Begini Cara Untuk Merawat Anak Kucing dengan Baik

Kucing adalah jenis hewan peliharaan yang menggemaskan dan mempunyai banyak pencinta. Untuk menjadi seorang pencinta kucing yang baik, pastinya kamu harus tau bagaimana cara merawat anak kucing atau jenis kucing apapun yang akan kamu pelihara.

Bagaimana Menjaga Kucing

Kucing tidak harus keluar rumah untuk menjadi bahagia, untuk merawat dan menjaga kucing, cukuplah berikan hiburan dan stimulasi secara teratur. Mereka membutuhkan lingkungan dan tempat aman untuk terus hidup. Untuk tumbuh sehat dan bergizi, kucing membutuhkan makanan dan minuman yang rutin.

Cara Merawat Anak Kucing dengan Baik

Merawat, berarti masuk ke berbagai banyak hal. Mulai dari menjaga kesehatan, dan juga membuatnya selalu aman dan nyaman. Apa aja sih yang bisa dilakukan untuk merawat anak kucing dengan baik?

1. Buat Anak Kucing Terus Aman dan Nyaman

Gambar: Kucing

Merawat anak kucing dengan baik berarti kamu harus siap menjaganya untuk bisa terus merasa aman dan nyaman. Buatlah lingkungan untuk mewujudkan itu, cobalah agar bisa membuat anak kucing merasa aman menjadi kucing rumahan yang setia di tempatmu saja.

Buatlah agar si kucing bisa menghafal sudut-sudut rumah dengan membiarkannya menjelajahi rumah agar bisa mencari tempat nyaman dan amannya sendiri. Jauhkan kucing dari sudut-sudut tinggi yang membahayakan ia kalau saja melompat.

Jauhkan kucing dari benda-benda seperti tali yang rentan akan dicengkramnya. Sediakan pula sebuah sudut atau tempat yang ada bantal atau tempat empuk khusus untuk si kucing.

2. Jauhkan Kucing dari Racun

Gambar: Kucing

Pastikan selalu, alat-alat kebersihan yang mengandung zat-zat kimia berbahaya disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan kucing. Cukup sulit untuk mengobati kucing yang terkena racun. Kucing sangat rentan untuk menjilat apa yang ada di lantai termasuk racun basah.

3. Selidiki Apakah Tanaman di Rumah Beracun Bagi Kucing

Gambar: Kucing

Cara merawat anak kucing dan kucing berikutnya adalah dengan menyelidiki apakah tanaman yang ada di rumah kamu beracun atau tidak bagi si kucing. Pahami jenis apa saja tanaman yang kamu punya.

4. Sediakan Kebutuhan si Kucing

Gambar: Kucing

Kucing adalah tipe hewan yang ingin tak terlihat atau sembunyi ketika buang air. Untuk membantunya terus nyaman di rumah, sediakan tempat kotak pasir di tempat sepi sehingga ia nyaman buang air dan tidak terganggu atau ketakutan oleh suara yang tiba-tiba muncul.

Selain itu, bersihkan kotak itu setiap minggu secara rutin, agar kucing nyaman untuk terus datang ke sana untuk buang air. Cara merawat anak kucing dengan cara ini cukup mudah kan.

5. Makanan dan Minuman

Gambar: Kucing

Merawat kucing berarti menghidupi. Berilah kucing makanan dan air, bila perlu berikanlah makanan bergizi khusus untuk makanan kucing yang dijual di toko seperti minimarket. Disamping makanan yang kamu berikan, sediakan pula air tawar untuknya.

6. Sediakan Tiang Garuk

Gambar: Kucing

Kucing memang mempunyai kebiasaan membersihkan diri dengan lidahnya sendiri, selain itu ia juga mempunyai kebiasaan menggaruk kuku ke benda-benda yang membuatnya gemas.

Maka dari itu, untuk membantunya mengasah kekuatan kuku, sediakanlah tiang garukan sebagai tempat kucing mencakar.


Baca juga: Cara tepat untuk merawat rambut


Hal lainnya yang diperlukan sebagai cara merawat anak kucing dengan baik adalah mainan seperti tikus mainan, tongkat bulu atau benang, siapkan pula alat perawatan seperti sisir dan kalung untuk si kucing.

Semoga bermanfaat, ikutilah cara-cara merawat anak kucing ataupun kucing rumahan tadi dengan benar. Kalau kucing merasa gagal betah di rumah kamu, maka ia akan mencari rumah dan tuan baru di tempat lain.


Referensi: Wikihow