Takut Menular? Begini Cara Mencegah Radang Amandel

Potensi terkena Radang Amandel adalah salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak di usia remaja. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh Infeksi virus atau bakteri, penyakit ini juga sangat mudah menular loh. Lantas, bagaimana mencegah radang amandel?

Cara Mencegah Penularan Amandel

Gambar: Liputan6

Penyakit bernama Tonsilitis (radang amandel) yang banyak menyerang anak-anak dan remaja ini berarti penderitanya mengalami adanya gangguan pada jaringan limfoid berbentuk oval di sisi kanan atau kiri ternggorokan.

Gangguan semacam itulah, yang mendatangkan efek penyakit dari radang amandel. Dan penyakit ini, sangat mudah menular terhadap orang lain! Tonsilitis dapat menular oleh beberapa hal berikut:

  • Ketika seseorang menghirup udara yang terkontaminasi dengan bersin atau batuk penderita radang amandel.
  • Menyentuh wajah, hidung, atau mulut sendiri setelah memegang benda atau apa pun yang terkena tetesan air liur si penderita.
  • Memakai sendok atau piring secara bergantian dengan orang penderita.
ARTIKEL TERKAIT
Sering Mengalami Pusing dan Mual? Begini 7 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Anda

Penyakit menyiksa ini biasanya akan menular dalam waktu tujuh hingga 10 hari. Terlepas dari datangnya penyakit tersebut, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan amandel! apa saja?

Cara Mencegah Penularan Radang Amandel

  1. Jaga Kebersihan

    Yang paling pertama dan kunci mencegah penyakit menular adalah mampu menjaga kebersihan dengan baik. Misalnya dengan rutin mencuci tangan sebelum makan, setelah kencing, sebelum menyentuh wajah, mata atau mulut kembali.

    Tak kalah pentingnya, menjaga diri untuk tidak menggunakan alat makan bekas orang lain adalah cara mencegah penularan radang amandel paling ampuh.

  2. Istirahat

    Bagi si penderita, ia harus menjaga diri dengan istirahat di rumah sampai gejala menghilang.

  3. Gunakan Masker

    Gunakan masker untuk meminimalisir penularan radang amandel. Ini bisa dilakukan untuk mencegah penularan radang amandel, antara si penderita ataupun orang lain.

  4. Minuman dan Makanan

    Si penderita harus rutin mengkosumsi berbagai makanan dan minuman sehat, perbanyak minum air putih, jus buah, bubur dan sup.

  5. Cara Mengobati Obat Radang Amandel

    Konsumsi pil atau obat antibiotik sesuai anjuran dan resep dari dokter ahli yang mengerti.

ARTIKEL TERKAIT
5 Jenis dan Cara Merampingkan Perut yang Buncit!

Aku sendiri pernah mengalami penyakit ini, karena gagal dalam menjaga pola makan. Makanan ringan seperti ciki, mie instan, dan jajanan es adalah penyebabnya.

Baca juga: Cara memutihkan gigi secara alami

Untuk bisa makan pun susah kalau sedang mengalami radang tersebut. Maka dari itu, ikutilah cara mencegah radang amandel dengan benar.


Referensi: Hellosehat