun cara merawat rambut secara alami lainnya menggunakan masker bawang merah dan bawang putih, buatlah masket rambut dari sari bahan tersebut. Keduanya mempunyai fungsi untuk merangsang dan sebagai vitamin kulit kepala dan rambut.

  2. Suplemen Penyubur

    Alternatif berikutnya cobalah merawat rambut menggunakan suplemen Biotin atau vitamin B7, vitamin C, D, dan vitamin E. Suplemen semacam itu dapat membantu perangsangan rambut agar lebih subur dan mencegah kerontokan.

  3. Rambut Kering

    Khusus untuk rambut kering, cobalah lakukan pencegahan dengan Kondisioner, Hair Mask, dan Hair Wrap. Untuk merawat kesehatan rambut agar tak kering, ketiga metode itulah cara yang tepat.

  4. Mengatasi Kerusakan

    Kalau rambut sudah bercabang dan rapuh, cobalah untuk melakukan perawatan dengan memotong ujung rambut yang sudah rusak, mulai rutin menggunakan sampo, gunakan masker rambut, lakukan pemijatan dengan Hot Oil, dan mengonsumsi nutrisi baik yang tepat untuk merawat rambut.

  5. Handuk Lembut

    Untuk perawatan rambut keriting yang baik, cobalah untuk menggunakan handuk yang lembut. Selain itu, rutinlah menggunakan Hair Mask, dan ikat rambut sebelum tidur. Cobalah juga untuk melakukan perawatan menggunakan minyak Almond, jus lidah buaya atau rutin melakukan Kondisioner sehabis keramas.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Self-harm: Melukai Diri Sendiri Akibat Bucin dan Semacamnya

Baca juga: Perawatan kulit wajah yang tepat


Untuk mencegah hinggapnya ketombe pada rambut dan kepala, rutinlah untuk melakukan perawatan secara alami. Bisa menggunakan minyak pohon teh, masker pepaya atau madu, dan masker Aloe Vera atau jeruk nipis. Semoga bermanfaat dan lakukan cara merawat rambut yang tepat.


Referensi: Merdeka.com, Thebodyshop