Ketahuilah, Ini Cara Menjadi Orang Tua yang Baik Untuk Anak!

Menikah adalah salah satu hal yang pasti akan dialami dalam fase kehidupan setiap orang, sebagai penyempurnaan hidupnya. Ketika sudah menjadi sepasang Pasutri, berarti kamu sudah siap untuk bertanggung jawab menjadi yang namanya orang tua.

Anak adalah anugerah terbaik buah hasil dari penikahan suci. Sudah siap atau belum kedua pasutri bertanggung jawab akan terlihat ketika mereka telah menjadi orang tua. Lantas, bagaimana cara menjadi orang tua yang yang baik? Kita bahas lebih lanjut:

Seberapa Pentingnya Peran Orang Tua?

Gambar: Haibunda.com

Tahukah kamu, kedua orang tua adalah sosok yang membuat kamu bisa menjadi seperti sekarang ini. Sebelum kalian terjun ke dunia masyarakat atau pendidikan diluar rumah, ayah dan ibu adalah orang yang menanamkan benih berupa pelajaran dan didikan sebagai bekalmu.

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik Untuk Anak!

  1. Tanamkan Nilai Agama dan Moral yang Benar

    Menanamkan sejak dini nilai agama dan moral pada anak adalah hal wajib yang memang harus dilakukan oleh orang tua.

    Menjadi orang tua yang baik untuk anak artinya! kalian wajib memberitahu anak mana yang kurang pantas untuk dilakukan dan mana yang boleh, dalam segi agama dan moral.

    Tegaskan batas-batasan dan aturan yang jelas dalam kehidupan, dengan bijak! ajarkan dengan benar anak-anak tentang agama dan berikan gambaran tentang akhirat.

  2. Ajarkan untuk Menghargai Orang Lain

    Berikutnya, sebagai orang tua kalian wajib untuk menanamkan nilai moral sejati tentang kebiasaan-kebiasaan baik seperti tidak boleh mengambil hak orang lain, menghormati guru, do’a sebelum makan, ataupun menghargai orang lain dengan tidak merendahkannya, selagi ia masih polos.

  3. Jaga Komunikasi

    Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk membuat komunikasimu dengan sang anak menjadi kurang, kok kurang! gitu. Kalau sang anak sudah merasa jarang diperhatikan, atau ia bahkan merasa tak pernah diperhatikan.

    Maka kamu bisa gagal menjadi seorang ayah ataupun ibu. Hal semacam itulah yang dapat membuatnya terjerumus ke berbagai hal buruk sebagai pelampiasan akan kegagalan kalian.

  4. Dukung Hobi dan Dorong Kreatifitas Anak

    Untuk membangun kualitas dari sang anak, biasakanlah untuk mendukung apa yang terlihat dari dirinya. Entah itu hanya sebuah hobi kecil atau bahkan benih-benih kreatifitas dalam menciptakan karya, seperti coret-coretan berwarna.

  5. Jagalah Perasaanya

    Yang dimaksud berikutnya ini adalah kalian sebagai orang tua, jangan untuk membandingkan anakmu dengan anak lain bahkan secara terang-terangan. Hal tersebut dapat membuat perasaannya terluka, luka seperti itu cukup sulit dihilangkan bahkan tidak ada obatnya.

Mengerti kan tentang beberapa poin penting tadi sebagai upaya menjadi orang tua yang baik. Selain itu, jangalah terlalu memanjakan anak, bantu perjuangannya di bidang akademik, minta maaf ketika kamu melakukan sebuah kesalahan yang ia sadari.



Satu lagi, jagalah emosi dan hadapi anak secara lembut, jangan bersifat kasar dan merusak kepolosannya. Terkait topik cara menjadi orang tua yang baik tadi, adakah sekiranya yang ingin kamu bahas bersama?