Cara Mengatasi Jerawat yang Membandel dan Mengganggu Penampilan

cara mengatasi jerawat cara mengobati jerawat
sumber: photostock

Setiap orang memang memiliki masalah kulit yang berbeda-beda. Jerawat menjadi salah satu yang paling dikeluhkan, baik para muda-mudi atau pun orang dewasa. Hampir semua orang pernah mengalami saat ini, dan banyak pula yang mencari cara mengobati jerawat atau cara mengatasi jerawat yang membandel.

Jerawat bukan hadir karena sebab apa-apa, ada banyak penyebab hadirnya bentolan kecil di wajah ini. Beberapa di antaranya karena pola hidup yang kurang bersih dan masalah pada penggunaan produk. Tapi tenang, kali ini Dafunda Cara akan memberikan tips mengatasi jerawat yang bandel dan menyakitkan.

Cara Mengobati Jerawat / Cara Mengatasi Jerawat

Time needed: 1 hour.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat? Bagi kamu yang memiliki masalah dengan bentolan kuning di wajah. Kali ini, kami akan memberikan tips mengatasi jerawat yang suka merusak penampilan. Inilah langkah-langkah cara mengatasi jerawat yang harus kamu ikuti!

  1. Cuci Wajah

    Sebelum memulai pengobatan, gunakan pembersih ringan, bebas pewangi, dan lembut untuk kulit saat mencuci.

  2. Gunakan Es

    Untuk mengurangi sakit, bungkus es batu dalam handuk dan kompreskan ke daerah jerawat selama lima hingga 10 menit. Ulangi tahap ini sebanyak tiga kali, dengan memberi jeda 10 menit setiap kompresan.

  3. Oleskan Benzoil Peroksida

    Gunakan produk yang mengandung 2 persen benzoil peroksida. Perawatan ini akan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Pastikan menggunakan hanya sedikit karena bisa membuat kulit iritasi jika digunakan terlalu banyak. Jangan biarkan obat bersentuhan dengan pakaian karena dapat memutihkan kain. Dan gunakan seprai atau handuk putih saat melakukan tahap ini.

  4. Kompres Hangat

    Rendam kain lap bersih dengan air panas, pastikan airnya tidak terlalu panas untuk menghindari kulit terbakar. Kemudian, sapukan kompres hangat ke jerawat selama 10 hingga 15 menit.

  5. Ulangi Hingga Sembuh

    Lakukan pengobatan jerawat ini tiga sampai empat kali sehari, hingga jerawat mengeluarkan nanah dan sembuh.

ARTIKEL TERKAIT
Rontok dan Mengeriting? Begini Cara Merawat Rambut yang Tepat

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Pengobatan / Mengatasi Jerawat

tips mengatasi jerawat
sumber: hellosehat
  1. Jangan memencet, meremas atau mencongkel bentolan. Melakukan hal ini bisa membuat jerawat lebih terlihat dan meningkatkan resiko infeksi, perubahan warna, dan parut.
  2. Jangan oleskan pasta gigi. Pasta gigi mengandung beberapa bahan yang dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit, seperti hidrogen peroksida, soda kue, alkohol dan metanol.
  3. Jangan menerapkan perawatan buatan sendiri yang ditemukan online. Banyak sekali saran yang mempromosikan pengobatan “alami” untuk jerawat. Namun walau pun bahan tersebut alami, jika dicampurkan dengan bahan lain bisa berbahaya.
  4. Jangan takut ke doktor kulit. Jika ingin menghilangkan jerawat dengan cepat. Kamu harus pergi ke dokter kulit yang tersertifikasi untuk mendapatkan suntikan kortison yang bisa membantu jerawat hilang dalam beberapa jam. Dokter juga lebih tahu bagaimana cara mengobati jerawat lebih baik dan bisa menyarankan pencegahan jerawat di masa yang akan datang.
ARTIKEL TERKAIT
Hidup Sehat, Ikuti 5 Tips Ringan ini Untuk Berhenti Merokok!

Nah, itulah cara mengobati jerawat yang membandel dan menyakitkan dari kami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel cara mengatasi jerawat ini ke teman-temanmu yang mengalami masalah serupa.


Referensi: AAD