10 Perawatan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung!

Selain menjaga kesehatan Ginjal, kesehatan Jantung adalah prioritas penting lainnya. Jantung adalah orang yang sangat vital, ketika organ ini sudah berhenti berdetak! berarti seseorang sudah dipastikan kehilangan nyawa. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari pentingnya cara menjaga kesehatan jantung. Apakah kamu termasuk?

Menjaga Kesehatan Jantung itu Mudah?

Gambar: Digtara.com

Untuk yang namanya merawat atau menjaga kesehatan jantung memang tidak terbilang mudah, tapi juga tidak termasuk hal yang terlalu sulit. Asal rutin, dan selalu memperhatikan! pasti bisa. Setidaknya, inilah sepuluh cara menjaga atau merawat kesehatan jantung yang baik.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Tolak Lemak Berbahaya

    Makan makanan berlemak memanglah hal yang dapat membantu menggemukan dan menambah berat badan. Tapi pada makanan tepat saji, pasti terdapat yang namanya lemak jahat dan meningkatkan kadar Kolesterol jahat dan mengurangi kolesterol baik pada tubuh.

    Cobalah untuk mengontrol pola makanan sehat untuk kesehatan jantung, rutin mengkonsumsi sayuran dan gizi serta makanan berlemak yang tak berlebihan.

  2. Jangan Duduk Terlalu Lama

    Pekerjaan seringkali adalah hal yang memaksa kita harus duduk cukup lama di kursi bahkan di depan monitor layar komputer. Tapi ketahuilah, duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan jantung.

    Maka dari itu, cara menjaga kesehatan jantung dari hal itu adalah, setidaknya! lakukan istirahat dari aktivitas duduk 30 menit sekali. Rutin minum air putih dan lakukan peregangan agar tak membuat tubuh kaku.

  3. Berhenti Merokok

    Merokok bukan hanya membahayakan kesehatan ginjal, tetapi juga membahayakan jantung. Baca juga: Cara berhenti merokok.

  4. Jaga Kesehatan Gigi

    Tahukah kamu, gigi dan jantung memiliki sebuah hubungan dalam hal kesehatan. Gigi yang tak sehat memiliki bakteri yang meyebabkan gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

  5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

    Tidur memang pasti diperlukan untuk tubuh, tapi bukan hanya kebutuhan! menjaga pola tidur yang benar berarti kamu telah melakukan upaya cara menjaga kesehatan jantung yang benar.

ARTIKEL TERKAIT
6 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Bandel paling Ampuh!

6. Perhatikan Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah dengan rutin melakukan cek ke dokter, berarti kamu mengetahui adakah bahaya penyakit jantung yang berpotensi membahayakan kamu. Lakukan konsultasi untuk mendapatkan resep dan pencegahan yang baik.

7. Volume Headset

Tidak hanya bagi yang rentan, suara keras headset memang berpotensi membahayakan kesehatan jantung. Cobalah untuk meminimalisir penggunaan volume alat tersebut secara berlebihan, jangan gunakan dengan volume mencapai 100% terlalu sering.

8. Jangan Berlebihan Menggunakan Gadget

Berdasarkan banyak sekali hasil penelitian, gadget dikatakan memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari membahayakan mata, sampai kesehatan jantung.

9. Pilihan Makan Sehat

Lebih mementingkan banyak konsumsi buah segar, sayur-sayuran dan kacang-kacangan, berarti kamu lebih memilih menjaga kesehatan jantung ketimbang hanya mencari enaknya rasa makanan.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Depresi yang Mudah Dilakukan Diri Sendiri Maupun Kepada Teman

10. Olahraga

Cobalah untuk rutin melakukan berbagai aktivitas fisik dari pada menonton televisi atau bermain game di komputer. Rutin olahraga adalah Alternatif terbaik.


Merawat jantung adalah salah satu cara menjaga dan merawat diri dengan baik, kalau berani memperhatikan pentingnya keadaan jantung, berarti kamu sudah mencoba untuk tetap hidup sehat dan memperpanjang usia secara alami. Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi: Sindonews Lifestyle