Ketahuilah, Ini 5 Cara Mendidik Anak yang Sesungguhnya!

Mendidik Anak yang baik adalah upaya terpenting dan memang harus benar-benar dilakukan oleh orang tua. Kualitas cara mendidik orang tua terhadap anak adalah faktor yang menentukan perkembangan otak anak, siapa lagi kalau bukan peran kedua orang tua.

Banyak metode yang bisa dilakukan, diantara seperti berikut! yaitu lima cara mendidik anak yang direkomendasikan sesungguhnya. Ketika masih bingung, maka anak pun akan ikut bingung akan berbagai hal yang ada di kehidupan ini. Simak lebih lanjut.

Pentingnya Mendidik Anak

Mendidik anak yang masih berusia 0 hingga 3 tahun, adalah waktu yang tepat untuk menanamkan hal-hal baik yang akan menjadi dasar memori ingatannya untuk tumbuh hingga dewasa.

Cara Mendidik Anak yang Baik

Cara mendidik anak yang baik meliputi banyak hal, misalnya saja menanamkan tentang rasa tanggung jawab untuknya. Atau buat dia senyaman mungkin untuk menjadi seorang yang telah hadir dalam kehidupan orang tua, jika itu kamu! belajarlah menjadi orang tua yang mendidik anak dengan cara terbaik.

1. Lembut dan Tanamkan Kasih Sayang Tulus

Gambar: Suara.com

Bersikap lembut kepada anak adalah hal mutlak untuk menunjukan bahwa kamu menyayanginya. Berikan pelukan dan ciuman tulus agar ia tau kalau orang tua adalah rumah kasih sayang pertamanya.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Gambar: Anmum.com

Selain sebagai pemberi kasih sayang untuk anak, orang tua juga memiliki kewajiban untuk mau mendengarkan apa saja yang keluar dari mulut anak. Agar, kamu membuatnya mengembangkan kemampuan untuk mengeluarkan perkataan ke siapapun.

3. Tanamkan Kreatifitas

Gambar: Gayahidup

Ajarilah anak untuk menciptakan peraturan-peraturan baru bersama-sama. Sesuatu yang menyenangkan tapi menjadi sebuah batasan, ajaklah ia bermain dan membuat Kreatifitas. Misalnya dengan mengajarinya pewarnaan coret-coret di kertas! tapi jangan ke dinding.

4. Jadilah Panutan dan Idola

Gambar: Rilis.id

Buatlah kesan seolah-olah kamu adalah seorang pahlawan super yang selalu menjaga si anak. Bangunlah imajinasinya bersama, bermain dalam dunianya. Buatlah diri kamu sebagai orang tua menjadi idola pertamanya.

5. Tegaskan Minta Maaf Ketika Anak Melakukan Kesalahan

Gambar: Merdeka.com

Langkah lainnya sebagai cara mendidik anak adalah dengan memberikan hukuman ketika ia telah melakukan kesalahan. Bersama hukumannya, berikanlah pembelajaran tentang sebab akibat melakukan perilaku dan hal-hal buruk.

  • Didiklah ia agar mengenal banyak perilaku dan hal-hal positif sesuai porsi di usianya.

Hal-hal baik yang dimaksud seperti agar anak lain seusianya bisa akrab dengan dia, atau apa saja hal yang tidak boleh dilakukan terhadap temannya sendiri.



Semoga bermanfaat dan sukses menjadi orang tua, bijaklah dalam melakukan apapun yang berdampak kepada si buah hati. Tanamkan pemahaman agama ketika ia sudah beranjak tumbuh menjadi anak-anak yang sudah berakal menuju remaja dan dewasa.