4 Cara Mengatasi Insomnia, Tidur Nyenyak dengan Nyaman!

Pernahkah kamu mengalami gangguan tidur berhari-hari sehingga selalu telat dalam beristirahat? Kali ini kita akan bahas cara mengatasinya. Insomnia memang sangat menyusahkan, siapapun itu. Aku pribadi sendiri pernah mengalami hampir satu pekan penuh selalu seperti itu.

Apa itu Insomnia?

Secara ilmu kedokteran, Isomnia adalah sebuah fase dimana kamu sedang mengalami kesulitan untuk tidur, sulitnya perasaan ngantuk ketika sudah menyentuh jam tubuh untuk beristirahat.

Belum jelas apa sih itu Insomnia? Dasarnya, hal tersebut adalah sebuah istilah untuk kita yang sedang mengalami gangguan tidur, sulit mengalami rasa ngantuk, atau bahkan sulit hanya untuk sekedar untuk menutup mata.

Siapa yang Biasanya Mengalami Insomnia?

National Sleep Foundation mencatat data bahwa sebanyak 68% dari penduduk berusia 18 hingga 29 tahun, 59% penduduk berusia 30 hingga 64 tahun mengalami yang namanya Insomnia. Apa penyebab dari Insomnia sendiri?

Penyebab Insomnia

Secara umum, ada 4 penyebab dari yang namanya Insomnia. Masing-masing adalah:

  • Insomnia Primer. Yaitu sebuah gangguan tidur yang disebabkan oleh faktor gangguan kesehatan lainnya. Begitupun Insomnia Sekunder, gangguan tidur akibat gangguan dari gejala penyakit jenis lain.
  • Insomnia Akut. Berikutnya ada penyebab Insomnia dimana sulit tidur dikarenakan sedang tertekan akan perasaan gugup mendekat masa sulit seperti masa-masa ujian sekolah.
  • Adapun satu lagi, yaitu Insomnia Kronis yang disebabkan akibat terbawa perasaan ketika di siang hari sedang mengalami sebuah masalah pribadi. Masalah percintaan misalnya.

Cara Mengatasi Insomnia

  1. Mengatur Gaya Hidup

    Langkah awal untuk menangkal yang namanya gangguan tidur alias Insomnia, adalah dengan mencoba sebisa mungkin dalam mengatur gaya hidup ke arah yang lebih baik.

    Cobalah untuk berhenti dari aktivitas merokok, tips berhenti merokok yang mudah bisa kalian baca di artikel sebelumnya. Selain itu, ada baiknya kalian untuk mengatur cahaya di dalam kamar agar lebih terasa nyaman di mata.

  2. Terapi Sepintas

    Ketika sedang mengalami Insomnia dan sangat merasa kesal, cobalah untuk tenang dan duduk berdiam di kasur, perlahan-lahan berbaring lalu kedipkan mata kalian secara cepat, hal ini bisa membuat mata kamu lelah dan mendorong datangnya rasa ngantuk.

  3. Jangan Malas Beraktivitas untuk Kesehatan Fisik

    Di pagi hari, ada baiknya kamu untuk berolahraga! setidaknya minimal 20 hinga 30 menit. Karena olahraga adalah aktivitas fisik yang sangat diperlukan, di sore hari ada baiknya kamu juga berolahraga seperti melakukan joging sore.

    Rasa capek setelah berolahraga, mendorong perasaan lelah untuk bisa membuat tubuh seolah-olah memerlukan isi daya untuk beristirahat tidur di malam hari.

  4. Alternatif Terakhir

    Langkah akhir terakhir yang begitu instan adalah dengan mengkonsumsi pil-pil khusus untuk tidur. Tetapi tidak bagus jika kamu lakukan setiap hari, karena berefek terhadap daya tahan tubuh. Ada baiknya untuk lebih mengikuti 3 tips sebelumnya tadi.

Tidur adalah salah satu kebutuhan penting untuk tubuh bisa kembali digunakan untuk beraktivitas di esok hari. Jangan malas berolahraga dan minimalisir beban sudah malam, lepaskan semua beban dengan berniat untuk bisa menghanyutkannya di tidur bersama mimpi.

Sekiranya, itulah keempat cara dalam menghadapi Insomnia dan penjelasan singkat jelas tentang apa itu Insomnia. Poin paling penting adalah, jagalah aktivitas di siang hari dengan melakukan aktivitas yang tidak membuat tubuh dan pikiran jenuh.


Referensi: Hellosehat