Kecelakaan? Ikuti Cara Ini Untuk Menyebuhkan Patah Tulang!

Cara menyebuhkan Patah Tulang – Ketika seseorang sedang mengalami kecelakaan atau hal buruk lain yang membuat retak dan patah tulang, apa sih yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya?

Patah tulang sendiri adalah sebuah kondisi dimana tulang-tulang di pergelangan maupun jemari tangan mengalami retak dan patah. Biasanya, hal ini terjadi di ruas-ruas jari (Falang) atau tulang panjang (Metakarpal).

Mengobati Patah Tulang

Ketika seseorang sedang mengalami benturan atau kontak dengan benda lain yang keras, saat itulah kemungkinan patah tulang dapat terjadi. Tidak hanya di bagian tangan, patah tulang juga bisa menimpa bagian tubuh lainnya. Entah itu di kaki atau tulang pada badan.

Gambar: Hellosehat

Berbagai hal dapat menyebabkan seseorang mengalami patah tulang, misalnya terjatuh dengan posisi tangan yang lebih dulu menyentuh tanah. Kecelakaan lalu lintas berkendaraan, akibat tertimpa alat berat, dan cedera olahraga yang juga berpotensi besar mengakibatkan patah tulang.

Bagi kamu yang mengalami salah satu penyebab patah tulang tadi, dan mengalami gejala seperti nyeri, memang, bengkak, kekuatan yang menurun drastis, dan bahkan tidak mampu menggenggam tangan lagi, lakukanlah pengobatan berikut:

Cara Menyembuhkan Patah Tulang Ampuh!

  1. Kompres dengan Batu Es

    Untuk mengurangi rasa sakit dan ngilu tulang yang patah di area tangan atau kaki, kompres lah menggunakan es batu yang dibaluti kain untuk meredakan bengkak dan rasa sakit.

    Setelahnya, istirahatkan tubuh atau bagian tangan yang patah ke bantalan empuk. Penanganan pertama ini harus dilakukan dengan benar.

  2. Menggunakan Kain

    Membatasi gerakan adalah salah satu hal penting yang dilakukan untuk membantu proses penyembuhan patah tulang. Cobalah untuk menggunakan gips, bebat atau kain gendongan khusus.

  3. Lepaskan Aksesoris Apapun

    Ketika sedang mengalami cedera yang mengakibatkan patah tulang, segeralah untuk melepas perhiasan atau aksesoris seperti jam di tangan atau sebagainya. Karena, hal itu bisa memicu efek yang lebih membahayakan dari patah tulang.

  4. Konsumsi Pereda

    Untuk membantu penyembuhan patah tulang dari dalam, cobalah untuk mengonsumsi obat-obatan pereda sakit. Misalnya Ibuprofen atau Acetaminophen, sesuai dosis yang dibutuhkan. Ikuti cara menyebuhkan patah tulang yang tepat.

  5. Konsultasi ke Dokter

    Ketika sudah melakukan penanganan pertama dan sudah mulai beristirahat, tetapi nyeri dan efek patah tulang belum mereda dan membuat tak nyaman! cobalah untuk berkonsultasi langsung ke dokter di rumah sakit. Apalagi ketika bagian patah tulang sudah seperti mati rasa.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan Ginjal


Cobalah untuk menghindari aktivitas berat yang sangat membahayakan ketika kamu sedang mengalami patah tulang. Semoga cara mengobati patah tulang tadi bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami.

Patah tulang memang menyulitkan, tetapi keadaan yang terjadi pada manusia itu dapat sembuh. Tulang yang patah dapat kembali menyatu dengan penanganan yang benar, itulah hebatnya tulang manusia.


Referensi: Alodokter