Cara Mengatasi Paranoid, Kecemasan tak Menentu Berlebihan

Paranoid atau Paranoia adalah sebuah jenis gangguan mental aneh yang diderita seseorang. Dimana seseorang itu akan merasa bahwa ada orang lain yang sedang membahayakan dirinya, hal tersebut sangat membuat pengidap Paranoid sering merasa terganggu bahkan mendatangkan rasa stres.

Kecemasan adalah perasaan yang wajar karena dimiliki oleh setiap orang. Tetapi ketika seseorang tiba-tiba merasa takut atau langsung kehilangan percaya diri akan suatu hal yang tidak diketahui apa itu, berarti ia tengah mengalami Paranoid. Lantasi bagaimana cara mengatasi Paraoid?

Paranoid atau Paranoia

Sumber Gambar: Paranoid or Paranoia

Rasanya, wajar-wajar salah bila seseorang mengalami kecemasan, tapi kalau tidak tau penyebab dan asalnya dari mana! wajib kamu atasi, misalnya dengan cara-cara berikut:

ARTIKEL TERKAIT
Belum Lupa? Ini 6 Cara Jitu Untuk Move On dari Mantan

Cara Mengatasi Paranoid

  1. Bernafas dengan Relax

    Salah satu cara mengatasi Paranoia adalah dengan mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh dengan pernapasan dalam. Cobalah untuk meletakan satu tangan diatas dada tapi letakan juga yang lain di perut.

    Tarik dalam-dalam nafas sampai tangan yang ada di perut lebih tinggi dari tangan yang ada di dada.


    Tariklah napas lewat hidung, hembuskan melalui mulut setelah hitungan 8 – 10 detik. Ulangi cara tersebut secara berkala sampai kamu merasa tenang. Kalau sudah merasa tenang, cobalah untuk tidur bersama do’a.

  2. Buat Dunia Ketenangan Sendiri

    Pejamkan matamu, Tarik napas yang dalam dan lamat untuk memfokuskan dirimu. Bayangkan sebuah tempat ciptaan sendiri olehmu, Visualisasikan hal-hal seperti pemandangan, suara, dan sebuah sentuhan nyaman untuk membuat dirimu tenang dengan sendirinya (niatkan bersama perasaan).

  3. Fokus Memikirkan

    Mengatasi Paranoid atau Paranoia, dapat dengan menggunakan keseluruhan otak untuk memikirkan apa sih yang tengah kamu alami. Pandangkan sebuah titik tempat yang semu, dan rasakan! bahwa tidak ada yang sedang mengintaimu. Maka kamu berhasil untuk menenangkan dirimu sendiri.

  4. Bertanya Kepada Kecemasan

    Cobalah untuk terus memastikan apa sih yang tengah kamu cemaskan, sadarilah kekonyolan hal itu. Anggap pikiran kamu sedang kacau, bersyukur atas apa yang telah kamu miliki dan beri izin untuk membebaskan dirimu dari kecemasan.

  5. Jangan Merokok atau Meminum Alkohol

    Beberapa hal yang memicu kecemasan berlebihan adalah kafein, nikotin, apalagi alkohol. Cobalah untuk menghindari semua hal yang mengandung zat tersebut, agar kamu dapat menetralkan kekacauan di otak dan pikiran. Beban terkadang bukan datang, tetapi diundang.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghadapi Anak yang Mempunyai Teman Khayalan


Kuharap kalian yang mengalami Paranoid, dapat bangkit dan menghapuskan dengan benar suatu kecemasan tanpa asal yang menghampirimu. Jangan pasrah! lawan dengan beberapa cara diatas tadi.