Sering Mengalami Pusing dan Mual? Begini 7 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Anda

Dafunda Cara – Apa itu hipertensi (tekanan darah tinggi)? Sebelum mengetahui cara mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu hipertensi. Tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri).

Jika kalian tidak menjaga pola makan, kekuatan tekanan darah ini bisa sajah berubah seiring berjalannya waktu. Jika hal tersebut sampai terjadi, khawatir lah dengan jantung anda, gejala hipertensi sendiri bermacam-macam, biasa gejala yang akan diderita oleh orang yang terkena penyakit tersebut akan merasa sakit, pusing dan lain-lain.

Secara umum, gejala hipertensi sendiri adalah:

  • Sakit kepala parah
  • Pusing
  • Penglihatan buram
  • Mual
  • Telinga berdenging
  • Kebingungan
  • Detak jantung tak teratur
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas
  • Darah dalam urin
  • Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga

1. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Kalium

Gambar: Fimela.com

Cara menurunkan tekanan darah pertama adalah banyak mengkonsumsi makan yang kaya akan Kalium, merupakan mineral yang sangat penting yang dimana dapat membantu tubuh anda untuk menyingkirkan sodium dan mengurangi tekanan darah anda.

Anda tidak tau makanan yang kaya akan Kalium? Tenang, makanan yang saya sebutkan dibawah ini kaya akan Kalium:

  • Sayuran seperti sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar.
  • Buah-buahan seperti melon, pisang, alpukat, dan jeruk.
  • Makanan olahan susu seperti susu dan yogurt.
  • Tuna dan salmon
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

2. Berolahraga Secara Rutin

Gambar: Tribunnews.com

Sangat banyak orang di Indonesia yang jarang melakukan olahraga, mungkin salah satu orang itu adalah kamu? Olahraga yang teratur ternyata dapat membantu jantung kamu lebih kuat dan lebhi efisien dalam memompa darah.

Jika anda sering berolahraga seperti jalan kaki, lari, dan hal lainnya yang membuat anda lelah, hal itu akan membantu anda dalam menurunkan tekanan darah dalam arteri anda. Bingung harus olahraga bagaimana?

Berjalan kaki selama 150 menit, atau olahraga yang sedikit lebih melelahkan seperti berlari selama 75 menit setiap minggu dapat membuat aliran darah anda lancar dan meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, jika melakukan hal tersebut, kamu akan merasakan badan kamu terasa ringan setiap harinya.

3. Kurangi Asupan Natrium

Gambar: CNNIndonesia.com

Sebaiknya anda kurangi asupan Natrium, seperti garam, adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Faktanya, garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan stroke.

Tahukah kamu? Sekitar setengah dari orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi memiliki kepekaan terhadap garam. Karena itu, sebaiknya anda mengurangi asupan garam, terlebih lagi jika anda sedang mengalami penyakit tekanan darah tinggi.

4. Berhenti Merokok

Gambar: Merdeka.com

Bagi kaum pria maupun wanita, sebaiknya kalian berhenti merokok karena, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang meningkatkan resiko terkena penyakit seperti paru-paru rusak, kecanduan, dan jantung.

Tidak percaya? Setiap asap rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah walau hanya sementara. Faktanya, bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau rokok akan merusak sel-sel jaringan pembuluh darah anda, jika itu terjadi, anda pasti akan menyesal.

5. Mengkonsumsi Makanan yang Tinggi akan Kalsium

Gambar: Alodokter.com

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa, makanan yang mengandung kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi orang dewasa, para dokter merekomendasikan agar mendapatkan asupan kalsium sebanyak seribu miligram per-harinya. Sementara untuk wanita yang sudah berumur diatas 50 tahun, dianjurkan 1,200 mg per-harinya.

6. Lakukan Meditasi dan Ambil Nafas Panjang

Alodokter.com

Meditasi dan ambil nafas panjang adalah salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi, tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, tekhnik ini sendiri ternyata sudah dikenal banyak orang untuk mengurangi stres.

Selain itu, kedua cara tersebut mempunyai efek lain yang dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Sistem tersebut akan aktif ketika tubuh anda sedang rileks, seperti tidur, duduk dan bersantai. Sistem ini sendiri dapat memperlambat denyut jantung dan hal tersebut akan membuat tekanan darah tinggi anda menjadi rendah.

7. Belajar Cara Mengatasi Stres

Gambar: Tribunnews.com

Stres adalah salah satu hal yang dapat membuat anda menjadi gelisah dan bahkan meningkatkan tekanan darah tinggi secara perlahan. Ketika anda stres, tubuh anda akan memasuki dimana anda akan merasakan kondisi fight-or-flight.

Sementara, jika anda merasakan kondisi tersebut, maka detak jantung anda akan semakin cepat dan mengakibatkan kenaikan darah tinggi. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi hidup anda seperti melakukan hal yang jahat, minum alkohol atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ingatlah, mencegah lebih baik daripada mengobati, jika kalian tidak ingin merasakan sakitnya mengalami tekanan darah tinggi, jangan melakukan hal-hal seperti merokok. Cara diatas dapat kamu lakukan dengan mudah tanpa kendala. Tips dari saya, ada baiknya kamu ke dokter daripada mengobati sendiri.