Ketahuilah, Ini Cara Terbaik untuk Merawat Gitar Akustik!

Cara merawat Gitar Akustik yang sebenarnya itu seperti apa sih? Kali ini kita akan bahas. Gitar sendiri adalah salah satu alat musik yang banyak diminati dan disenangi oleh bermacam kalangan.

Alat ini sendiri membuat seseorang yang memainkannya terlihat keren, bahkan menjadi sebuah nilai plus bagi mereka-mereka yang mahir. Untuk menjadi seorang pemain gitar, kita tak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli gitar mahal.

Kalangan mana saja dapat membeli gitar dengan harga terjangkau, kalau sudah punya! wajib dijaga dengan benar. Bagaimana sih cara merawat gitar akustik yang baik dan benar?

Cara Merawat Gitar Akustik

Kalau secara terus-menerus menjaga gitar akustik dengan penuh perasaan, mungkin cita-citamu sebagai seorang gitaris sejati bisa terwujud. Banyak juga loh, pemain gitar yang tadinya mengamen! akhirnya bisa sukses bersama gitar kesayangannya yang terawat.

1. Selalu Tempatkan ke Dalam Case Kalau Sudah Pakai

Sumber Gambar

Merawat gitar akustik yang baik dan benar bukan hanya tentang membersihkan, tapi juga menjaganya agar terhindar dari debu, benturan atau goresan setelah digunakan.

Kalau tak punya Case khusus gitar, kamu bisa membelinya. Masing-masing ada dua jenis, yaitu Case gitar Hardcase yang terbuat dari material keras dan Softcase yang biasanya terbuat dari kain tapi cukup untuk menjaga gitar dari goresan dan debu.

2. Gantilah Senar Secara Berkala

Sumber Gambar

Menjaga kualitas senar gitar juga adalah hal penting sebagai upaya merawat gitar. Kalau sudah tak layak paik, gantilah senar dengan yang baru. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kamu mengganti senar gitarmu.

3. Bersihkan Senar

Sumber Gambar

Cara ampuh merawat gitar berikutnya adalah menjaga kualitas senar gitar dengan cara rutin membersihkannya. Agar kualitasnya tetap terjaga, cobalah untuk membersihkan senar gitar di waktu kosong setelah menggunakannya.

Semprotkan sebuah cairan khusus ketika membersihkan senar gitarmu. Tetap saja, inisiatif untuk itu harus kamu tanamkan di dirimu.

4. Jauhkan Gitar dari Matahari dan Area Lembab

Sumber Gambar

Kalau gitar kesayanganmu terbuat dari kayu, kamu wajib untuk menjauhkannya dari paparan sinar matahari, simpan di tempat aman! tapi jangan yang basah juga. Tempatkan di tempat netral agar tetap terawat.



Selain membersihkan senar gitar, bersihkan juga bagian Fretboard, Body, Tuning Keys, dan juga Bridge gitar. Maka! kamu telah melakukan upaya terbaik dalam merawat gitar, coba dan terapkanlah secara rutin. Semoga bermanfaat.