Cara Mengobati Sakit Ginjal, Serta Pencegahan yang Tepat!

Ginjal adalah bagian tubuh dalam yang merupakan salah satu organ vital manusia. Dimana organ tersebut memiliki peran penting sebagai sistem ekskresi kita. Kalau sudah terkena penyakit yang menganggu ginjal, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah ikuti cara mengobati sakit ginjal.

Maka dari itu, pentingnya seseorang untuk bisa menjaga kesehatan ginjal. Ginjal sendiri memiki dua bagian, yaitu sepasang bagian kanan dan kiri yang ada di bagian dalam tubuh. Mereka terletak di daerah dekat pinggang, dengan ukuran panjang masing-masing sekitar 10 cm.

Penyebab Gangguan dan Pentingnya Mengatasi Gangguan Ginjal

Dua organ vital berbentuk seperti kacang merah yang terletak di sisi tubuh bagian punggung bawah tersebut, memiliki fungsi penting antara lain untuk menyaring limbah tubuh. Seperti zat kimia, obat-obatan, dan makanan yang berpengaruh terhadap darah.

Ketika peran si ginjal itu terganggu, maka zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan gejala seperti pembengkakan pergelangan kaki, mual, muntah, lemas bahkan sesak napas. Beberapa bentuk penyakit ginjal lainnya adalah:

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal
Gambar: Liputan6 Health

Infeksi ginjal, yaitu keadaan dimana bakteri dari kandung kemih menyebar luas dan naik menuju ke salah satu atau bahkan kedua ginjal. Gangguan ini bisa terjadi akibat disebabkan oleh komplikasi infeksi saluran kemih.

ARTIKEL TERKAIT
Alternatif, Inilah Cara Untuk Mengobati Asma

Baca juga: Cara menjaga kesehatan ginjal sebagai cara mengatasi gangguan ginjal


Batu ginjal, yaitu gangguan akibat garam dan mineral yang seharusnya disaring ginjal malah mengeras dan tertimbun dan akhirnya menjadi bentuk batu ginjal. Penyebabnya adalah akibat urine yang terlalu pekat yang menyebabkan garam dan mineral di tubuh mengeras menjadi kristal.

Adapun bentuk sakit ginjal berbahaya lainnya adalah seperti ginjal polikistik, gagal ginjal akut dan ginjal kronis. Untuk menanganinya bila sudah terlanjur terkena, ikut cara mengobati sakit ginjal berikut.

Cara Mengobati Sakit Ginjal, Penanganan yang Benar

Untuk penanganan masalah sakit atau gangguan pada ginjal, cobalah untuk mengikuti beberapa cara berikut kalau sudah terlanjur mengalami yang namanya penyakit ginjal. lakukan cara-cara mengatasi gangguan ginjal.

ARTIKEL TERKAIT
Tak Mau Jadi Manusia Pohon? Ini Cara Menghilangkan Kutil Ampuh Secara Alami!

1. Lakukan Diagnosis Penyakit

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal
Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal: Hellosehat

Untuk memastikan jenis gangguan apa yang dialami, cobalah untuk melakukan beberapa tahap Diagnosis penyakit, mulai dari tes urine, tes darah, bila perlu lakukan pemindaian.

2. Konsumsi Obat yang Tepat

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal
Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal: Kedainews

Untuk mengobati batu ginjal, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan obat terbaik mengatasi gangguan ginjal seperti obat Amipril dan Captopril. Beberapa obat seperti itu, dapat membantu mengontrol tekanan darah serta mengurangi kadar protein di dalam urine.

3. Terapi Batu Ginjal

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal
Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal: Gaurology

Solusi berikutnya adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit ginjal seperti batu ginjal yang kecil dengan gejala ringan. Alternatif dari dokter, cobalah untuk minum air putih dua hingga tiga liter per hari yang berguna untuk membilas saluran kemih.

ARTIKEL TERKAIT
Ingin Terlihat Cerah dan Merona? Begini Cara Merawat Wajah yang Tepat

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti resep obat untuk rutin mengonsumsi Paracetamol atau Ibuprofen. Kalau sudah terlanjur menjadi batu ginjal yang besar, harus dilakukan penanganan seperti Extracorporeal Shock wave Lithotripsy! yaitu menghancurkan batu ginjal menjadi lebih kecil.

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal
Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal: Healthcare

Adapun langkah lainnya yang bisa dilakukan di rumah sakit atas peran dokter adalah dengan memasukan selang yang dilengkapi kamera ke dalam saluran kemih melalui lubang tempat urine keluar.

Lalu batu dihancurkan menggunakan sebuah alat khusus dan menyisakan bagian yang sangat kecil untuk bisa dibuang secara alami. Proses ini disebut URS atau Ureteroscopic Lithotripsy.

4. Diet

Gambar Cara Mengobati Sakit Ginjal: Body & Soul

Mengapa diet bisa berfungsi mengobati sakit ginjal? Begini, ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring zat limbah di dalam tubuh, seperti mineral dan cairan. Kalau penurunan fungsi gijal terjadi, berarti sulit untuk ginjal bisa membuang zat-zat tersebut.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Maka dari itu, ada baiknya penderita menerapkan pola diet untuk meminimalisir asupan cairan berlebihan yang bisa menumpuk ke dalam tubuh. Untuk bagaimana bisa melakukan diet yang baik, baca juga:


Adapun pencegahan yang dapat kamu lakukan agar tak terkena gangguan dan sakit ginjal, cobalah untuk Mengendalikan penyakit seperti Diabetes dan Hipertensi. Mengatasi gangguan ginjal.

Baca cara mencegah diabetes berikut ini > Cara mencegah Diabetes. Coba lakukan tahap-tahap mengatasi gangguan ginjal yang benar-benar tepat. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh dari resiko sakit ginjal.


Referensi: Alodokter