Inilah Perbedaan Es Batu dari Air Matang dan Mentah, Pahami Cara Membedakannya!

Cara membedakan es batu dari air mentah dan matang – Bagi kamu yang sangat hobi dengan minuman dingin-dingin, pasti punya koleksi batu es di kulkas. Jika sedang lupa untuk membuat stok, biasanya solusinya adalah dengan membeli es batu di warung.

Meskipun instan dan menyegarkan, batu es yang didapat dari warung juga punya risiko yang instan loh, artinya berbahaya. Walau terlihat sepele, tapi pengetahuan akan air yang dijadikan bahan es batu wajib kamu ketahui.

Selektiflah dalam memilih es batu, lebih baik menjauhi es batu yang ternyata dibuat dari air mentah karena dapat membahayakan kesehatan, dan kumannya pun masih banyak. Cobalah tips-tips berikut.

Bagaimana Membedakan Apakah Es Batu Terbuat dari Air Mentah atau Air Masak?

Es batu yang dicampur dengan minuman favorit tentu akan mencair dan menyatu dengan minuman itu. Konsumsi air mentah benar-benar dapat membahayakan loh, apalagi yang alergi terhadap air sembarangan.

Perbedaan Warna

Poin pertama adalah es batu yang dibuat dari air matang, maka warnanya lebih bening seperti kristal ketimbang dari es batu air mentah. Cobalah lihat es batu yang baru saja tercampur dengan minuman atau air putih, lihat apakah warna es batunya bening seperti kristal atau tidak.

Jika iya, berarti es batu itu terbuat dari air matang. Jadi, jawaban dari hal tersebut adalah air mengikat udara dalam molekul-molekulnya. Sehingga saat proses pembekuan, molekul udara yang terperangkap di dalam es tidak terlalu banyak dan membuat warnanya menjadi bening.

ARTIKEL TERKAIT
Berikut 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Kaki Menyengat!

Bisa disimpulkan, warna es batu yang bening adalah es batu yang terbuat dari air matang yang sudah mematikan kuman-kumannya. Sedangkan es batu yang terbuat dari air mentah, maka cenderung berwarna keruh.



Perbedaan tersebut kadang tak terlalu jelas, tapi bila diperhatikan dengan seksama maka es batu yang terbuat dari air mentah kotorannya masih bisa dilihat karena tak bersih dan tidak adanya proses perebusan yang membunuh bakteri jahat.

Bakteri Es Batu Mentah

Ketahuilah, mengapa kamu perlu menghindari es batu yang bukan terbuat dari air masak, adalah karena es batu tersebut mengandung bakteri Escherichia Coli yang berbahaya bagi pencernaan. Misalnya seperti diare.

ARTIKEL TERKAIT
Kecelakaan? Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Merawat Luka Lecet

Muntaber juga dapat disebabkan akibat dari mengonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah. Bahkan, es batu tersebut dapat memincu kerusakan ginjal, serta organ tubuh lainnya yang berfungsi menghilangkan racun. Cara membedakan es batu dari air mentah dan matang.

Perbedaan Tujuan

Kamu wajib tau, pabrik es batu yang menggunakan air mentah untuk membuatnya memiliki tujuan bukan untuk konsumsi melainkan, melainkan untuk tujuan penggunaan mengawetkan makanan.

Selektif dan berhati-hatilah ketika membeli jajanan atau es batu di warung jalanan, lebih baik lakukan pencegahan sebelum kamu terpaksa melakukan pengobatan. Ketahuilah cara membedakan batu es mentah dan masak yang benar.


Masih mau asal konsumsi es batu buatan orang lain sembarangan? Semoga tidak. selalu berhati-hati terhadap jajanan jalanan dan semoga bermanfaat. Itulah cara-cara embedakan es batu dari air mentah dan matang.

ARTIKEL TERKAIT
Ini Cara Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati!

Referensi: INDTimes