7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Mudah Tanpa Obat

cara mengatasi sakit kepala
Bagaimana cara mengatasi sakit kepala?

Setiap orang pasti pernah merasakan bagaimana rasanya sakit kepala. Banyak penyebab yang membuat kepalamu sakit, entah itu lelah, stres, atau faktor lainnya. Jika kamu sedang mencari cara mengobati sakit kepala atau meredakan sakit kepala, bacalah artikel ini hingga selesai dan pasti kamu akan merasakan perbedaannya.

Sakit kepala merupakan keadaan di saat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada bagian kepala atau lehernya. Sakit kepala memiliki banyak jenis, namun yang sering menimpa orang adalah tension headache. Sakit kepala jenis ini dikarena oleh otot-otot bagian kepala, pundak, leher, sampai rahang mengalami ketegangan.

Sakit kepala ini bisa berlangsung cukup lama, mulai setengah jam hingga 3 jam. Jika rasa sakitnya tidak berkurang setelah beberapa hari, kamu harus mencoba cara mengatasi sakit kepala sebelum menggunakan obat-obatan atau pergi menjumpai dokter

7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Mudah Tanpa Obat

1. Istirahat di ruang gelap

cara mengatasi sakit kepala gelap

Sakit kepala bisa muncul kapan saja. Jika kamu sedang beraktivitas, cobalah untuk beristirahat di tempat gelap. Kamu bisa berbaring atau sekedar duduk di ruangan yang tenang dan agak gelap. Usahakan tempat tersebut tidak di dekat sumber kebisingan. Lalu tenangkan diri dan lemaskan bagian kepala hingga pundak.


2. Relaksasi

cara mengobati sakit kepala meditasi

Cara mengatasi sakit kepala selanjutnya adalah dengan melakukan relaksasi atau meditasi. Ingatlah cara pernapasan berikut ini, tarik napas dari hitungan satu sampai tiga, lalu tahan hingga hitungan ke enam atau tujuh, hembuskan saat hitungan 10. Cara ini sangat bermanfaat untuk meredakan sakit kepala.

ARTIKEL TERKAIT
Sulit Punya Keturunan? Ini Cara Terbaik Supaya Cepat Hamil!

3. Pijat ringan

cara mengobati sakit kepala pijat

Jika sakit kepala datang, memijat kepala dengan jari telunjuk dan jempol bisa membuat kamu merasa lebih enak. Pijatlah kepalamu selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Kamu juga bisa meminta tolong kepada temanmu agar memijat bagian kepala, leher atau pundak yang sakit. Usahakan untuk memberikan kekuatan yang pas, jangan terlalu kuat karena malah akan membuat kamu merasa lebih sakit, jangan terlalu pelan pula karena itu tidak akan meredakan sakit kepalamu.


4. Kompres

cara mengatasi sakit kepala kompres

Kompres menggunakan air dingin atau panas juga bisa mengobati rasa sakit kepala. Kompres bagian kening dan belakang leher menggunakan kain yang telah direndam air hangat. rasa panas tersebut akan melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot tegang.

ARTIKEL TERKAIT
Hidup Sehat, Ikuti 5 Tips Ringan ini Untuk Berhenti Merokok!

Setelah itu, sambung dengan kompres dingin di daerah yang terasa sakit. Kamu bisa menaruh beberapa es batu dalam kain dan mengompres. Sifat dingin ini bisa mengecilkan pembuluh darah, sehingga tekanan terhadap saraf sensitif akan berkurang.


5. Peregangan

cara meredakan sakit kepala

Ketegangan bagian pundak dan leher memang menjadi salah satu faktor kamu mengalami sakit kepala. Ketegangan ini bisa terjadi karena kamu terlalu lama bekerja, stress, atau posisi duduk yang sama dalam waktu lama. Jika hal ini merupakan penyebab kepalamu sakit, cara mengatasinya adalah dengan melakukan perengangan. Cara peregangan ringan seperti memalingkan pandangan ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah bisa membuat kepalamu merasa lebih baik. Kamu juga bisa melakukan putaran perlahan saat menekuk kepala. Peregangan merupakan salah satu cara mengatasi sakit kepala terbaik.

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Diet yang Aman, Turunkan Berat Badan tanpa Bahaya Kesehatan!

6. Perbanyak Minum Air

 minum air

Dehidrasi ternyata juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Jika kamu merasa haus, mulut kering, buang air kecil jarang dan disertai sakit kepala. Kamu harus segera ke dapur untuk minum segelas atau dua gelas air putih.


7. Makan

makan

Kenapa saat sakit kepala kamu harus makan? Itu karena kadar gula darah dalam tubuhmu menurun. Cobalah untuk makan camilan atau coklat saat sakit kepala menghadap. Kamu juga harus selalu menjaga pola makan secara teratur, jangan sampai telat makan, karena itu tidak baik bagi tubuhmu.


Demikianlah 7 cara mengatasi sakit kepala yang bisa Kami berikan. Jika masih merasakan sakit setelah melakukan cara mengobati sakit kepala di atas. Kami menganjurkan untuk menemui dokter.

ARTIKEL TERKAIT
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mudah

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, kami juga telah membuat cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman-temanmu.


Referensi: Hello Sehat