Begini Cara Alami Untuk Mengobati Sakit Kepala

Sakit Kepala adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja sebagai level lanjut ketika sedang mengalami stres. Lantas, bagaimana cara mengobati sakit kepala?

Setidaknya, sekali seumur hidup kamu pernah mengalami yang namanya sakit pada bagian kepala. Saat hal itu datang menyerang, maka konsentrasi dan fokusmu akan buyar, makanya jangan meremehkan sakit kepala.

Sakit Kepala dan Bahayanya

Gambar: Kompas Lifestyle

Sakit kepala itu ada beberapa macam, seperti sekedar pusing saja, pusing berkunang-kunang (biasanya kekurangan darah), ataupun jenis sakit kepala sebelah yang disebut Migran. Dengan mengurangi konsumsi obat yang mengandung banyak zat kimia, inilah beberapa Alternatif mengobati sakit kepala secara alami yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

  1. Pijat Bagian Pelipis

    Sakit kepala pastinya adalah hal yang menjengkelkan, karena hal tersebut bisa membuyarkan fokusmu ketika sedang bekerja atau melakukan sebuah aktivitas.

    Ketika sedang mengalami sakit kepala, cobalah untuk memijat pelipis dan juga melakukan peregangan dan relaksasi terhadap otot-ototmu.

  2. Pastikan Istirahat yang Cukup!

    Ketika sudah tiba di waktu yang tepat untuk beristirahat, gunakan waktu istirahat dengan tidur di ruangan sunyi dan tenang. Kalau tidurmu lelap dan teratur (setidaknya 8 jam sehari), maka nyaris tak ada kemungkinan terkena sakit kepala.

  3. Kompres Kepala

    Mengobati sakit kepala yang begitu menjengkelkan, dapat kamu lakukan dengan mengompres kepala dengan air panas atau es batu. Sejak kecil, cara ini memang sering diterapkan oleh kedua orang tua, dan memang! cara ini adalah mengobati sakit kepala yang mujarab.

  4. Konsumsi Air Jahe

    Untuk meredakan denyut sakit di kepala, cobalah untuk meminum air jahe hangat. Atau, kamu bisa kombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti madu, kayu manis, serai dan lemon.

  5. Makan Kentang Rebus

    Selain jahe, bahan alami lain yang dapat membantu meredakan nyeri dan sakit kepala adalah kentang rebus. Menurut dr. George Obikoya seorang dokter ahli vitamin, kalium dapat menjadi pereda nyeri alami, termasuk sakit kepala. Ingat! kentang yang digunakan itu direbus bukan digoreng.

Baca juga: Cara mengatasi Depresi


Waktu bekerja juga mempengaruhi datangnya sakit kepala. Maka dari itu, jaga waktu beristirahat yang benar, untuk mencegah datangnya penyakit di kepala yang berpotensi menyebabkan penyakit lainnya, termasuk Anemia.


Referensi: IDNTimes